window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW

Prasetyo · 9 Feb, 2023 11:06

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 01

Tren mobil Cina tiruan ternyata masih tetap terjadi sampai saat ini. Meskipun sejumlah pabrikan sudah punya desain mandiri yang terkadang sangat mengesankan, ternyata masih ada juga perusahaan otomotif Tiongkok itu yang ingin meniru mobil-mobil lain dengan desain yang sudah populer.

Terbaru adalah kasus munculnya tiruan MINI klasik. Dikutip dari Autohome, Kamis (09/02/2023), adanya MINI klasik jadi-jadian itu ramai diperbincangkan setelah pihak Beijing Estek Technology Co., Ltd mengajukan hak paten ke Kantor Kekayaan Intelektual negara tersebut.

Baca juga: Tiruan Suzuki Carry 1.0 Asal China, Changan SC 1011 CG Pernah Dijual di Indonesia

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tiruan MINI Klasik Ala Mobil Cina

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 01

Paten desain yang diajukan Beijing Estek Technology Co., Ltd

Kalau dari dokumen yang ditampilkan, terlihat jelas jika mobil yang akan dipatenkan merek dagangnya itu mirip sekali dengan MINI klasik. Mulai dari dimensinya yang mungil, bagian depan dengan lampu bulat kecil sampai ke desain bagian belakang.

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 02

Desainnya sama persis dengan MINI klasik

Menurut perusahaan, mobil ini sengaja dibuat demi membangkitkan semangat histori dari mobil MINI zaman dulu. Memang sih, di Cina banyak perusahaan otomotif yang menampilkan ide desain retro. Biasanya tampilannya meniru mobil-mobil klasik atau retro yang pernah populer tapi tak lagi dijual.

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 03

MINI Klasik yang asli

Dari dokumen pengajuan paten yang disodorkan Beijing Estech Technology Co., Ltd, ada dua perusahaan yang ikut mendukung GWM untuk proyek MINI tersebut. Yaitu IAT Automotive Technology yang merupakan perusahaan design and engineering, serta Karlmann King yang merupakan perusahaan bergerak di bidang custom automotive.

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 04

Dianggap terlalu sama dengan MINI klasik

Cuma ternyata, apa yang dilakukan Beijing Estek Technology Co., Ltd. dianggap keterlaluan. Karea apa yang mereka desain sama persis dengan kepunyaan MINI.

Baca juga: Ada MINI Cooper Klasik Tiruan dari Cina, Pakai Tenaga Listrik

Pihak BMW Ajukan Gugatan

Melihat ramainya perbincangan tentang mobil Cina tiruan dari MINI itu membuat pihak BMW bereaksi. Setelah pengajuan hak paten dari Beijing Estek Technology Co., Ltd. dilakukan 17 Mei 2022, maka pada 26 Juli 2022, BMW mengajukan pembatalan permohonan hak paten tersebut.

Mau Bikin Tiruan MINI Klasik, Pabrikan Cina Ini Digugat BMW 05

Gugatan BMW akhirnya diterima

Menurut BMW, desain mobil ini terlalu identik dengan MINI Klasik. Dan ternyata, beberapa hari lalu, pihak Kantor Kekayaan Intelektual Cina akhirnya mengeluarkan pengumuman baru. Isinya berupa pembatalan pengajuan hak paten. Dan permohonan yang diajukan oleh pihak Beijing Estek Technology Co., Ltd. dianggap tidak sah.

Wah, kira-kira untuk kasus mobil Cina mirip-mirip mobil lain gimana ya?

Baca juga : Bukan Sedan Klasik Amerika, Tapi Ini Mobil Cina Bertenaga Listrik Songsan Monterey

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

MINI 3-Door GT Edition

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil