Masih Layak Dipinang, Ini Mobil Ford Pilihan Yang Masih Wara-Wiri di Indonesia

Dito · 11 Jun, 2021 16:30

Masih Layak Dipinang, Ini Mobil Ford Pilihan Yang Masih Wara-Wiri di Indonesia 01

Merek Ford pernah berjaya pada masanya di Indonesia. Berbekal merek ternama dari Amerika Serikat dengan ciri khas kokoh, tangguh dan mempunyai durabilitas baik.

Sejumlah produk Ford masih layak untuk dimiliki saat ini meskipun sudah dalam kondisi bekas. Setidaknya ada 5 mobil Ford yang bisa diburu. Apa saja mobil Ford yang pernah jadi favorit di Indonesia?

Ford Ranger

Ford Rager tampak depan

Tampak depan Ford Ranger terlihat gagah dengan grill lebar

Segmen mobil double cabin (D-Cab) memang bukan pasar yang besar seperti mobil penumpang MPV atau SUV. Tetapi mobil ini banyak dipakai di daerah-daerah perkebunan dan pertambangan.

Namun tidak sedikit yang menjadikan D-Cab sebagai koleksi karena tampilannya yang terlihat mewah dan gagah. Salah satunya ialah Ford Ranger yang tahun lalu ternyata sempat dijual oleh RMA Group selaku APM (agen pemegang merek) Ford.

Baca juga : Sebelum pinang Ford Ranger 2021 simak harga, spesifikasi, dan informasi terbaru double cabin favorit ini

Ford Ranger yang dijual oleh RMA merupakan facelift dari generasi model T6 dan T7. Mempunyai desain yang gagah serta ada sentuhan mewah pada eksteriornya.

Ford Ranger tampak samping

Ford Ranger memiliki bak terbuka yang cukup luas untuk menyimpan barang bawaan

Balutan krom pada grill dengan garis lurus horizontal membuatnya terlihat modern. Lampu pipih serta lekukan pada bumper memberi kesan tegas dan gagah.

Pada interiornya kembali kesan gagah terasa kuat dengan banyaknya lekukan tegas di sekeliling kabin.  Setir yang cukup besar sudah disematkan audio control serta tombol untuk mengaktifkan beberapa fitur.

Baca juga : Ford Everest 2022 Kepergok Lagi Dites di Australia, Kapan Balik Lagi ke Indonesia?

Sebagai mobil yang dipersiapkan untuk medan berat, kemampuan offroad tentu wajib dimiliki. Selain hadirnya penggerak empat roda (4WD), Ford Ranget juga memiliki fitur andalan seperti differential locker, Hill Start Assist, dan juga Hill Descent Control.

Mesin Ford Ranger

Mesin Ford Ranger sudah cukup bertenaga untuk melintasi medan offroad

Mesin yang digunakan punya performa tinggi yakni 4-siinder berkapasitas 2.200 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 159 PS di 3.200 rpm dan torsi 385 Nm pada 1.600-2.600 rpm.

Teknologi mesin diesel tersebut menggunakan VGT Commonrail Direct Injection. Sementara untuk menyalurkan tenaga besar tersebut ke roda dipadu transmisi manual 6-percepatan.

Ford Everest

Eksterior Ford Everest

Tampilan gagah khas SUV pada Ford Everest

Tren SUV yang sedang meningkat di Tanah Air menjadi momen bagus untuk memburu mobil berbadan besar ini. Salah satu pilihan yang menarik adalah Ford Everest. Terlebih harga bekasnya saat ini lebih murah dibandingkan rival sekelasnya.

Generasi kedua Ford Everest sebenarnya pernah diluncurkan di GIIAS 2015 melalui sistem inden. Namun populasinya tidak sebanyak generasi pertama yang sudah berusia 10 tahun lebih atau tepatnya pada tahun 2009 lalu.

Kemampuannya di medan offroad tidak perlu diragukan. Ford Everest dibekali mesin tangguh yang siap untuk melintasi medan berat sekalipun.

Mesin Ford Everest

Mesin Ford Everest punya tenaga dan torsi yang besar dikelasnya

Untuk generasi pertama, Ford Everest menggunakan mesin diesel 4 silinder segaris berkapasitas 2.500 cc dengan kode WL-AT. Tenaga maksimum mencapai 112 PS di 3.500 rpm dan torsi hingga 268 Nm pada 2.000 rpm.

Mesin bertorsi besar tersebut mempunyai dua opsi penggerak yakni 4x2 dan 4x4. Sementara penyaluran tenaganya menggunakan transmisi manual 5-percepatan.

Interior Ford Everest

Dasbor yang juga mencerminkan kesan gagah dengan banyaknya lekukan tegas

Sementara pada generasi kedua kapasitas mesin masih sama yakni 2.500 cc. Tetapi sudah menggunakan mesin TDCi yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya.

Tercatat tenaga maksimum mencapai 156 PS pada 1.800 rpm dan torsi 380 Nm di 1.800 rpm. Untuk transmisi masih sama yakni manual 5-percepatan dengan penggerak yang sama seperti generasi sebelumnya.

Baca juga : Rivalitas Sengit, Ford Ranger 2021 Siap Jatuhkan Toyota Hilux

Fitur yang terpasang juga tergolong lengkap untuk mendukung kegiatan offroad. Ada Hill Launch Assist, Electronic Stability Control hingga Anti-lock Braking System. Fitur keselamatan lainnya juga ada seperti dual airbags, immobilizer, dan parking sensor.

Ford Ecosport

Ford Ecosport

Compact SUV dengan ban cadangan 'konde' yang bukan selera banyak orang

Sedang mencai SUV Compact yang tidak umum?  Ford Ecosport bisa jadi pilihan alternatif. Meski pamornya kalah dari rivalnya seperti Honda HR-V, tetapi mobil ini punya fitur mewah yang berlimpah.

Pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2014 lalu dan mendapat respon cukup positif dari konsumen otomotif. Sayang eksistensinya berakhir pada tahun 2016 dimana Ford hengkang dari Tanah Air.

Ford Ecosport

Belum mempunyai layar sentuh tetapi punya konektivitas cukup lengkap

Namun bila tertarik untuk meminangnya, disarankan memilih varian tertinggi yakni Platinum. Fitur pada eksteriornya juga cukup lengkap untuk mobil keluaran tahun 2014.

Fitur seperti sensor parkir belakang, spion dengan sein, defogger depan maupun belakang, high mount stop lamp, wiper belakang, keyless entry dan antena model tangkai. Meski berkarakter SUV, nuansa mewah dihadirkan dengan adanya sunroof pada interiornya.

Baca juga : Punya Mobil Diesel Jangan Didiamkan di Garasi Berlama-lama, Ini Alasannya!

Ditambah jok yang sudah dibalut kulit, sabuk pengaman 3 titik dan AC digital. Tidak hanya kemewahan yang hadir pada Ford Ecosport ini, fitur keselamatan juga cukup lengkap.

Mesin Ford Ecosport

Mesin 1.500 cc dengan tenaga dan torsi yang cukup untuk sebuah compact SUV

Fitur seperti dual SRS airbag, Hill Launch Assist, kontrol traksi, rem ABS, EBD, BA, dan kontrol stabilitas sudah tersedia pada varian platinum Ford Ecosport. Auto headlamp juga memudahkan pengemudi ketika langit gelap.

Sementara untuk jantung pacunya, Ford Ecosport dibekali mesin Sigma TiCVT 4-silinder DOHC 16 katup yang berkapasitas 1.499 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 110 PS di 6.050 rpm dan torsi puncak 142 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Berpenggerak roda depan, Ford Ecosport mempunyai 2 pilihan transmisi ketika diluncurkan. Ada manual 5-percepatan atau otomatis tiptronik.

Ford Focus

Ford Focus Eksterior

Hatchback Ford Focus yang sempat menjadi rival berat Honda Jazz dan Toyota Yaris

Mobil hatchback masih punya daya tarik meski tren SUV sedang naik dan MPV stabil. Untuk wanita karir atau ibu-ibu yang gemar berkumpul arisan, mobil hatchback masih jadi pilihan.

Dimensi yang lebih compact, terasa lincah untuk melintasi jalanan perkotaan yang padat. Salah satu hatchback dari Ford yang menarik ialah Ford Focus.

Generasi terakhir Ford Focus yang diperkenalkan di Indonesia ialah pada tahun 2015 di ajang GIIAS (Gaikindo International Auto Show). Ada banyak keunggulan dibandingkan rival sekelasnya.

Interior Ford Focus

Desain interior yang menarik meski tidak memakai head unit layar sentuh

Seperti sistem Electric Power Assisted Steering (EPAS) pada setir yang membuatnya semakin presisi. Sehingga pengemudi cukup membelokan sedikit tanpa usaha berat sudah membuat mobil bergerak.

Fitur ini penting untuk sebuah hatchback agar lebih nyaman ketika berada di jalan yang padat dengan kondisi stop and go. Fitur yang mendukung setir ini ada EST (Enhanced Transitional Stability).

Baca juga : Jangan Ragu, Ini Pilihan Mobil Chevrolet Yang Masih Layak Untuk Dipinang Saat Ini

Fitur tersebut mampu memonitor kecepatan dan input setir sehinga bisa memprediksi cengkeraman ban pada jalan. Jika terbaca mobil hilang kendali, ada fitur ESP (Electronic Stability Program) yang menjaga mobil tetap pada jalurnya.

mesin ford focus

Mesin Ecoboost memberikan tenaga besar dengan efisiensi BBM yang optimal

Mesin Ecoboost 1.500 cc menjadi daya tarik untuk konsumen saat itu. Meski berkapasitas kecil namun tenaganya lebih besar dari kompetitor.

Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 180 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 240 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga besar tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Fitur SYNC2 membuat perjalanan lebih menyenangkan karena konektivitas pintar dengan ponsel. Belum lagi perintah suara dengan bahasa inggris yang bisa digunakan ketika mengemudi seorang diri.

Ford Fiesta

Ford Fiesta

Hatchback yang sempat menjadi rival berat dari Toyota Yaris dan Honda Jazz

Selain Ford Focus, ada Ford Fiesta hatchback yang lebih murah dengan dimensi lebih compact yang pernah dihadirkan di Indonesia. Rival dari Toyota Yaris dan Mazda2 ini punya beberapa kelebihan.

Seperti kapasitas mesin dengan performa yang tergolong besar. Mesin DOHC 1.596 cc yang dipakai pada Ford Fiesta mempunyai tenaga maksimum 120 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncah 152 Nm di putaran 4.050 rpm. Tenaga yang besar untuk sebuah compact hatchback.

interior Ford Fiesta

Interior yang terlihat cukup modern dan elegan

Tenaga besar tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Teknologi Dual Clutch Transmission tidak dimiliki oleh kompetitornya yang membuat perpindahan gigi lebih cepat dan halus.

Keunggulan Ford Fiesta tidak hanya performa tapi juga fitur yang lebih lengkap dari para rivalnya saat itu. Fitur seperti ESP, Hill Start Assist, rem ABB dan EBD juga Dual SRS airbag.

Namun untuk fitur hiburannya, Ford Fiesta memang tidak mempunyai layar sentuh seperti hatchback masa kini. Meski begitu head unit yang terpasang sudah mempunyai konektivitas ke gawai.

MEsin Ford Fiesta

Mesin berkapasitas 1.600 cc paling bertenaga dikelasnya saat itu

Adapun konektivitas yang bisa digunakan ialah Bluetooth, USB, dan AUX. Kelebihan yang dimilikinya ialah perintah suara dengan bahasa inggris yang bisa diterjemahkan dengan baik dan cukup canggih.

Baca juga : 5 Mobil Chevrolet Keren Yang Pernah Hadir di Indonesia, Ada yang Pernah Kamu Punya?

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru