window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya

Herdi · 10 Feb, 2023 19:02

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 01

Mobil warna hitam merupakan satu diantara banyak varian warna yang disukai konsumen. Tak hanya di Indonesia tapi di berbagai belahan dunia. Tak sedikit yang menyebutkan jika mobil dengan balutan body yang dicat  hitam tak lekang oleh waktu. 

Ya, dari dulu sampai sekarang, mobil warna hitam tetap jadi pilihan dengan berbagai alasan. Bahkan Daihatsu pada Oktober 2022 lalu menyebutkan, dalam tiga tahun terakhir, dari data penjualannya, selain warna putih dan silver, mobil dengan kelir hitam jadi paling favorit. 

Mercedes Maybach GLS

Mercedes Maybach GLS

Nah berikut ini Autofun akan memberikan fakta-fakta untung dan rugi bila memilih mobil dengan cat hitam di bagian eksteriornya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami?

Keuntungan Mobil Warna Hitam

Merangkum sejumlah sumber, mobil dengan cat warna hitam memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

1. Memberikan Kesan, Elegan dan Maskulin

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 01

Sedan berwarna hitam makin terlihat elegan

Warna hitam disebut memberikan kesan mewah, elegan dan maskulin. Enggak percaya? lihat saja mobil-mobil warna hitam biasanya kerap digunakan para petinggi negara, termasuk para pejabat dan duta besar.

2. Cocok untuk berbagai jenis mobil

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 02

SUV hitam juga terlihat lebih gagah

Kelebihan dari cat hitam pada sebuah mobil yaitu cocok digunakan pada berbagai jenis mobil, baik sedan, citycar, hatchback, MPV, SUV, Sport hingga kendaraan niaga. Bahkan sekalipun ada mobil sejatinya biasanya saja, namun jika dibalut warna hitam akan tetap menarik.

Baca juga: Memilih Warna Mobil Sesuai dengan Karakter dan Kepribadian, Kamu Termasuk yang Mana?

3. Nilai jual kembali tinggi

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 03

Banyak peminatnya

Satu hal yang jadi mindset orang Indonesia jika membeli mobil, yaitu bagaimana harga jual kembali. Ya, orang Indonesia memang sebelum membeli mobil, ternyata sudah memikirkan bagaimana harga jualnya. 

Kendati demikian,  jika mobil yang dibalut warna hitam dijual, memang biasanya harganya jadi sedikit lebih tinggi. Demikian juga untuk yang ingin membeli mobil bekas, warna hitam akan lebih banyak dicari calon pembeli.

4. Mudah saat dicat ulang

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 04

Merawatnya harus hati-hati

Warna hitam juga disebut warna netral, dimana tidak seperti kelir lainnya yang terdiri dari beberapa jenis. Hanya saja warna hitam juga punya jenis lainnya, namun tetap gelap. Hal inilah yang banyak menyebutkan, jika bodi mobil warna hitam saat tergores akan lebih mudah dicat ulang. 

Baca juga: Tren Warna Mobil Daihatsu di Indonesia 3 Tahun Terakhir, Putih Semakin Digemari

Kerugian Mobil Warna Hitam

1. Lebih cepat kotor

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 05

Debu atau kotoran yang menempel mudah terlihat

Mobil dengan warna hitam mudah terlihat kotor. Ini karena debu jalanan dan bercak sisa air hujan yang menempel di body warnanya abu-abu kecoklatan, sehingga kalau menempel di latar hitam, akan sangat terlihat. 

Demikian juga jika setelah hujan dan kemudian kering, bercak atau kotoran akan meninggalkan jejak, dan mobil jadi terlihat kotor. 

2. Lebih terlihat guratan halus

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 06

Ada baret sedikit saja bisa terlihat jelas

Mobil hitam akan lebih mudah terlihat bekas swirl mark atau guratan retak halus atau swirl mark atau pada pernis yang sangat tipis berbentuk bulatan seperti sarang laba-laba. Swirl mark ini warnanya cukup kontras, yaitu agak putih sehingga bisa mudah dilihat dengan mata telanjang.

3. Terlihat pudar kusam, jadi dekil

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 07

Kalau tak dirawat warnanya memudar

Meski akan terlihat elegan, namun lama kelamaan warna hitam akan pudar, sehingga terlihat kusam, dan jadi dekil jika tak rajin dirawat. Warna hitam yang gelap, lama kelamaan jadi kusam. 

4. Memberikan efek kabin jadi panas

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 08

Hitam mudah menyerap panas

Sudah jamak diketahui kalau warna hitam dapat menyerap panas lebih besar. Jadi, kalau mobil hitam setelah terjemur lama di bawah panas matahari maka hawanya saat kita masuk seperti di oven.

Dalam beberapa catatan penelitian, warna gelap dianggap lebih kuat menyerap panas, dibandingkan warna cerah, yang justru bisa memantulkan kembali.

5. Jadi tidak terlihat saat malam hari

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 09

Rawan kecelakaan

Mobil warna hitam juga dikaitkan dengan aspek keselamatan. Bahkan berdasarkan statistik dari Monash University di Australia menunjukkan bahwa mobil hitam cenderung paling rawan kecelakaan, khususnya saat dikendarai pada malam hari.   

Cara Merawat Mobil Warna Hitam

Ketika Anda memiliki mobil warna hitam, sudah seharusnya agar lebih rajin dalam melakukan perawatan. Sebab, warna hitam mudah kotor dan lama kelamaan menjadi mudah pudar dan kusam. 

Maka dari itu, berikut ini cara merawat mobil warna hitam, diantaranya:

1. Rajin mencuci mobil secara teratur

ilustrasi mencuci mobil hitam

Mobil hitam harus lebih sering dicuci bersih

Satu hal yang paling penting ketika mobil Anda berwarna hitam, yaitu lebih sering mencuci mobil untuk membantu menghilangkan kotoran, noda air, dan pusaran air pada bodi mobil.

Namun perlu dicatat, saat mencuci mobil, sebaiknya hindari mencucinya saat mesin masih panas, karena akan membuat pembersih menempel pada permukaan cat sehingga cepat rusak. 

2. Gunakan perlengkapan yang tepat saat mencuci 

ilustrasi mobil warna hitam dicuci

Jangan pakai sembarang lap

Ketika akan mencuci mobil warna hitam, sebaiknya lakukan seminggu satu sampai dua kali. Dengan mencuci mobil ini dipercaya tidak hanya menjaga bodi, namun juga mengurangi resiko korosi. 

Ketika mencuci mobil warna hitam, pastikan air dan perlengkapan mencuci seperti lap atau kain microfiber dalam kondisi bersih. Selain itu, ketika membasuh dengan sabun lakukan dari atas ke bawah, dan jangan dibuat memutar.

3. Rajin mengeringkan body jika basah

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 12

Jangan biarkan air hujan mengering terlalu lama di permukaan cat

Setelah mencuci mobil, Anda jangan membiarkan air mengering sendiri karena akan menimbulkan noda. Sebaliknya, jangan lupakan proses pengeringan, yaitu dengan cara langsung mengelapnya dan memastikan bahwa bodi sudah kering, hingga ke celah-celah.

Disebutkan juga jangan sampai bodi mobil yang basah dikeringkan menggunakan udara bertekanan, karena kemungkinan ada kotoran lain menggores mobil, dan mungkin saja kompresor udara mengandung oli di dalam pipa. 

4. Rajin melakukan poles mobil

Ilustrasi poles mobil warna hitam

Poles mobil untuk mengembalikan warnanya yang mulai pudar

Ketika mobil bercat hitam selesai dicuci, sebaiknya lakukan poles pada bagian bodi. Hal ini perlu dilakukan agar tampilan bodi tetap berkilau. 

Jika Anda memang tidak sempat untuk melakukan poles sendiri, tidak ada salahnya dirujuk ke salon mobil atau bengkel perawatan mobil. Namun perlu dicatat, Anda akan lebih banyak mengeluarkan biaya. 

5. Hindari dari pancaran sinar matahari langsung

Mau Punya Mobil Warna Hitam? Cek Untung Rugi dan Cara Perawatannya 14

Jangan terlau sering parkir di lokasi terbuka

Bagian penting lainnya untuk merawat mobil hitam yaitu, hindari penyimpanan aau parkir yang terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya simpan di garasi tertutup.

Jika terkena sinar matahari langsung, maka penyebab cat mobil akan cepat kusam. Hal ini karena sinar matahari mengandung sinar ultraviolet. Apalagi seperti disebutkan di atas, warna hitam lebih tinggi menyerap panas. Akan tetapi juga mobil disimpan di luar, maka gunakan penutup yang tepat. 

Nah demikian untung rugi dan perawatan mobil hitam, menurut Anda bagaimana?

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil