Masih Ragu Beli Honda Mobilio? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Alex · 1 Agu, 2020 17:00

Masih Ragu Beli Honda Mobilio? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 01

Honda Mobilio adalah salah satu LMPV merek Jepang yang cukup kompetitif di kelasnya. Harga Honda Mobilio baru saat ini yang termurah adalah Rp 203.400.000 dan yang termahal menyentuh Rp 259.000.000 on the road Jakarta.

Mobil yang berkompetisi dengan Toyota Avanza ini terakhir kali mendapat ubahan adalah pada tahun 2017. Namun kala itu PT Honda Prospect Motor hanyalah memberikan perubahan yang tak besar alias facelift.

LMPV ini sendiri memulai penjualannya di tanah air pada medio 2014. Sambutan masyarakat terhadap mobil Honda Mobilio sebenarnya cukup baik. Dengan mesin i-VTEC, transmisi CVT hingga desainnya yang cukup segar menjadikannya mampu merebut hati konsumen.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masih Ragu Beli Honda Mobilio? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 01

Mobil Honda Mobilio dibekali dengan mesin tipe bensin berkubikasi 1.496 cc dan didukung teknologi i-VTEC. LMPV berpenggerak depan tersebut diklaim mampu merilis daya mencapai 118 Ps dan torsi sampai dengan 145 Nm.

Jika Anda ada niat meminang LMPV berlogo H ini maka ketahui dahulu kelemahan dan kelebihannya. Untuk itu telah kami sajikan pembahasannya di bawah ini.

Kelebihan Honda Mobilio

1. Tenaga besar

Tenaga yang bisa dihasilkan mesin New Mobilio mencapai 118 Ps dan torsi menyentuh 145 Nm merupakan yang tertinggi di kelasnya. Sebagai perbandingan, mesin Mitsubishi Xpander hanya bertenaga 104 Ps dengan torsi 141 Nm dan Toyota Avanza hanya 96,5 Ps dengan torsi 120 Nm.

2. Aman bagi pengemudi pemula

Alasan untuk memilih mobil Honda Mobilio sebagai mobil untuk pengemudi pemula atau yang baru bisa mengemudi karena adanya fitur Hill Start Assist. Dengan fitur yang disingkat HSA ini, mobil tidak akan langsung merosot mundur saat kondisi menanjak kemudian tiba-tiba harus berhenti.

Masih Ragu Beli Honda Mobilio? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 02

3. Sudah Keyles

Honda tidak pelit mengenai fitur keamanan di mobil Honda Mobilio. Buktinya adalah, nyaris semua varian Mobilio sudah menggunakan fitur keyless entry. Hanya Mobilio varian S yang tidak dibekali fitur tersebut.

4. Satu-satunya LMPV dengan CVT

Sektor transmisi bisa menjadi kebanggaan All New Honda Mobilio, utamanya varian transmisi otomatis. Mobil Honda Mobilio tercatat sebagai satu-satunya LMPV yang menggunakan CVT alias continuously variable transmission. Tentunya penggunaan CVT menjanjikan kehalusan berkendara dan efisiensi bahan bakar.

5. Sudah punya VSA

Fitur keselamatan All New Mobilio kian kengkap dengan adanya Vehicle Stability Assist alias VSA. Fitur ini merupakan teknologi keselamatan yang secara khusus didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan bahkan jika roda kemudi diputar secara mendadak. Untuk kontrol yang menyeluruh, VSA bekerja secara harmonis dengan ABS Anti-lock Braking System.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Harga nyaris Rp 260.000.000

Sebagai sebuah mobil yang mengedepankan tingkat ekonomis tinggi, harga menjadi cukup sensitif. Harga Honda Mobilio baru termasuk salah satu yang kurang kompetitif dengan harga termahalnya lebih dari Rp 250.000.000. Bahkan varian terendah New Mobilio saja sudah tidak ada lagi yang Rp 190 jutaan. Dibanding Toyota Avanza (non Veloz), tentu range harga Honda Mobilio baru lebih tinggi. Avanza termurah Rp. 197.700.000 dan yang termahal hanya Rp 230.350.000.

2. Bumper belakang kecil

Desain spesifikasi Mobilio yang menjadikan bumper belakang tampak sangat kecil secara proporsional jadi kelemahan tersendiri. Bahkan tak sulit menemukan Mobilio dengan bumper atau pintu bagasi yang penyok.

Masih Ragu Beli Honda Mobilio? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 03

3. Minim improvisasi

Sejak 2014 dijual di Indonesia, sampai sekarang belum ada perubahan besar pada mobil ini. New Mobilio yang saat ini dijual masih generasi pertama. Walau belum ada kepastian apakah mobil Honda Mobilio generasi baru meluncur tahun ini, namun jika iya maka akan membuat menyesal yang beli generasi pertamanya di tahun ini.

4. Tak punya defogger

New Mobilio hanya dibekali wiper untuk menyeka kaca belakang. Sayangya untuk membuat pantauan belakang semakin jelas tidak ada elemen pemanas alias defogger untuk menyempurnakan kerja wiper.

5. Kebisingan tembus kabin
Untuk urusan peredaman kabin, nampaknya Honda Mobilio bukan yang terbaik di kelasnya. Memang tidak ada pengukuran atau satuan ukur untuk membuktikan bahwa kebisingan luar yang tak bisa diredam oleh kabin Mobilio. Merasakan langsung berkendara dengan mobil ini barulah Anda mengalami kebisingan jalanan atau ban yang tembus kabin.

Kesimpulan

Spesifikasi Honda Mobilio memang cukup menarik dan kompetitif di kelas LMPV. Apalagi desainnya yang keren belum terlalu usang untuk dipandang mata. Performa mesin yang impresif harusnya membuat konsumen yang berjiwa sporty puas memilih mobil ini.

Apalagi reputasi Honda dengan jaringan dealernya yang tersebar di seluruh Indonesia membuat harga jual kembali All New Mobilio masih bagus sampai hari ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru