window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan

Mark Jacob · 11 Okt, 2020 15:00

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 01

Sebagai mobil keluarga, nama Suzuki Ertiga rasanya sulit dilupakan begitu saja. Mobil yang dibuat sepenuhnya di Indonesia ini punya banyak kelebihan. Salah satunya adalah harga jual yang lebih terjangkau dibanding mobil keluarga lainnya.

Di Indonesia, Suzuki Ertiga dijual dengan harga mulai dari Rp207 jutaan sampai Rp262 jutaan untuk tipe tertinggi. Sayangnya, masih banyak orang awam yang belum paham mengenai apa saja kelebihan mobil ini. Padahal, mobil ini sebenarnya punya banyak hal menarik untuk dikulik.

Di Tanah Air, ada 7 tipe Suzuki Ertiga yang ditawarkan kepada konsumen. Ketujuh tipe ini punya perbedaan masing-masing tentunya. Dari segi harga pun juga berbeda, nggak heran kalau banyak orang bingung memilihnya. Supaya nggak bingung, kami akan membantu memilih tipe apa yang cocok dibeli.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tipe Suzuki Ertiga

Bagi mereka yang ingin membeli mobil ini, pahami dulu tipe apa saja yang ada. Suzuki Ertiga hadir dalam tipe GA, GL, GX dan Ertiga Sport. Masing-masing tipe kecuali GA terdiri dari dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis.

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 01

Untuk tipe GA, merupakan tipe paling standar atau terbawah di keluarga Ertiga. Harganya bisa dibilang paling murah, dan dijual dengan transmisi manual. Tipe ini punya tampilan paling basic. Velgnya memakai kaleng, grilnya tidak dilengkapi krom, foglamp kosong, spion belum retract dan tidak ada lampu sein.

Di atas tipe GA ada tipe GL. Tipe GL sudah memakai velg alloy dengan model mesh. Grilnya juga sudah dibubuhi aksen krom, serta fog lampnya sudah tersedia. Spionnya sudah memakai satu warna dengan bodi dengan adanya lampu sein. Di atasnya tipe GL ada tipe GX yang jadi tipe tertinggi.

Tipe GX memiliki tampilan dan fitur yang lebih lengkap. Velgnya pun memakai model yang berbeda dengan warna two tone. Secara kasta, Suzuki Ertiga tipe GX transmisi otomatis merupakan tipe tertinggi. Selain tipe GX, ada juga Suzuki Ertiga Sport.

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 02

Suzuki Ertiga Sport diposisikan berbeda dengan Suzuki Ertiga biasa. Secara tampilan, Suzuki Ertiga Sport cukup berbeda. Ertiga Sport dilengkapi dengan bodykit yang membuatnya lebih terlihat sporty. Misalnya penambahan lips pada bumper depan, side skirt dan spoiler belakang.

Desain grilnya pun berbeda, dengan memakai model bintik yang sudah berwarna krom. Velg yang digunakan pun setara dengan tipe GX, memakai two tone. Untuk interior Suzuki Ertiga memakai warna beige. Sedangkan interior Suzuki Ertiga Sport memakai warna hitam. Seluruh interior memakai bahan fabric.

Warna yang Tersedia

Ada warna apa saja sih yang tersedia di keluarga Ertiga ini? Untuk Ertiga punya pilihan warna yang lebih banyak dibanding Ertiga Sport. Ertiga Sport hanya terdiri dari 3 warna saja yakni putih, hitam dan abu-abu. Sedangkan Ertiga punya 7 pilihan warna yang bisa dipilih sesuka hati oleh konsumen.

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 03

Ketujuh warna tersebut terdiri dari abu-abu, coklat, silver, hitam, putih, ungu dan merah. Untuk ukuran mobil keluarga, warna yan ditawarkan oleh Suzuki sangat banyak. Sehingga lebih memudahkan orang dalam menentukan warna kesukaan. Hayo, kamu suka warna apa nih?

Mesin Suzuki Ertiga

Untuk pilihan mesin, seluruh Ertiga maupun Ertiga Sport menggunakan mesin yang sama. Mesin yang ditanamkan berkode K15B yang merupakan mesin serupa dengan Suzuki Jimny. Mesin ini berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 104 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 138 Nm @4.400 rpm.

System bahan bakar Suzuki Ertiga sudah memakai injeksi, jadi konsumsi bahan bakarnya nggak perlu diragukan lagi. Berdasarkan pengalaman, mobil ini sanggup mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 23 km per liter untuk perjalanan jarak jauh.

Fitur Suzuki Ertiga

Bicara fitur, mobil keluarga yang satu ini sebenarnya punya fitur cukup banyak. Seperti tombol start stop, auto climate, dual airbag, rem ABS, EBD, hill hold control, tilt steering, head unit touch screen dan child safety lock.

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 04

Masih ada juga fitur ISOFIX, sensor parkir, kamera belakang, dan electronic stability control. Untuk mendapatkan fitur lengkap, konsumen bisa memilih tipe tertinggi yakni Suzuki Ertiga GX transmisi otomatis.

Dimensi Suzuki Ertiga

Lalu, bagaimana dengan dimensi? Suzuki Ertiga punya dimensi panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan Ertiga Sport punya dimensi sedikit berbeda dengan panjang 4.470 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm.

Panjang ini dikarenakan karena penggunaan model bumper yang berbeda. Wheelbase antara Ertiga Sport dan Ertiga biasa masih sama. Lebar dan tingginya pun juga sama antar kedua varian tersebut. Hanya panjangnya saja berbeda.

Konfigurasi

Konfigurasi jok yang ada pada baris kedua menggunakan model 40:60. Sehingga keduanya bisa dilipat sesuai kebutuhan saat membawa barang yang ukurannya besar. Jika dibuat rata lantai, maka ruang penyimpanannya cukup besar.

Bagasi di bagian belakang tanpa jok baris ketiga dilipat sebenarnya cukup besar. Tanpa dilipat jok baris ketiga bisa memuat 3 galon minuman ukuran besar. Ini jelas menjadi kelebihan Suzuki Ertiga bagi sebuah mobil keluarga yang biasanya membawa barang banyak.

Mau Beli Suzuki Ertiga Terbaru, Ini Tipe yang Paling Disarankan 05

Kesimpulan

Jika ingin membeli Suzuki Ertiga, maka kami sangat menyarankan untuk membeli tipe GL dengan transmisi otomatis. Karena harganya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tipe GX transmisi otomatis.

Secara fitur, perbedaannya tidak terlalu jauh. Dan eksteriornya pun juga sama dengan tipe GX. Hanya saja ada beberapa fitur yang dikurangi. Namun, kalau ingin membeli Ertiga Sport, kami menyarankan untuk membeli transmisi otomatis dibanding manual.

Mobil dengan transmisi otomatis saat ini seperti Suzuki Ertiga memang lebih diminati karena sangat nyaman dipakai. Terutama untuk digunakan harian di kota yang macet seperti Jakarta. Kebutuhan akan kopling manual perlahan ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia.

Enaknya lagi, Suzuki juga memberikan gratis suku cadang dan jasa di bengkel resmi sampai 50 ribu kilometer. Ini menjadi hal yang sangat menarik bagi keluarga yang ingin membeli mobil. Mereka tak perlu dipusingkan mengenai biaya perawatan. Karena sudah ditanggung selama 5 tahun kedepan.

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil