window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Bikin Lampu Sein LED Mobil Menyala Super Terang? Begini Caranya

Prasetyo · 24 Sep, 2021 19:04

Lampu sein LED mobil

Banyak cara untuk melakukan modifikasi mobil, termasuk satu diantarnya utak-atik di sektor lampu-lampu. Nah beberapa bulan belakangan ini di jagat media sosial viral mengenai penggunaan lampu sein dajjal. Duh lampu model apa nih???

Tenang... Meskipun namanya sangat menyeramkan sebenarnya ini adalah jenis lampu sein super bright. Yaitu lampu yang menggunakan Light Emitting Diode (LED) namun memancarkan cahaya yang sangat terang. Entah mengapa di Indonesia lampu ini malah viral disebut lampu sein dajjal.

Lampu sein dajjal -2

Jauh lebih terang dari lampu sein standar

Nah biar mobil Anda sedikit tampil kekinian, berikut ini kami akan bahas mengenai serba-serbi lampu sein mobil super terang tersebut. Bagaimana cara mendapatkannya hingga proses pemasangannya. Tidak sulit kok, sebab Anda bisa lakukan sendiri di rumah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Jangan Ngawur, Ini Fungsi dan Etika Saat Gunakan Lampu Jauh Mobil

Lampu Sein Wajib Tetap Warna Kuning

Sejumlah mobil keluaran terbaru memang mayoritas telah menggunakan lampu sein jenis LED. Walaupun sebenarnya ada juga yang masih berupa bohlam biasa. Tapi jangan khawatir, buat yang lampu sein mobil miliknya masih bulb biasa bisa juga kok diganti ke LED.

Lampu Sein dajjal -1

Lampu sein wajib menyala kuning

Tapi sebelum ganti lampu sein LED mobil dari produk aftermarket, sebaiknya pastikan kalau lampu tersebut memancarkan cahaya kuning. Sebab ini sudah tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta ditegaskan juga melalui Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012.

Pada Undang Undang tersebut dijelaskan tentang sistem lampu dan alat pemantul cahaya pada kendaraan bermotor. Adapun lampu petunjuk arah atau isyarat peringatan (sein) harus berwarna kuning tua dengan sinar lampu menyala berkedip-kedip. Jadi jangan ganti ke lampu warna putih, biru, atau ungu ya...

Perhatikan Tipe Lampu LED

Lampu sein dajjal -3

Lampu sein yang pemasangan diputar (model bayonet)

Ada banyak jenis lampu LED yang dijual di toko-toko aksesoris otomotif baik online maupun offline. Biasanya produsen lampu ini akan menuliskan jenis lampu LED mobil seperti apa yang mereka pasarkan.

Untuk lampu sein mobil umumnya diberi kode LED T20. Bentuknya bisa dilihat dari bagian kaki lampu yang terlihat pipih. Sementara itu ada juga beberapa mobil yang masih pakai lampu sein soket bulat. Jenis lampu ini sering dikenal dengan nama lampu sein model bayonet.

Baca juga : Jangan Cuek, Ini Arti Lampu-Lampu Peringatan Pada Panel Instrumen Mobil

Lampu sein LED mobil

Ada ratusan chip LED yang terpasang

Sementara dari segi jumlah LED yang terpasang, lampu-lamu sein LED menggunakan setidaknya 2 chip LED. Nah kalau mau ganti ke lampu sein dajjal, Anda tinggal pilih lampu sein LED yang berjenis super bright. Lampu model ini dibekali LED chip yang tersusun sampai ratusan unit. Alhasil nyala lampu jadi sangat terang.

Untuk harganya, lampu sein super bright ada yang dijual satuan ada juga yang satu set untuk lampu kiri dan kanan. Harganya mulai dari Rp35.000 - Rp60.000 per pcs, dan Rp135.000 hingga Rp200.000 untuk yang satu set kiri dan kanan.

Cara Pasang Lampu Sein LED Super Bright

Lampu sein dajjal -4

Lampu sein jadi lebih terang bahkan saat siang hari

Kalau mobil Anda sebelumnya sudah menggunakan lampu sein jenis LED maka proses pemasangan lampu super terang ini tinggal sistem plug and play. Alias lampu yang lama dicopot kemudian ganti dengan lampu super bright yang sudah Anda beli.

Tapi kalau tadinya lampu sein mobil masih pakai lampu halogen standar dari apbrikan maka ada yang perlu kalian perhatikan. Mengingat meskipun proses pemasangannya juga tinggal copot pasang tapi bisa saja pada saat telah terpasang lampu sein berkedip lebih cepat dari sebelumnya.

Hal ini karena daya listirk lampu LED jauh lebih kecil dari bohlam halogen. Untuk mengatasinya Anda tinggal tambahkan flasher khusus atau dengan menambahkan resistor. Dengan begini kedipan lampu sein bisa kembali normal.

Baca juga : Gampang Kok! Begini Cara Ganti Lampu Halogen ke LED Buat Mobil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil