Mau Diganti Hybrid, Toyota Innova Diesel Ternyata Masih Banyak Permintaannya
Prasetyo · 17 Nov, 2022 20:04
0
0
Toyota Innova Diesel rupanya masih kebanjiran permintaan.
Toyota Innova Diesel matik tipe yang paling banyak peminatnya.
Bulan ini akan muncul Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan varian mesin hybrid.
Toyota Innova Diesel dikabarkan selesai masa tugasnya tahun ini. Gantinya Toyota menghadirkan Kijang Innova Hybrid. Varian mesin hybrid itu akan masuk ke lini produk Toyota Kijang Innova Zenix 2023 yang dipasarkan di Indonesia.
Namun siapa sangka, walau di penghujung usianya peminat Toyota Innova Diesel masih cukup tinggi. Ini terlihat dari data wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) untuk MPV bermesin diesel tersebut.
Dalam data yang dirilis GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) ini terlihat PT Toyota Astra Motor (TAM) masih mengirim sejumlah model Toyota Kijang Innova Diesel. Yakni untuk tipe G, tipe V, dan tipe Venturer.
Penjualan Toyota Innova Diesel Didominasi Transmisi Matik
Masih dari data yang sama, tercatat penjualan Innova diesel secara keseluruhan di Oktober 2022 sebanyak 1.537 unit. Angka ini bahkan menyumbang 33,9 persen dari total penjualan Kijang Innova bulan lalu.
Adapun varian Innova diesel paling banyak permintaannya yakni tipe G dengan total 1.002 unit dengan tipe transmisi manual yang dominan. Innova diesel matik tipe V juga memiliki permintaan yang cukup tinggi yakni 279 unit. Sedangkan Innova Venturer Diesel permintaannya 210 unit.
Akibat pasokan wholesales untuk tipe diesel yang masih tinggi, secara keseluruhan TAM telah berhasil mengirim 3.379 unit Kijang Innova. Angka ini dicapai periode Oktober 2022. Adapun jika melihat wholesales periode Januari-Oktober tahun ini, maka sudah ada 38.994 unit Kijang Innova yang terkirim ke dealer resmi Toyota.
Masih tingginya permintaan akan Medium MPV itu membuat Innova tetap setia berada di daftar 10 mobil terlaris. Untuk bulan lalu saja, Innova bercokol di posisi keenam di bawah Daihatsu Sigra. Bahkan Innova yang belum alami perubahan saja, masih lebih tinggi peminatnya dibanding All New Honda HR-V.
Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.