window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman?

Franky · 25 Jul, 2020 10:00

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 01

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 02

Suzuki Ertiga terbaru masih menjawarai segmentasi pasar mobil MPV. Dibanderol dengan harga Rp 200 jutaan hingga Rp 250 jutaan membuat mobil New Suzuki semakin banyak digandrungi keluarga Indonesia. Sebanyak 23 ribu unit lebih terjual pada tahun 2019 saja. Tentu saja banyak faktor mengapa mobil ini bisa merebut hati para pembelinya, tapi apakah kepraktisan dari Suzuki Ertiga juga menjadi salah satu faktornya?

DAFTAR HARGA MOBIL SUZUKI ERTIGA TERBARU
MODEL HARGA
Suzuki Ertiga GA - MT Rp 205.000.000
Suzuki Ertiga GL - MT Rp 224.500.000
Suzuki Ertiga GL - AT Rp 235.000.000
Suzuki Ertiga GX - MT Rp 238.500.000
Suzuki Ertiga GX - AT Rp 249.000.000

Untuk membuktikan hal itu maka akan diulas kepraktisan dan kelapangan luas dari mobil Suzuki Ertiga terbaru ini. Tapi, sebelum melanjutkan ulasan ada baiknya kita membawa satu kompetitor untuk menjadi faktor pembanding. Faktor pembanding yang dipilih kali ini adalah Toyota Avanza.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pilihan Toyota Avanza sebagai kompetitor kali ini dirasa cukup tepat. Karena dimensi body dari kedua mobil bisa dibilang mirip. Belum lagi harganya yang tak begitu terlampau jauh. tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan. Jadi menurut kami Toyota Avanza adalah faktor pembanding yang baik untuk urusan kepraktisan dengan Suzuki Ertiga. Kami harap pula dengan adanya faktor pembanding ini mampu memberikan sudut pandang yang berbeda saat kita hendak memilih mobil untuk dibeli.

DAFTAR HARGA TOYOTA AVANZA TERBARU
MODEL HARGA
Toyota Avanza 1.3E M/T Rp. 200.150.000
Toyota Avanza 1.3E A/T Rp. 211.350.000
Toyota Avanza 1.3G M/T Rp. 218.000.000
Toyota Avanza 1.3G A/T Rp. 228.700.000
Toyota Avanza 1.5G M/T Rp. 230.300.000

Perbandingan Kelegaan dan Kepraktisan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza

Baik Suzuki Ertiga terbaru maupun Toyota Avanza merupakan raksasa MPV di Indonesia. Keduanya sama-sama menguasai pasar untuk segmen mobil tersebut. Bentukan kedua mobil pun juga serupa di beberapa sisi namun masih memiliki ciri khasnya masing-masing. Dilihat dari dimensi body pun keduanya memang diperuntukkan untuk bersaing.

Secara teknis, dimensi mobil dari keduanya sangatlah mirip. Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru didesain dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan untuk Toyota Avanza lahir dengan dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Dalam hal ini dimensi dari kedua mobil memiliki perbedaan yang sangat tipis. Meskipun Suzuki Ertiga memiliki rata-rata body yang lebih lebar, namun apakah mampu memberikan ruang kelegaan untuk sopir dan penumpang? Langsung saja kita buktikan.

Kelegaan & Kepraktisan Suzuki Ertiga

Walaupun hadir dengan beberapa model pilihan, namun Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga memiliki dimensi body yang sama. Terlepas dari harganya yang bervariatif pula, namun untuk urusan kelegaan tidak ada perbedaan. Konfigurasi kursi baris kedua dan ketiga yang bisa diatur untuk tambahan ruang memang membuat Suzuki Ertiga memiliki fitur kepraktisan yang cukup memuaskan.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 01

Tampilan eksterior dari Suzuki Ertiga

1. Ruang Kaki Suzuki Ertiga

Dari segi kelegaan mobil untuk ruang kaki, Suzuki terbaru mobil Suzuki Ertiga memberikan keluasan dan kelapangan bagi para penumpangnya. Pada baris pertama dan kedua penumpang dapat meregangkan kaki sehingga membuat perjalanan anda jauh lebih nyaman. Sayangnya untuk baris ketiga Suzuki Ertiga terbaru posisi kaki menjadi sedikit terhimpit. Tapi tidak terlalu membuat Anda sesak.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 02

Ilustrasi Suzuki Ertiga saat diisi oleh penumpang

2. Ruang Kepala Suzuki Ertiga

Dengan dimensi tinggi body yang cukup lega Suzuki Ertiga terbaru memberikan banyak ruang tersisa dari kepala ke atap interior mobil. Sudah dilengkapi dengan headrest yang nyaman hampir di seluruh kursi penumpang menambahkan kenyamanan selama perjalanan. Suzuki Ertiga walaupun diisi dengan kapasitas penuh, yaitu 7 orang, masih terasa sangat lapang.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 03

Ruang kepala yang lapang dengan headrest di seluruh jok kursinya

3. Kapasitas Bagasi Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga terbaru menawarkan ruang bagasi yang tak tanggung-tanggung. Memberikan ruang ekstra saat kursi di baris ketiga dilipat. Memang harus mengorbankan kapasitas penumpang menjadi 5 orang, namun ruang kapasitas Suzuki Ertiga mobil Suzuki Indonesia sangat ekstra. Saat kursi baris ketiga terpasang, bagasi hanya mampu menampung 153 liter. Saat kursi baris ketiga dilipat kapasitas tampung naik menjadi 550 liter.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 04

Luggage Tray dari Suzuki Ertiga menambahkan ruang untuk bagasi

Pengoperasian pelipatan jok belakang Suzuki Ertiga terbaru terbilang mudah. Kita hanya perlu menarik tuas yang berada di bahu jok. Sandaran akan terlipat rata dengan permukaan bagasi di belakang jok belakang, sehingga memudahkan dan memaksimalkan saat memuat barang bawaan.

Kelegaan dan Kepraktisan Toyota Avanza

Sama halnya dengan Suzuki Ertiga terbaru, Toyota Avanza merupakan mobil MPV idaman keluarga Indonesia. Mobil ini menjadi primadona sebab mampu menampung penumpang yang banyak dan tambahan barang-barang di bagasinya. Dimensi dari Toyota Avanza terbilang lebih kecil daripada Suzuki Ertiga terbaru. Bisakah Toyota Avanza menyaingi kelegaan dan kepraktisan dari Suzuki Ertiga? langsung saja kita bahas lebih dalam.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 05

Tampilan eksterior Toyota Avanza

1. Ruang Kaki Toyota Avanza

Walaupun dengan dimensi body lebih kecil bukan berarti Toyota Avanza harus mengorbankan kelegaan dari kabin interior. Ruang kaki dari Toyota Avanza terbaru sangatlah lega, lebih terlihat lapang dari Suzuki Ertiga terbaru. Karena faktor konfigurasi jok yang cenderung lebih tipis membuat memiliki lebih banyak ruang gerak.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 06

Ilustrasi kelegaan penumpang di kursi baris kedua

Sayangnya, ruang kaki untuk baris kursi ketiga tidaklah terlalu lega. Penumpang dengan badan yang cukup tinggi akan cukup kesulitan untuk duduk di barisan ini.

2. Ruang Kepala Toyota Avanza

Toyota Avanza memiliki kelegaan yang sangat baik untuk ruang kepala. Hampir diseluruh jok sudah tersedia headrest mulai dari jok supir sampai penumpang yang menambahkan kenyamanan selama perjalanan. Headroom atau ruang kepala pada mobil ini memiliki kelegaan lebih dari 5 jari, hal ini sangatlah baik untuk dimensi mobil yang lebih kecil dari pada Suzuki Ertiga terbaru.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 07

Headrest yang sudah tersedia di semua jok

3. Kapasitas Bagasi Toyota Avanza

Banyak pemilik Toyota Avanza merasa puas dengan ruang bagasi dari mobil ini. Sangat bisa diandalkan karena sangat luas dan lapang. Kursi baris kedua dan ketiga yang bisa dilipat tentu membuat kapasitas bagasi menjadi lebih besar. Sayangnya, banyak pula yang menyesalkan lipatan kursi ini karena mekanisme ini belum mampu terlipat sampai lantai. Apabila kursi mampu dilipat sampai lantai,tentu semakin banyak barang bawaan yang bisa ditampung oleh Toyota Avanza.

Melihat Kepraktisan dan Kelegaan Suzuki Ertiga Vs Toyota Avanza, Siapa yang Lebih Nyaman? 08

Tampilan bagasi Toyota Avanza

Kesimpulan

Mobil MPV tentu harus mengutamakan kepraktisan. Dari kedua mobil, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza, sudah mampu menjawab keinginan pasar. Dengan konfigurasi 7-seater yang nyaman dan lega serta mampu menampung barang bawaan yang banyak karena ruang bagasi yang sama-sama besar.

Memang layak apabila Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga menjadi raja MPV karena keduanya sama-sama praktis.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil