Mazda 2 2022 Mulai Menampakkan Diri, Cuma Rebadge dari Yaris

Prasetyo · 6 Okt, 2021 09:01

Mazda 2 2022 Mulai Menampakkan Diri, Cuma Rebadge dari Yaris 01

Mazda2 2022 belum lama ini kedapatan tengah bersiap untuk menjalani uji jalan. Sebagian tubuhnya memang tertutup kamufalse, namun ini sudah bisa memperlihatkan dengan jelas seperti apa wujud hatchback Zoom-Zoom ini.

Berdasarkan laporan media setempat, Mazda 2 terbaru ini terlihat sangat mirip dengan Toyota Yaris. Sosoknya kedapatan tengah terparkir di pabrik Mazda di Eropa. Emblem depan dan belakangnya memang tertutup, tapi embelm hybrid di belakang masih mengingatkan kita pada Toyota Yaris hybrid yang dijual di Eropa.

Mazda 2 2022 -1

Mirip dengan Toyota Yaris

Apakah ini berarti Mazda 2 2022 akan hanya jadi produk rebadge dari Toyota Yaris? Mari kita lihat seperti apa perbedaan keduanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mazda Memang Pernah Berencana Pakai Yaris THS

Keberadaan Toyota Yaris di markas Mazda ini seolah mengingatkan kembali pada pernyataan resmi petinggi Mazda beberapa waktu lalu. Saat itu Mazda berniat meluncurkan model yang berdasarkan Yaris THS (Toyota Hybrid System) untuk pasar di Eropa.

Baca juga : Mazda 2 2022 Siap Tantang Toyota Yaris dan Honda City Hatchback Dengan Varian Hybrid

Mazda 2 2022 -2

Toyota Yaris di Eropa

Alasannya guna memenuhi peraturan standar emisi gas buang di Benua Biru tersebut yang semakin ketat. Namun sepertinya rencana itu memang dipercepat, karena Mazda menilai tidak ada banyak waktu lagi untuk mengembangkan Mazda2 generasi terbaru. Dan langkah ini juga sekaligus menekan biaya penelitian dan pengembangan (R&D) bagi Mazda.

Tentunya kolaborasi antara Toyota dan Mazda ini bukan suatu yang salah. Sebab Toyota dan Suzuki juga melakkan hal serupa di India dengan melakukan rebadge pada sejumlah produknya. Bahkan di Indonesia pun Mazda juga pernah melakukan kolaborasi dengan Suzuki untuk memunculkan Mazda VX-1 kembaran Suzuki Ertiga.

Tampilannya Sangat Mirip dengan Toyota Yaris Hybrid di Eropa

Mazda2 2022 -3

Sedang terparkir di pabrik Mazda di Eropa

Kalau melihat foto-foto penampakan Mazda 2 2022 ini maka nyaris tidak ada yang diubah dari Toyota Yaris spesiifkasi Eropa. Mulai dari tampak depan dilihat dari lipatan-lipatan bempernya. Begitu pula dengan bentuk lampu utama. Lantas bemper, kaca bagasi, sampai lampu belakang juga sangat mirip dengan Yaris Hybrid.

Bagian pembedanya cuma di velg. Sayangnya tidak ada foto penampakan interior dari Mazda 2 terbaru ini. Namun diyakini kabinnya juga akan serupa dengan Yaris. Mengingat sebenarnya Toyota Yaris yang dijual untuk pasar Amerika Utara juga menggunakan basis Mazda Demio.

Baca juga : Generasi Terbaru Mazda 2 Akan Meluncur September 2021, Makin Canggih

Diproduksi di Pabrik Toyota

Mazda 2 2022 -4

Menggunakan basis Yaris Hybrid

Untuk pasar beberapa negara di Eropa, Yaris dibekali mesin bensin 1.5-liter. Ada juga varian mesin hybrid. Kalau melihat emblem hybrid yang ada di mobil ini, maka besar kemungkinan mesinnya menggabungkan antara mesin bensin 3 silinder segaris 1.5-liter dengan motor listrik. Mesin ini pula yang dipakai pada Yaris Hybrid.

Informasi menarik lainnya adalah Mazda2 terbaru ini akan diproduksi di pabrik Toyota di Perancis. Dan kabarnya model ini hanya untuk penjualan di Eropa. Di Jepang sendiri sebagai negara asal Mazda2, pihak perusahaan belum mengumumkan kapan generasi terbaru Mazda2 akan dirilis. Tapi sepertinya tidak akan jadi kembaran Yaris.

Apakah GR Yaris Juga Akan Menjelma Jadi Mazdaspeed2 ?

Mazda 2 2022 -5

Yaris di Amerika Utara juga kembaran dengan Mazda Demio

Jika Toyota Yaris hybrid berubah jadi Mazda 2 2022, apakah GR Yaris juga akan dicomot Mazda? Prediksi ini memang banyak bermunculan, namun tak sedikit juga yang membantahnya.

Mazdaspeed 2 yang merupakan versi lebih hardcore dari Mazda 2 diyakini akan menjadi pengembangan khusus dari Mazda.

Baca juga : Sediakan Uang Segini Biar Bisa Langsung Bawa Pulang Toyota GR Yaris 2021

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mazda 2 R AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru