window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin

Prasetyo · 9 Feb, 2023 20:03

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin 01

Perkembangan teknologi mobil listrik beberapa tahun belakangan memang begitu pesat. Jika awalnya kendaraan listrik (EV) dinilai cuma cocok buat mobilitas jarak pendek, kini mulai dari mobil sport sampai truk ukuran besar pun sudah dipersenjatai baterai serta motor electric.

Keberadaan teknologi elektrifikasi ini menggantikan peran mesin pembakaran internal (ICE) yang dianggap tidak ramah lingkunagn. Namun ada satu permasalahan yang masih jadi isu paling kuat untuk EV. Yaitu kemampuan baterai untuk menempuh jarak yang mencukupi.

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin 02

Mobil listrik Zeekr 001 dari Geely

Dengan adanya baterai mobil listrik dengan jarak tempuh cukup jauh, dianggap bisa menghilangkan rasa kekhawatiran para penggunanya. Apalagi charging station tentu saja saat ini di hampir seluruh negara, belum sebanyak stasiun pengisian bahan bakar (SPBU).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Males Ribet Charger Mobil Listrik, Biarkan Robot Ini yang Bekerja

Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh Bukan Kuncinya

Berbagai produsen otomotif saat ini pun seakan berlomba menciptakan kemampuan jarak tempuh terjauh untuk sebuah EV. Bahkan sejumlah produsen Cina, seperti Zeekr, bisa membuat mobil electric dengan daya tempuh hingga 1.000 km.

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin 01

Mazda lebih inginkan mobil listrik yang ngecas baterainya cepat

Namun ternyata kondisi ini dianggap bukan hal paling krusial untuk memecahkan masalah baterai EV. Justru yang terbaik adalah bagaimana kecepatan charger baterai mobil tersebut ketika dibutuhkan.

Setidaknya itulah yang diungkapkan Jeffrey Guyton, Chief Executive Mazda USA. Ia merasa skeptis terhadap kendaraan listrik yang memiliki jarak tempuh sangat jauh. "Saya tidak berpikir itu suatu hal yang benar-benar akan berkelanjutan," katanya dikutip dari Carscoops, Kamis (09/02/2023).

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin 02

Kalau harus butuh waktu berjam-jam untuk charging EV, tentu akan merepotkan

Ia menyebutkan, saat ini sebenarnya pemilik mobil listrik tidak mungkin berkendara lebih dari 500 kilometer (km) dalam sekali perjalanan. Pasti mereka membutuhkan istirahat di tengah perjalanannya. Sehingga sebenarnya saat ia sekali berkendara paling hanya setengah dari total jarak tempuh yang ia butuhkan untuk sampai di tujuan akhir.

Baca juga: Kota Ini Punya Charging Station Mobil Listrik 10 Kali Lebih Banyak dari Pom Bensin, Indonesia Boleh Meniru

Charger Baterai yang Singkat Lebih Penting

Guyton pun menyebut kalau para pemilik EV seharusnya mulai melihat hal yang berbeda pada sebuah kendaraan elektrik. Mereka harus mepertimbangkan pengalamannya memiliki mobil setrum itu dan mencatat apa saja kebutuhan dari kendaraan tersebut.

Mazda: Mobil Listrik Itu yang Penting Bisa Charger Baterai Secepat Isi Bensin 03

Mobil listrik yang bisa ngecas dirumah juga penting untuk dipertimbangkan

Hal yang terpenting kata dia, adalah kemudahan melakukan isi daya baterai dirumah, dan cepatnya saat mengisi daya di charging station umum. "Lebih masuk akal untuk menggunakan paket baterai kecil yang lebih ringan tapi dapat mengisi daya lebih cepat secara signifikan daripada kemampuan isi baterai EV saat ini. Apalagi kalau pemiliknya hanya menggunakan di perkotaan dengan jarak tempuh harian cuma beberapa puluh kilometer," sebut Guyton.

Ia pun yakin, Mazda akan bergerak lebih maju untuk menciptakan kendaraan elektrifikasi dengan kemampuan charging lebih singkat. Targetnya yaitu sekitar 25 menit dari kondisi baterai kosong hingga full charge.

Baca juga: Teknologi e-Power di Nissan Kicks Jadi Solusi Hadapi Sulitnya Charging Station

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mazda CX 30 Touring

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia