Melihat Lebih Dekat Toyota New Fortuner yang Tembus Sampai Rp704 juta, Pajero Lebih Murah!

Bahar · 16 Okt 2020 11:00

Di waktu yang sama, PT Toyota Astra Motor juga mengenalkan varian terbaru Fortuner melalui channel Youtube Toyota Indonesia, Kamis (15/10). Mendapat julukan New Fortuner, secara keseluruhan ubahan yang didapat juga terbilang Minor Change.

Tetap mempertahankan DNA-nya, New Fortuner tidak hanya sekedar digunakan sebagai kendaraan off road. Kenyamanan dan keamanan juga dapat dipastikan meningkat. Mengingat, kerap kali Fortuner digunakan sebagai mobilitas sehari-hari di dalam kota.

“New Fortuner merupakan wujud komitmen Toyota untuk senantiasa mewujudkan Ever Better Cars yang juga didasari semangat Let’s Go Beyond. Sebuah kebanggaan bagi kami dapat mempersembahkan produk yang dibuat dan dipakai oleh bangsa Indonesia sendiri, bahkan juga digunakan oleh berbagai negara lainnya,” ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda.

Lalu ubahan apa yang diberikan Toyota terhadap New Fortuner? Dari pada penasaran simak terus ulasannya.

Tampilan luar New Fortuner terlihat lebih agresif

New Fortuner mampu memenuhi kebutuhan konsumen agar selalu tampil terdepan dari sisi style, disertai berbagai pengembangan dari sektor kenyamanan dan keamanan. Hal ini dilakukan untuk memberikan gaya berkendara yang semakin Fun to Drive.

Toyota melakukan ubahan pada eksterior New Fortuner agar tampil kian prestisius dan tangguh. Dengan begitu ubahan yang dilakukan meliputi, New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen krom pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, tapi varian TRD Sportivo mendapatkan dark garnish chrome.

Bergerak ke bagian samping, outer mirror seluruh model memakai kelir sewarna bodi. Sedangkan TRD Sportivo memakai kelir hitam.

Warna hitam juga dipakai pada step dan step cover TRD Sportivo dan tipe G, sedangkan New Fortuner tipe lainnya mengaplikasikan warna silver.

Di sektor lingkar roda, New Fortuner mendapatkan velg alloy berdimensi 18 inch dengan desain baru yang menguatkan kesan tangguh dan mewah di tipe TRD Sportivo.

Beranjak ke belekang, kalian bisa menemukan fitur Kick Sensor dan Power Back Door yang sebelumnya sudah ada di tipe TRD. Sekarang ini fitur tersebut dimanfaatkan juga oleh tipe SRZ dan VRZ. Tak tertinggal New LED Rear Lamp Combination memberikan siluet tampilan di malam hari yang advance dan classy.

Dengan begitu isyarat sinyal cahaya terhadap pengendara di belakang dapat terlihat dengan jelas.

New Fortuner juga memperoleh tambahan spoiler, termasuk backdoor garnish seluruh model disematkan warna chrome dan black chrome untuk TRD Sportivo.

Interior terkesan mewah dan futuristik

Merangsek ke bagian dalam New Fortuner, kalian bisa menemukan lapisan interior menggunakan bahan kulit hitam. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric dilabur dark grey.

New Fortuner tambah terlihat advance dengan penyematan New 4.2 Inch Meter Cluster Design, dilengkapi beberapa improvement seperti New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. Sentuhan modern pada area kokpit ini menguatkan excitement penggunanya.

Pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger (TRD & 4x4 VRZ) yang memberikan kemudahan dan kepraktisan pada penumpang. Di depan, Front Seat Power Adjuster (VRZ, SRZ & TRD) berguna untuk mengubah posisi duduk kedua bangku depan secara otomatis, Head unit with 9 Inch Screen Display dilengkapi fitur konektivitas Miracast (All Grade), Smartphone Connection & NFC (VRZ, SRZ, TRD) dan voice command.

Rear Seat Entertainment with Illumination (VRZ, SRZ & TRD), dan Electro Chromic Mirror sebagai fitur anti silau mengemudi di malam hari.

Saat ini uang elektronik semakin populer di Indonesia, mulai untuk membayar tol, parkir, hingga belanja di minimarket. Fortuner memberikan kemudahan dengan mengadopsi fitur Near Field Communication (NFC) di head unit. Dengan begitu, pengemudi dapat mengecek saldo setiap akan berkendara, termasuk fitur Bluetooth untuk memperkuat kemampuan konektivitas. Kecuali spion anti silau untuk semua varian, seluruh pembaruan hadir di varian SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo.

Beragam fitur terkini telah berhasil disematkan

Fortuner mengadopsi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD, VRZ, dan G untuk membuatnya semakin mudah dan nyaman dikendalikan. di berbagai tingkat kecepatan, termasuk ketika manuver di medan berat.

Tak mau tertinggal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stabilty Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC), Traction Control (TRC) terdapat di semua model.

Khusus tipe VRZ 4x4 memperoleh tambahan fitur Limited Slip Differential, sedangkan 7 Airbags terdapat di tipe VRZ 4x4 dan G 4x4 dan model lain ada Dual Airbags dan Knee Airbag.

Selain itu, Fortuner juga dilengkapi fitur safety baru yang dikemas dalam fitur Surround Monitor. Terdapat fitur Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.

Seluruh fitur tersebut akan memberikan peringatan dini pada pengemudi jika posisi Fortuner dinilai tidak aman saat menggunakan Surround Monitor.

Mesin masih sama

Mengingat Toyota New Fortuner hanya mendapatkan ubahan secara minor, maka mesin yang digunakan tetap sama. Dipersenjatai mesin bensin legendaris berkodekan 2TR-FE 4-silinder, 16 valve DOHC Dual VVT-i 2.694 cc, mesin ini mampu merilis tenaga 163 PS @3.400 Rpm di angka torsi 24.7 Kg.m @4.000 Rpm.

Sedangkan varian dieselnya ditanami mesin 2 GD FTV 4-silinder, 14 valve DOHC 2.393 cc. Dengan begitu tenaga yang dihasilkan sebesar 149.6 PS @3.400 Rpm torsinya mencapai 40.8 Kg.m @1.600-2.000 Rpm.

Masing-masing ditawarkan transmisi manual 6-percepatan dan otomatik 6-percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic.

Harga

Toyota New Fortuner untuk model 2021 setidaknya ditawarkan dalam delapan varian. Berikut daftar harga Toyota New Fortuner dilansir dari situs Toyota.astra.co.id

   
New Fortuner 4x2 2.4 G M/T Diesel Rp504.900.000
New Fortuner 4x2 2.4 G A/T Diesel Rp522.600.000
New Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T Diesel Rp553.400.000
New Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T Diesel TRD Rp568.000.000
New Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T Rp577.400.000
New Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T TRD Rp592.000.000
New Fortuner 4x4 2.4 G A/T Diesel Rp630.600.000
New Fortuner 4x4 2.4 SRZ A/T Diesel Rp704.500.000

 

Kesimpulan

Sewajarnya bila Toyota memberikan penyegaran terhadap Fortuner. Mengingat Fortuner terakhir kali mendapatkan ubahan pada 2016. Meski terbilang Minor Change, New Fortuner akan membawa banyak perubahan bagi konsumen di Tanah Air.

Secara tampilan, New Fortuner kini terlihat lebih futuristik dan sporty. Fitur yang ditambahkannya juga dirasa sangat mengerti konsumen. Bahkan beberapa fitur pendukung terbarunya digadang-gadang belum pernah dimiliki rivalnya sekalipun.

Wajar bila saat ini Toyota New Fortuner lebih mahal dibandingkan rivalnya, Mitsubishi Pajero. Bicara harga Mitsubishi Pajero kini lebih murah dari Toyota New Fortuner, yang mana SUV besutan tiga berlian ini dibandrol mulai dari Rp491.500.0000 – Rp702.000.000.

Komentar

Mobil Terbaru