Mazda2 2021 Hadir dengan Mengusung SKYACTIV-X Terbaru, Usung Teknologi Rotary Canggih

Dhoni · 29 Mar, 2021 19:00

Rumor kehadiran Mazda2 versi 2021 akan hadir sesaat lagi, diprediksi muncul pada kuartal ketiga. Mazda2 kali ini akan mengusung mesin SKYACTIV-X 1.5 liter berkonfigurasi 3 silinder segaris. Mesin SKYAKTIV-X merupakan model terbaru dan pertama kali digunakan pada mobil buatan Mazda.

Mazda 2 2021 Hadir dengan Mengusung SKYACTIV-X Terbaru

Dari hasil lansiran Spyder7, kami memperoleh informasi Mazda2 untuk pasar global telah mengalami perubahan yang cukup besar. Terlebih pada sektor mesin yang kini mengusung SKYACTIV-X 1.5 liter berkonfigurasi 3 silinder segaris.

Mesin dengan teknologi ‘Mild Hybrid’ pada Mazda2 2021 dipersiapkan untuk dapat menyaingi Toyota New Yaris, Honda New Fit4 hingga Nissan New Note. Kemampuan mesin ini, diklaim cukup efisen dalam mengkonsumsi bahan bakar namun tetap memiliki tenaga.

Selain mesin SKYACTIV-X versi 1,5 liter 3 silinder segaris, kemungkinan besar Mazda juga tengah mengembangkan teknologi untuk mesin 2.0 liter berkonfigurasi 4 silinder segaris.

Dari kabar yang beredar, Mazda2 juga akan dilengkapi teknologi rotary yang melengkapi teknologi elektrikfikasi dari Mazda (PHV/48V MHV). Evolusi teknologi rotary direncanakan akan hadir pada 2 tahun mendatang. Mazda2 sebagai flagship diperkirakan bakal mengusung teknologi rotary range extender EV.

Mazda2 2021 Lebih Segar dan Sporty 

Selain mesin, Mazda2 2021 dari hasil rendering mengadopsi desain "soul movement" generasi terbaru. Penampilannya kini hadir lebih segar berkat penggunaan warna biru (light blue).

Tidak hanya warna, dikabarkan dimensi Mazda2 telah mengalami perubahan pada bagian jarak sumbu (wheelbase), tujuannya tentu memberikan ruang lebih besar pada Mazda2 generasi berikutnya.

Mazda 2 2021 Hadir dengan Mengusung SKYACTIV-X Terbaru

Perubahan tampilan dari hasil render, Mazda2 terlihat mengunakan gril depan yang seakan menyatu dengan lampu depan. Bahkan salah satu bagian dari gril seperti menembus ke bagian lampu tersebut. Disain yang memberikan efek dimensi depan menjadi lebih lebar.

Sementara di bagian lampu utama, sekilas seperti terdapat bola mata dengan teknologi LED. Tampilan ini membuat kesan sporty namun tetap manis karena perpaduan warna biru dibagian bodi.

Mazda2 di Indonesia, Hatchback Asia Taste Eropa

Mazda2 dengan teknologi SKYACTIV

Diperkirakan Mazda 2 versi 2021 akan hadir pada pertengahan hingga akhir tahun 2021. Untuk saat ini di Indonesia, Mazda2 dibanderol dari harga Rp289 juta hingga Rp308 juta diperkenalkan pada akhir 2019 oleh PT Mazda Motor Indonesia (MMI).

Untuk mesin Mazda2 yang saat ini beredar di Indonesia menggunakan mesin berkode MZR berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder DOHC 16 katub. Tenaga yang dihasilkan mencapai 110 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm diputaran 4.000 rpm.

Harga Mazda2 Rp289 juta hingga Rp308 juta

Untuk urusan keamanan, Mazda2 versi tahun 2020 telah mendapatkan pengakuan dari EURO NCAP dengan rate lima bintang. Teknologi SKYACTIV yang meliputi empat unsur mobil, meliputi mesin, rasio, sasis dan bodi mobil menjadi bekal dalam memberikan rasa aman hingga kenyamanan.

Kesimpulan

Dengan hadirnya Mazda2 2021 pada akhir tahun, persaingan di sedan hatchback dipastikan akan semakin memanas. Mazda2 harus siap menghadapi Honda City Hatchback hingga Toyota Yaris. Dengan teknologi SKYACTIV-X versi terbaru, sangat mungkin Mazda2 menjadi pilihan mereka yang mencari mobil sedan sporty namun tetap terlihat ‘manis’.

Komentar