Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik?

Mark Jacob · 27 Mei, 2020 21:00

Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik? 01

Di kelas low MPV (LMPV) yang ada di Indonesia bisa dibilang memiliki persaingan yang cukup ketat. Setiap merek dengan produknya masing-masing berlomba-lomba untuk mendapatkan hati konsumen. Salah satu mobil keluarga yang cukup diminati di Indonesia adalah mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru. Keduanya merupakan rival terdekat dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Mitsubishi Xpander. Salah satu hal yang biasanya menjadi fokus konsumen adalah ruang kepraktisan.

Lalu, bagaimana ruang kepraktisan dari kedua mobil tersebut? Mana yang lebih baik antara mobilHonda Mobilio dan Suzuki Ertiga? Jika melihat dari ruang kepraktisan di bagian depan, Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru memiliki beberapa ruang kantung yang dapat digunakan untuk membawa barang. Mulai dari di bagian doortrim pintu, hingga dashboard bagian tengah Suzuki Ertiga terbaru terdapat ruang penyimpanan. Di bagian doortrim, ruang penyimpanan Ertiga ini bisa digunakan untuk membawa botol. Sedangkan di bagian tengah juga dapat membawa botol dan beberapa barang berukuran kecil.

Penumpang di baris kedua juga akan merasakan kenyamanan yang jauh lebih baik dibanding generasi yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan dimensi Suzuki Indonesia mobil Suzuki Ertiga generasi terbaru lebih panjang sedikit. Sehingga ruang kakinya pun akan lebih besar. Jok baris kedua Suzuki Indonesia ini juga dapat dimaju-mundurkan hingga 3 posisi. Tak hanya itu, sandaran punggung di baris kedua juga bisa di reclining untuk mendapatkan posisi ternyaman pada saat duduk.

Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik? 02

Jok baris ketiga enaknya saat ini bisa diatur recliningnya, sehingga akan lebih baik untuk memberikan kenyamanan pada orang dewasa. Di belakang jok baris ketiga, terdapat ruang penyimpanan yang bisa digunakan. Bagaimana untuk membawa barang? Jok baris kedua dan ketiga Suzuki Ertiga terbaru ini bisa dilipat, sehingga bisa memuat barang berukuran besar. Jika jok baris kedua dilipat, maka ruang penyimpanan mampu memuat porsi 60:40 sedangkan jok baris ketiga bisa membuat 50:50.

Hal ini jelas membuat pemilik Ertiga terbaru akan dengan mudah memasukkan barang berukuran besar ke dalam mobil tanpa merasa kesulitan. Setelah membahas kepraktisannya, Suzuki Ertiga yag merupakan mobil Suzuki terbaru juga dikenal memiliki suspensi yang sangat nyaman. Bantingan suspensi bagian depan dan belakang benar-benar terasa sangat lembut dan empuk. Penumpang di dalam mobil rasanya akan terbuai dengan kenyamanan yang diberikan oleh Suzuki Ertiga terbaru ini.

Ruang Kepraktisan Honda Mobilio

Bagaimana dengan mobil Honda Mobilio? Secara garis besar, memang tipikal mobil keluarga di Indonesia hampir sama. Mobil keluarga yang ada di Indonesia dilengkapi dengan banyaknya ruang. Salah satunya adalah cup holder. Cup holder dari mobil Honda Mobilio bisa dibilang cukup banyak. Hal tersebut dapat dilihat dari bagian tengah di atas tuas transmisi dan di setiap door trim pintu. Cup holder atau tempat penyimpanan botol biasanya dapat memuat 2 buah botol.

Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik? 03

Ruang kaki dan ruang kepala bagi pengemudi dan penumpang juga tak kalah apik. Ruang kakinya cukup luas untuk penumpang di depan hingga baris kedua. Sayangnya di baris ketiga ruang kakinya tidak terlalu baik. Karena hanya cukup untuk diisi oleh penumpang anak-anak saja. Bagasi dari Honda All New Mobilio juga tergolong besar jika jok baris ketiga dilipat. Sedangkan jika tidak dilipat, bisa memuat untuk menaruh beberapa tas berukuran sedang.

Jika Anda hanya ingin menggunakan kursi untuk duduk maka kedua kendaraan ini sangat fleksibel. Baris tengah jok pada mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga terbaru dapat meluncur ke depan dan belakang serta berbaring untuk memberikan posisi duduk yang lebih nyaman. Akses ke barisan belakang dengan tarikan satu tuas sederhana dan kursi akan terlipat atau miring di New Mobilio, atau setengah terlipat dan geser ke depan pada Ertiga. Kedua sistem bekerja dengan baik, tetapi New Mobilio lebih mudah mengakses kursi belakang.

Dari segi kenyamanan, baris belakang Suzuki Indonesia dengan tempat duduk bergaya bioskop yang paling nyaman, baris belakang mobil Honda Mobilio tidak cocok untuk orang yang besar karena lutut penumpang akan cenderung lebih menekuk, sehingga tidak akan nyaman untuk diduduki oleh orang dewasa berlama-lama di dalam mobil. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh dengan duduk di baris ketiga bagi orang dewasa.

Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik? 04

Interior

Jika dibandingkan, mobil Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga bisa dibilang sama-sama memiliki interior yang apik. Honda All New Mobilio menawarkan interior bergaya stylish, dan sporty. Sedangkan Suzuki Ertiga terbaru menawarkan interior dengan gaya mewah dan elegan. Pada mobil New Mobilio, interiornya diberi aksen warna silver, dengan bentuk lekukan yang indah pada dashboard. Sedangkan Suzuki Ertiga terbaru memiliki dashboard yang dipadukan dengan panel kayu sehingga memberikan kesan mewah dan elegan. Hal ini tentunya dikembalikan kepada selera masing-masing.

Jika ingin bergaya sporty dan stylish, bisa memilih Honda All New Mobilio. Sedangkan bagi mereka yang menginginkan kemewahan dan elegan, rasanya Suzuki Ertiga yang merupakan mobil Suzuki terbaru akan lebih cocok berkat adanya panel kayu. Panel kayu yang terdapat pada Suzuki Ertiga terbaru memang membuat mobil menjadi berkesan lebih mahal. Suzuki Ertiga sendiri memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan ground clearance dari mobil ini mencapai 180 mm. Jika melihat ukuran dimensi, Suzuki Ertiga terbaru memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi yang lebih dibanding dimensi Honda Mobilio.

Melihat Kepraktisan Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, Mana yang Terbaik? 05

Hal ini membuat kabin Suzuki Ertiga terbaru lebih lapang dan lega dibandingkan dengan mobil Honda Mobilio. Hanya saja, ground clearance Suzuki Ertiga terbaru lebih rendah 8 mm dibanding Honda All New Mobilio. Akan tetapi, kabin yang lebih luas tentunya akan lebih nyaman digunakan bersama dengan keluarga tercinta. Tak heran jika kenyamanan pada Suzuki Ertiga lebih baik ketimbang mobil Honda Mobilio.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Mobilio S MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru