window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini

Alex · 29 Jun, 2020 08:00

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 01

Honda Civic Hatchback merupakan salah satu model yang cukup menarik. Mobil ini sekarang hanya dijual dalam satu varian saja dengan harga Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3 varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Pada awal tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan varian RS untuk model ini dan varian lainnya berhenti dijual. Dengan demikian, Anda tak punya opsi varian selain RS dalam menentukan pembelian Honda Civic Hatchback.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengusung nama besar Civic, generasi kesepuluh untuk pasar Indonesia ini memang tergolong mahal. Namun, karena di kelasnya sepi pesaing, Honda Civic Hatchback pun jadi bersinar dengan berbagai kelebihannya. PT Honda Prospect Motor memberikan penyegaran pada mobil ini beberapa bulan lalu. Bersamaan dengan itu, varian Civic Hatchback dipangkas jadi tinggal "RS" saja.

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 01

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli Honda Civic Hathcback.

1. Berada di kelas Medium Hatchback

Dalam jajaran model hatchback Honda Indonesia, Civic turbo Hatchback tentu berada di atas Jazz secara kasta. Ia menghuni kelas Medium Hatchback yang cukup sepi pesaing. Dari merek Jepang ia menghadapi Mazda 3 Hatchback dan dari brand Eropa ia bersaing dengan Volkswagen Golf.

2. Terakhir facelift 2020

Mengawali tahun 2020 ini Honda Indonesia meluncurkan produk penyegaran, yaitu Civic Turbo Hatchback ini. Dalam penyegaran bulan Februari lalu itu, mobil ini mendapati pembaruan di sektor eksterior yang semakin sporty.

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 02

3. Generasi 10

Kemunculan Honda Civic generasi ke-sepuluh beberapa tahun lalu ini cukup menghebohkan para penggemarnya. Sebab, sudah sangat lama Honda Indonesia tidak menjual Civic varian hatchback. Varian tanpa bagasi dari Honda Civic terakhir dijual Honda Indonesia adalah Civic Estilo yang eksis di era tahun 1990an.

4. Mesin sama dengan sedan

Ada dua varian dalam line up New Honda Civic Hatchback yang tengah dijual di Indonesia, sedan dan hatchback. Keduanya pakai mesin yang sama saja. Unit 1.500 cc dengan turbo jadi Andalan mobil ini.

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 03

5. Buatan Thailand

Honda menghadirkan Civic Hatchback ini dengan mengimpornya dari Thailand. Walau buatan Thailand namun Civic Hatchback telah disesuaikan untuk pasar Indonesia. Misal dari segi fitur, ada beberapa perbedaanya dengan versi Thailand.

5 Alasan mengapa New Honda Civic Hatchback layak dibeli

1. Mesin powerful

Dapur pacu mobil Honda Civic baru ini berkapasitas bersih 1.498 cc dan mampu merilis daya maksimum mencapai 173 Hp pada 5.500 Rpm dan torsi maksimal mencapai 220 Nm. Selain berkat adanya turbo, teknologi VTEC kebanggaan Honda pada mesin tersebut juga punya peran besar. Daya yang bisa tersembur menjadi lebih tinggi dibanding mesin Mazda 3 yang hanya bisa merilis daya maksimum 145 Hp.

2. Irit bensin

Turbocharger memainkan peran vital dalam membuat klaim konsumsi bahan bakar pada mobil Honda Civic Hatchback ini. Mesin berpenggerak depan tersebut juga didukung oleh transmisi CVT yang terkenal halus dan mampu membuat konsumsi BBM optimal. Ditambah lagi adanya fitur ECON Mode mampu membuat kehematan semakin baik. Berdasarkan pengetesan pada 2017, Honda Civic Hatchback bisa mengukir kehematan 20,8 km/L untuk rute tol.

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 04

3. Banyak fitur keselamatan

Penumpang mobil Honda Civic turbo hatchback ini mendapat perlindungan dari 6 titik kantung udara. Untuk meyakinkan tingkat keselamatannya, mobil ini juga memiliki hasil tes tabrak 5 bintang dari Euro NCAP 2017.

4. Menyalakan  mesin dari luar

Dengan fitur bernama Remote Engine Start, memungkinkan Anda untuk menyalakan mesin mobil dari jarak beberapa meter. Keuntungannya, kabin mobil jadi sudah sejuk begitu Anda masuk.

5. Desain sporty

Tampang keseluruhan New Honda Civic Hatchback sangat kental akan tema sporty yang diusungnya. Bahkan diperkuat dengan sejumlah detail seperti aerokit di bumper depan, desain bumper belakang sangar dengan ornamen diffuser dan penempatan ujung knalpot di bagian tengah.

5 Alasan mengapa mobil ini tidak layak dibeli
1. Mahal 

Saat ini Honda menjual mobil cCivic baru ini seharga nyaris setengah miliar Rupiah atau lebih tepatnya Rp 499.000.000,0 on the road Jakarta. Memang, saat ini Mazda 3 hatchback sedikit lebih mahal, yakni seharga Rp. 508,800,000. Namun dengan harga tersebut tentu sudah cukup membuat hatchback ini layak disebut sebagai mobil mahal. Statusnya sebagai mobil impor dari Thailand mungkin salah satu alasan harganya tinggi.

2. Hanya 1 varian

Pada awal kemunculannya, New Honda Civic Hatchback sebenarnya hadir dalam 2 tipe, yakni E dan S. Keduanya kini telah disuntik mati. Pada awal tahun ini, Civic Hatchback RS pun lahir dan Honda Indonesia hanya menawarkan tipe itu saja. Ini tentu jadi kelemahan dalam pembeli menentukan pilihan. Tak ada pilihan lain selain mengambil tipe RS.

Mau Beli Honda Civic Hatchback? Ketahui Dahulu Fakta-fakta ini 05

3. Ada Ventilasi palsu

Sesuai namanya yang punya embel-embel "RS", maka New Honda Civic Hatchback ini punya sejumlah body kit yang dilengkapi lubang-lubang ventilasi. Sayangnya, ventilasi tersebut tak berguna untuk menangkap udara maupun perangkat aerodinamika. Jadi hanya semata-mata untuk tujuan penunjang ketampanan eksterior saja.

4. Hanya ada transmisi otomatis

Agak ironis untuk sebuah mobil yang berkiblat pada unsur sporty, namun tak ada opsi transmisi manual dalam line up-nya. Namun memang sejak awal kemunculan Honda Civic Turbo sedan generasi 10 di Indonesia sampai muncul versi hatchbacknya-nya, tak pernah ada opsi transmisi manual.

5. Fitur dipangkas

Jika di Honda Civic Hatchback di Thailand memiliki fitur keselamatan canggih bernama Honda Sensing, jangan harap menemukannya di versi Indonesia. Mungkin demi memangkas harga maka fitur tersebut tak dibawa oleh Honda.

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil