window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini

Prasetyo · 29 Mar, 2023 10:04

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 01

Roof box mobil adalah komponen yang kerap dipasang pada bagian atap mobil. Perangkat tambahan ini biasanya makin banyak dipasang saat musim mudik tiba. Tujuannya tentu saja sebagai bagasi tambahan barang bawaan segala macam hal yang akan dibawa ke kampung halaman.

Sempat dijadikan perangkat tambahan yang melanggar peraturan lalu lintas, nyatanya produsen roof box mobil masih tetap eksis. Alhasil peminatnya pun jadi bergerak makin banyak.

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 02

Tempat tambahan buat barang bawaan

Nah kalau Anda juga ada niat untuk memasang roof box buat persiapan mudik Lebaran 2023, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. "Penggunaan roof box memberikan banyak keuntungan karena dapat digunakan sebagai tambahan tempat menaruh barang bawaan. Meski begitu ada aturan yang wajib dipahami supaya tidak melanggar aturan lalu lintas dan memicu kecelakaan," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto 2000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bisa Flexing Kayak Rafael Alun di Kampung Halaman, 5 Pilihan SUV Mewah Bekas Siap Diajak Mudik

1. Pastikan Atap Mobil Ada Roof Rail

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 01

Roof rail pada mobil

Roof box sejatinya tidak bisa langsung terpasang pada bagian atap mobil. Sebab dibutuhkan perangkat tamabhan sebagai dudukan alat ini agar posisinya aman selama kendaraan melaju di jalan raya.

Satu diantaranya mobil Anda wajib memiliki roof rail. Yaitu sebuah besi penyangga yang tertancap di bagian tepi atap kendaraan. Nantinya di komponen inilah roof box bisa terpasang.

2. Pasang Cross Bar Mobil Terlebih Dulu

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 02

Cross bar buat penyangga roof box

Setelah ada roof rail, maka komponen tambahan lainnya yang juga wajib Anda miliki adalah cross bar. Ini akan menjadi batang penahan bagian bawah roof box. Karena itulah pilih crossbar yang punya kualitas terbaik.

Baca juga: 6 Pilihan Mobil Baru MPV Harga Rp200-250 Jutaan Buat Mudik Lebaran

3. Pilih Roof Box Sesuai Kebutuhan

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 03

Pilih yang kualitas terbaik tapi tidak berat

Sekarang waktunya memilih roof box mobil terbaik. Namun perlu diingat, jangan terpaku hanya pada merek, pertimbangan juga sesuai kebutuhan Anda dan juga ukuran kendaraan.

Pilihlah roof box yang tidak terlalu besar karena dapat mempengaruhi aerodinamika dan titik keseimbangan kendaraan. Utamakan juga roof box yang punya kualitas baik tapi tidak terlalu berat, sehingga nantinya malah menambah bobot kendaraan Anda.

4. Perhitungkan Daya Angkut Maksimal Kendaraan

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 04

Jangan simpan barang terlalu penuh

Setiap kendaraan pasti punya daya angkut maksimal termasuk mobil Anda. Ini untuk menjaga supaya kinerja mesin bisa tetap optimal di jalan. Adanya tambahan roof box juiga termasuk menambah beban angkut pad akendaraan itu.

Begitu juga bobot cross bar yang sudah terpasang wajib dihitung. Jadi pastikan berat barang yang ada pada roof box tidak melebihi daya angkut kendaraan Anda.

Baca juga: 10 Pilihan Mobil yang Harganya Setara Wuling EV, Rp200 Jutaan Dapat ADAS dan Mesin Turbo

5. Perhatikan Gaya Mengemudi

Mau Pasang Roof Box Mobil Buat Mudik? Perhatikan 5 Hal Ini 05

Jangan mengemudi agresif saat memasang roof box

Keberadaan barang tambahan di atap mobil pastinya akan mengganggu aerodinamika kendaraan tersebut termasuk penambahan bobot. Karena itulah mobil terasa makin berat dan limbung.

Jadi perhatikan gaya berkendara Anda, jangan memacu kendaraan secara agresif. Perhatikan pula ketika melewati gerbang tol yang biasanya terdapat portal. Atau ketinggian portal dan atap bangunan ketika Anda datang ke perumahan atau tempat parkir hotel.

Tuh, gak sulit kan pasang roof box mobil yang aman... Selamat mudik!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil