Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS?

Enda · 18 Mei, 2021 12:00

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 01

Cherry Tiggo 8

Chery sempat angkat kaki dari Indonesia sejak 2011 karena dianggap memiliki kualitas produk yang dinilai tidak memenuhi standar yang sudah diterapkan di dalam negeri. Namun abrikan otomotif jenama China ini dikabarkan akan segera kembali meramaikan kancah otomotif Tanah Air.

Diprediksi masuk ke Tanah Air dalam waktu dekat, Chery Motors Indonesia diramalkan akan memboyong Chery Tiggo 8 sebagai Medium SUV 7-seater yang bakal berhadapan langsung dengan Wuling Almaz RS.

Penasaran ingin melihat Chery Tiggo 8 lebih dekat? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Dibekali WISE, Wuling Almaz RS Tawarkan Fitur Paling Menggoda di IIMS Hybrid 2021

Chery Tiggo 8 Punya Tampilan Luar yang Tak Kalah Atraktif Dari Wuling Almaz RS

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 02

Tampilan depan Chery Tiggo 8

Melihat tampilan depannya, Chery Tiggo 8 terlihat tak kalah atraktif dari calon pesaingnya, Wuling Almaz RS. Semua ini terbayar dengan diaplikasikannya lampu utama berteknologi LED projector dengan bentuk tajam tepat di bawah bonnetnya yang berotot.

Lampu utama dengan teknologi modern ini terlihat lebih dinamis dengan dikombinasikannya grille berukuran besar yang seolah terbagi menjadi dua bilah, dengan dibentangkannya aksen krom dari kedua sisinya tepat di bawah lampu utama.

Sedikit melihat ke bawah, kalian bisa menemukan bumper dengan lekukan garis tegas yang membuatnya terlihat lebih berotot. Pada housing fog lampnya yang besar, kalian juga akan menemukan lampu DRL LED yang memberikan kesan kemewahan selain meningkatkan visibilitas berkendara.

Sebagai ciri khas kendaraan SUV masa kini, under guard yang diletakan di bawah bumper juga terlihat begitu atraktif dengan bentuk kekar yang dilabur cat berwarna silver.

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 03

Bagian samping Chery Tiggo 8

Bergeser ke bagian sampingnya, menurut kami Chery Tiggo 8 ini terlihat biasa saja. Lekukan bulat di atas roda dengan diameter velg 18 inci yang dilapisi skema warna hitam gunmetal ini, pada bagian depan dan belakang berhasil dipadukan dengan over fender berwarna hitam yang terus dihubungkan dengan material yang sama persis di bawah pintu.

Untuk meningkatkan faktor keamanan sekaligus memberikan kesan kemewahan, side moulding berbahan dasar krom yang terletak diatasnya dibentuk mengikuti garis pada body.

Beranjak ke bagian buritan, Tiggo 8 ini terlihat seperti SUV masa kini pada umumnya. Pintu bagasinya dibuat membulat yang mana tidak hanya menampilkan kesan sporty dan atraktif saja. Pada stop lamp, kalian bisa menemukan lampu yang sudah menganut teknologi LED plasma terhubung dengan garnis ditengahnya untuk memberikan visibilitas terhadap pengemudi di belakang serta memberikan kesan prestisius.

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 04

Tampilan belakang Chery Tiggo 8

Bumper belakang Chery Tiggo 8 juga tidak kalah sporty. Semua ini berkat diaplikasikannya lampu reflektor yang disematkan pada housing berkelir hitam. Sebagai bentuk perlindungan, under guard berkelir silver pada bagian belakang mendominasi bagian bawahnya.

Terlihat Mewah, Interior Chery Tiggo 8 Juga Terkesan Lapang dan Sporty

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 05

Tampilan dashboard Chery Tiggo 8 terlihat begitu lapang

Merangsek ke bagian kabin Chery Tiggo 8, kalian secara langsung dapat merasakan material utama berbahan dasar kulit sintetis berwarna hitam yang dipadukan dengan sentuhan list merah serta putih yang menampilkan kesan sporty.

Saat duduk didalamnya, kalian dapat secara langsung merasakan kenyamanan dari mobil ini berkat dibentuknya jok model semi bucket. Dashboardnya sendiri dirancang sederhana namun tetap sporty dan ergonomis dengan tampilan mewah pada head unit layar sentuh 10,25 inci model floating yang dapat menampilkan visual kamera 360 derajat di tengah. Layar instrument panel pengemudi pun dibuat modern dengan tampilan digital kaya akan warna.

Baca juga: Beda Rp4,5 Juta, Ketahui Perbedaan Wuling Almaz RS Exclusive dan PRO Sebelum Membelinya!

Beragam pengaturan fitur mobil ini pun dibuat menyatu di consol tengahnya yang bagi kami sangat memberikan kemudahan ketika ingin menjalankan beragam fitur unggulan yang dimiliki. Pandangan mata penumpang ke luar menggunakan mobil ini pun semakin luas. Semua ini dikarenakan Chery Tiggo 8 berhasil disematkan panoramic sunroof yang membentang hingga baris kedua.

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 06

Panoramic sunroof Chery Tiggo 8 sampai dengan baris kedua

Di sisi lain, kalian tidak perlu khawatir akan kekurangan udara segar pada baris kedua hingga ke belakang. Pasalnya, pada konsol tengah terdapat double blower yang dapat menyalurkan udara segar hingga baris ketiganya. Apabila di tengah hanya diisi dua penumpang, kalian juga bisa memanfaatkan ketersediaan cup holder serta arm rest dengan menarik sandaran bagian tengah ke luar.

Oh iya, jika jok barisan ketiganya sementara waktu tidak diperlukan, kalian bisa melipatnya ke arah depan maka jok akan tersimpan rapi rata dengan lantai. Dengan baris ketiga terlipat, diharapkan kalian dapat membawa barang ruang dengan kapasitas volume 890 liter. Lebih dari 1.900 liter ruang tersedia ketika kalian melipat baris kedua.

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 07

Jok pada baris ketiga Chery Tiggo 8 dapat dilipat dan rata dengan lantai kabin

Ketika membuka dan menutup pintu bagasi, kalian tidak perlu merasa direpotkan. Pasalnya, Chery Tiggo 8 berhasil tersematkan power tailgate yang dapat berjalan secara otomatis. Keren!

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 08

Pengaturan jok pengemudi Chery Tiggo 8 dapat dilakukan diatur secara eletrik

Sebagai informasi, jok pengemudi memakai kursi yang dapat diatur secara elektronik. Pemanas jok juga dapat ditemukan untuk penumpang dan pengemudi, bagus untuk cuaca yang lebih dingin. Kalian juga mendapatkan kontrol iklim otomatis zona ganda yang dapat dioperasikan melalui panel sensitif sentuhan dengan knob untuk suhu dan kontrol blower. Pada lingkar kemudi juga mendapatkan tombol pengaturan untuk cruise control dan untuk melihat tampilan cluster pengukur digital, yang menampilkan visual sedikit besar.

Dengan adanya keyless entry, kalian tidak perlu repot membuka dan mengunci mobil. Kalian juga dapat menurunkan kaca mobil, membuka pintu belakang, atau bahkan menyalakan mesin. Dalam menyalakan mesin, kalian juga cukup menekan tombol start/stop engine tanpa perlu memasukan anak kunci.

Fitur Unggulan Chery Tiggo 8 Tidak Kalah Modern

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 09

Cherry Tiggo 8 dilengkapi dengan enam buah airbag

SUV 7-seater calon rival utama Wuling Almaz ini hadir dengan total enam airbag, satu untuk pengemudi dan penumpang depan, serta empat untuk samping. Mobil ini juga dilengkapi dengan electronic anti-theft system yang memastikan kendaraan tetap aman saat diparkir. Ini juga dipasangkan dengan engine immobilizer yang menambah keselamatan dan keamanan kendaraan.

Cherry Tiggo 8 juga dilengkapi dengan antarmuka ISOFIX yang memberikan titik jangkar untuk kursi pengaman anak. Fitur keselamatan lainnya, Tiggo 8 juga dilengkapi dengan ABS, EBD, electronic stability control program, Hill descent control, cruise control, front and reverse radar, lalu terdapat tire pressure monitoring system.

Jantung Pacu dan Strukur Rangka Chery Tiggo 8 Tidak Bisa Disepelekan

Melihat Lebih Dekat Chery Tiggo 8, Layak Jadi Pesaing Wuling Almaz RS? 10

Mesin 1.5L turbocharged berhasil disematkan pada Chery Tiggo 8

Sebagaimana informasi yang kami dapat, Chery Tiggo 8 menggunakan sasis bermodelkan unibody yang dilengkapi penyangga MacPherson di bagian depan dan sistem suspensi multi-link di bagian belakang. Mobil yang masuk dalam golongan C-SUV ini memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.858 mm, dan tinggi 1.746 mm dengan jarak sumbu roda total 2.710 mm.

Melihat jantung pacu yang digunakan, Chery Tiggo 8 berhasil dibenamkan mesin 1.5L turbocharged yang dapat menghasilkan tenaga 147 PS dengan torsi 210 Nm. Mengenai tingkat percepatannya, mesin yang digunakan tersebut dikawinkan dengan transmisi kopling ganda (DCT) 6-percepatan.

Pengaturannya mirip dengan power train Tiggo 7. Untuk dapat menggerakan mobil, tenaga dari mesin tersebut ditranslasi ke roda depannya. 

Kesimpulan

Chery Tiggo 8 merupakan SUV 7-seater dengan tampilan atraktif dan sporty pesaing dari Wuling Almaz RS yang digadang-gadang akan meramaikan kancah otomotif Tanah Air dalam waktu dekat melalui Chery Motors Indonesia. Melihat bentuk serta spesifikasi yang ditawarkan, menurut kami SUV asal Tiongkok ini juga tak kalah menarik dari SUV kebanggaan Wuling yang lebih dulu mengaspal di sini.

Jika benar-benar mengaspal, kalian lebih tertarik untuk memilih Chery Tiggo 8 atau tetap menjatuhkan pilihan pada Wuling Almaz RS?

Baca juga: Mobil China Chery Nggak Kapok Kembali ke Indonesia, Siapkan SUV Pesaing Toyota Fortuner

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru