Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1?

Enda · 19 Jun, 2020 10:00

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 01

Ketika berbicara kendaraan berbasis Multi Purpose Vehicle (MPV) pada umumnya, Toyota punya Avanza dan Innova sebagai produk unggulan. Namun saat membicarakan MPV premium di atas Rp1 miliar, Toyota memiliki salah satu produk yang sangat familiar di kancah otomotif nasional.

Bersama dengan Toyota Vellfire, Toyota Alphard hingga kini masih menjadi opsi bagi sebagian besar penikmat kendaraan jenis MPV berpenampilan mewah.

Toyota Alphard memiliki total 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Saudara Toyota Alphard yang juga merupakan mobil terkenal, yakni Toyota Vellfire.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard.

Generasi ketiga dari Toyota Alphard dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor, dengan menawarkan beragam kemewahan serta bentuk yang lebih modern dan atraktif. Asal kalian tahu, kendaraan sekelasnya di Tanah Air tidak hanya dimiliki Toyota saja.

Setidaknya Alphard memiliki pesaing yang masih eksis, dan menjadi alternatif bagi calon pembeli yang menginginkan MPV premium. Hyundai H-1 digadang-gadang sebagai rival utama Toyota Alphard.

Untuk melihat keunggulan spesifikasi dari keduanya, akan ada beberapa parameter dalam pembahasan kali ini. 

Tampilan luar, Toyota Alphard lebih memukau

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 01

Sebagai MPV premium, baik Toyota Alphard maupun Hyundai H-1 sama-sama menampilkan wujud kemewahan. Untuk tampilan depan, Toyota Alphard terbilang unggul dengan fascia yang terlihat lebih modern.

Sejak mendapatkan Facelift dua tahun lalu, Toyota Alphard 2020 menampilkan lampu utama dengan bentuk pipih, mengusung teknologi LED yang dilengkapi DRL.

Kedua lampu tersebut kini terlihat menyatu dengan gril yang membesar, berkelir hitam dikombinasikan aksen warna krom yang menjulang ke bawah.

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 02

Rivalnya, Hyundai H-1 ternyata juga mendapatkan penyegaran pada 2018 lalu. Kini Hyundai H-1 memiliki lampu utama sedikit mengecil dari generasi sebelumnya yang terlihat besar, dan menggunakan New Projector LED Head Lamp. Dengan begitu visibilitas pengemudi akan lebih jelas saat berkendara di malam hari. Meskipun begitu, tampilan depan Hyundai H-1 terlihat biasa-biasa saja tidak seagresif Toyota Alpard sekarang. 

Akan tetapi dibanding versi lawasnya, Hyundai H-1 kini terlihat lebih sporty dengan adanya bumper bawah yang dilapisi Garnish berwarna krom.

Jika membahas sisi samping antara keduanya, Toyota Alphard terlihat lebih menampilkan kemewahan, dengan dibentuknya pilar B menyinggung dari arah garis mobil.

Sedangkan sisi samping Hyundai H-1 terlihat biasa saja seperti generasi terdahulunya.

Pada buritan belakang, Toyota tampaknya tidak memberikan ubahan terhadap mobil Alphard. Dalam hal ini Alphard 2020 memiliki tampilan sama dengan generasi sebelumnya yang tetap memperlihatkan kesan kemewahan.

Bicara buritan Hyundai H-1, kini terlihat lebih mewah dan sporty dengan adanya ubahan desain bumper belakang dan  juga Stop Lamp menggunakan LED.

Tampilan dalam Toyota Alphard lagi-lagi lebih unggul

Saat masuk kedalam kabin Toyota Alphard 2020, kalian akan disuguhkan berbagai macam fitur kemewahan. Di MPV premium Toyota ini, kalian akan langsung menemukan interior yang dibalut warna krem dikombinasikan dengan Wood panel. Disisi lain, terdapat warna hitam dengan sentuhan aksesoris Wood panel untuk tipe teratasnya.

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 03

Menggunakan bahan terbaik, Captain Seat dibaris kedua Toyota Alphard 2020 bisa diatur secara elektrik. Selain itu pengaturan suhu dan audio bisa disetel melalui tombol yang ada di balik sandaran lengan.

Menilik suasana kabin Hyundai H-1 jika dibandingkan dengan Toyota Alpard, kesan mewah pada mobil ini seolah menghilang. Hal ini dikarenakan Hyundai tidak banyak memberikan kombinasi warna pada tampilan interior.

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 04

Namun begitu pengaturan jok baris kedua Hyundai H-1 sama dengan Toyota Alphard, bisa diatur secara elektrik. Kelebihan lainnya, jok baris kedua Hyundai H-1 bisa diputar 180 derajat, sehingga bisa saling berhadapan dengan penumpang di belakangnya.

Secara tampilan dalam diantara keduanya lagi-lagi Toyota Alphard 2020 lebih unggul, dengan lebih banyak menampilkan kesan kemewahan

Dapur pacu

Demi menyesuaikan bobot serta dimensi kendaraan, Toyota menawarkan dua varian mesin pada Alphard generasi ketiga Facelift ini.

Tipe G dan X dari Toyota Alphard 2020 ditanami mesin bensin berkubikasi 2.5L berkodekan 2AR-FE empat silinder segaris. Tenaga maksimal yang dihasilkan 180 Ps @6.000 Rpm diangka torsi 23,9 Kgm @4.100 Rpm. Dalam melakukan perpindahan percepatan, Toyota hanya menyediakan transmisi otomatis FF-2 WD CVT.

Sebagai varian teratasnya (Q), Toyota menawarkan mesin bensin 3.5L yang mampu melecutkan tenaga hingga 300 Ps @6.200 Rpm serta angka torsi maksimal mencapai 36,8 Kgm @4.700 Rpm. Untuk varian ini Toyota mengawinkannya dengan transmisi otomatik delapan percepatan.

Melihat Spesifikasi, Toyota Alphard Lebih Unggul Dari Hyundai H-1? 05

Berbeda dengan Toyota Alpard yang hanya ditawarkan mesin bensin saja, Hyundai H-1 memiliki dua opsi mesin, bensin dan diesel. Versi bensinnya berkubikasi 2.4L berkodekan Theta II 2,4 MPI yang menghasilkan tenaga 175 Ps @6.000 Rpm diangka torsi 23,2 Kgm @4.200 Rpm. Sedangkan varian dieselnya A2-2.5 CRDI - VGT mampu melecutkan tenaga mencapai 170 Ps @3.800 Rpm serta torsi maksimumnya mencapai 40 Kgm @2.000-2.500 Rpm.

Kesimpulan

Setelah menilik spesifikasi antara Toyota Alphard dengan Hyundai H-1 dari beberapa parameter di atas, dapat disimpulkan bahwa Toyota Alphard secara keseluruhan lebih baik dari rivalnya. Jika melihat harga yang ditawarkan pun, diantara keduanya berbanding jauh.

Sebagai perbandingan harga, Toyota Alphard 2020 dijual mulai dari Rp1.025.200.000 - Rp1.952.100.000. Sedangkan Hyundai H-1 2020 dibanderol mulai dari Rp505.500.000 - Rp618.500.000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru