Mazda MX-30 2021, SUV Listrik Pertama Mazda yang Punya Tampilan Berbeda

Enda · 28 Nov 2020 13:00

Mazda MX-30 2021

Diam-diam Mazda akan turut meramaikan kancah otomotif global dengan memasukan mobil listrik tahun depan.

Mazda MX-30 2021 ini akan masuk ke dalam segmen SUV kompak yang rencananya masuk pada musim semi mendatang.

Crossover elektrik Mazda yang kabarnya akan mengaspal tahun depan ini, menganut gaya desain KODO-Soul of Motion yang juga digunakan pada seluruh produk Mazda saat ini.

Penasaran ingin tahu sosok mobil listrik Mazda MX-30 2021 lebih dekat? Di bawah akan ada beberapa parameter mengenai Mazda MX-30 2021.

Tampilan Mazda MX-30 2021 terlihat atraktif dan minimalis?

Wajah Mazda MX-30 2021

Tidak seperti mobil-mobil SUV listrik saat ini yang menampilkan bentuk kaku berkat banyaknya penggunaan garis-garis tegas pada sisi eksterior. Mazda MX-30 2021 justru menyuguhkan tampilan yang sedikit berbeda.

SUV listrik garapan Mazda ini mendapatkan bentuk yang terlihat lebih sederhana, dengan lekukan minimalis, namun tetap mempertahankan kesan luxurynya.

Sebagai ikoniknya, gaya desain KODO-Soul of Motion bisa kalian temui di mobil ini. Khususnya pada sektor fascia, sistem pencahayaan Mazda MX-30 2021 sudah menganut Matriks LED yang sudah dilengkapi lampu adiptif.

Di mana dalam hal ini sorotan lampu akan mengikuti gerakan putaran pada stir dan pengaturan tinggi rendahnya cahaya otomatis. Sehingga visibilitas berkendara pada malam hari akan sangat terbantu. Tidak tertinggal, LED daytime running juga disematkan pada SUV listrik ini.

Pencahayaan sinyal untuk pengemudi di belakangnya, Mazda MX-30 2021 ditanami lampu berteknologi LED unik dan sporty, dengan bentuk yang seolah terinspirasi dari tungku kompor gas.

Masuk mobil ini terasa lebih mudah?

Pintu Mazda MX-30 2021

Minimnya pilar B, membuat gaya keluar - masuk ke dalam kabin menjadi lebih mudah. Mazda MX-30 2021 ini mengadopsi pintu bermodelkan kupu-kupu.

Selain ergononimis, tampilan dengan seperti ini meningkatkan kualitas gaya berkendara.

Pengaturan AC memakai model layar sentuh?

Pengaturan AC Maza MX-30 2021

Mazda MX-30 mendapatkan layar sentuh berukuran 7 inci untuk menjalankan beberapa fitur, salah satunya sebagai alat pengatur sistem pendingin udara atau AC.

Mazda MX-30 mendapat fitur jempolan?

Semua Mazda MX-30 dilengkapi dengan cluster lampu LED otomatis, wiper sensor hujan, sensor parkir depan dan belakang dengan kamera mundur, cruise control adaptif dengan bantuan kecepatan cerdas, navigasi satelit, dan head-up display.

Dashboard Mazda MX-30 2021

Ada juga layar driver warna TFT tujuh inci, layar sentuh warna konsol tengah tujuh inci untuk pengatur suhu dan, di atasnya, layar infotainment warna 8,8 inci dengan konektivitas smartphone lengkap Android Auto dan Apple CarPlay, kamera 360 derajat, dan sistem suara Bose 12-speaker.

Semuanya sangat jelas dan mudah digunakan - dengan dial dan tombol Multimedia Commander Mazda yang ditempatkan dengan mudah di antara pengemudi dan penumpang depan yang memberikan akses ke layar utama.

Fitur keselamatan dan keamanan sama-sama mengesankan dan termasuk driver attention alert,blind-spot monitoring with rear cross-traffic alert, smart emergency lane keeping dan braking functions.

Mazda MX-30 2021 Mendapatkan teknologi e-Skyactiv pertama?

e-Skyactiv Mazda MX-30 2021

Sebagai mobil listrik pertama Mazda, yang memerlukan daya listrik untuk dapat menggerakan motornya, Mazda MX-30 2021 ini berhasil disematkan teknologi terbaru e-Skyactiv.

Daya listriknya tersimpan pada baterai lithium-ion ringan 35.5kWh kemudian disalurkan ke motor listriknya untuk merilis tenaga hingga 145PS dan torsi 264 Nm. Selanjutnya putaran motor listrik diarahkan melalui transmisi otomatis untuk menggerakkan roda depannya.

Ketika dilakukan pengetesan, Mazda MX-30 mampu melesat hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 9,7 detik.

Melakukan pengisian daya listrik pada baterai di stasiun dengan kapasitas 50 kWh, hanya diperlukan waktu sekitar 45 menit saja. Jika pengisian dilakukan menggunakan wallbox 22 kW, baterai akan terisi penuh dalam kurun waktu 4,5 jam.

Meraih lima bintang dalam tahap pengujian Euro NCAP?

Mazda MX-30 2021 berhasil dianugerahi peringkat lima bintang oleh Euro NCAP dalam rangkaian tes terbaru. Skor yang diperoleh 91 persen dan 87 persen dalam kategori hunian dewasa dan anak masing-masing. Peringkat 91 persen adalah hasil perlindungan penumpang dewasa terbaik yang terdaftar di antara semua kendaraan yang diuji dalam tes Euro NCAP 2020 terbaru.

Euro NCAP Mazda MX-30 2021

Mencapai poin maksimum dalam uji dampak lateral, Mazda MX-30 2021 juga mencetak nilai penuh untuk kinerja uji tabrak berdasarkan anak-anak berusia enam dan sepuluh tahun untuk benturan frontal dan lateral. MX-30 2021 adalah Mazda pertama yang meraih peringkat bintang lima secara keseluruhan di bawah rezim peringkat kelayakan kecelakaan Euro NCAP 2020 yang lebih ketat. Pengujian tahun 2020 memperkenalkan pengujian baru untuk meningkatkan penilaian perlindungan penumpang dan perlindungan pasca-tabrakan, serta mempromosikan teknologi keselamatan aktif bantuan pengemudi tingkat lanjut.

Kesimpulan

Mazda MX-30 2021 merupakan SUV kompak bertenaga listrik dengan tampilan berbeda dibanding SUV listrik lainnya. Mazda MX-30 2021 juga dinobatkan sebagai mobil listrik pertama Mazda yang menganut teknologi e-Skyactiv.

Komentar

Mobil Terbaru