Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021

Enda · 21 Apr, 2021 17:00

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 01

Daihatsu Rocky 2021

Pada medio Maret 2021, Daihatsu Rocky berselimutkan kamuflase tertangkap kamera sedang jalan-jalan di Bandung. Hal ini sebagai tanda awal bahwa SUV kompak terbaru Daihatsu ini akan segera meluncur secara resmi di Tanah Air.

Pemberitaan kehadiran Rocky di Indonesia semakin kuat setelah adanya informasi dari salah satu tenaga penjual PT Astra International dibilangan Jakarta Utara yang menyebutkan bahwasannya Rocky akan meluncur pada akhir bulan ini.

“Daihatsu Rocky 2021 akan meluncur 30 April 2021 yang akan berbarengan dengan Toyota Raize, sama seperti Avanza-Xenia atau Rush-Terios sebelumnya,” ujarnya melalui pesan singkat WhatsApp.

Sebelum meluncurkan Rocky, diketahui bahwa Daihatsu dan Toyota akan mengadakan acara secara virtual dengan tajuk ‘Toyota & Daihatsu Collaboration – Sinergi Untuk Negeri’ pada 28 April 2021. Di dalam undangan tersebut bertuliskan bahwa acara akan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube Toyota Indonesia dan Daihatsu Sahabatku, mulai pukul 11.00 – 11.30 WIB.

Berikut bocoran varian Daihatsu Rocky 2021 dan spesifikasi yang akan segera melantai di Indonesia.

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Umumkan Kolaborasi, Apakah Si Kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Siap Meluncur 28 April?

Tujuh Varian Daihatsu Rocky 2021

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 02

Tampilan depan Daihatsu Rocky 2021 (Foto: webcg.net)

Informasi yang didapat dari salah satu tenaga penjual menyebutkan bahwa Daihatsu Rocky akan hadir dengan tujuh varian.

  • 1.2 M MT
  • 1.2M CVT
  • 1.2 X MT
  • 1.2 X CVT
  • 1.0 R Turbocharged MT
  • 1.0 R Turbocharged CVT
  • 1.0 R Turbocharged CVT ASA (Advance Sistem Assist)

Di dalam fitur ASA (Advance Sistem Assist) yang terdapat pada varian teratas Daihatsu Rocky ini mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control dan Front Departure Alert.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Rocky 2021

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 03

Mesin Daihatsu Rocky 2021 (Foto: response.jp)

Seperti yang terlihat dalam daftar varian Daihatsu Rocky 2021, mobil ini akan mendapatkan dua pilihan mesin, 1.0L turbo dan 1.2L Naturally Aspirated (NA).

Dimana varian 1.000 cc nya ini menggunakan jantung pacu berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc, yang dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta torsi 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. Sebenarnya mesin 1KR yang digunakan Rocky ini sama seperti jantung mekanik Daihatsu Ayla 1.0L yang tanpa embel-embel ‘T’ untuk menunjukkan penggunaan turbo.

Begitu juga varian 1.200 cc nya, memakai jantung mekanik Sigra 1.2L dengan kode 3NR-VE 4-silinder naturally aspirated, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang mampu merilis tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi 107 Nm @4.200 rpm.

Transmisi CVT Untuk Daihatsu Rocky

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 04

Transmisi CVT Daihatsu Rocky 2021 (Foto: response.jp)

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Baca juga: Perodua Ativa Tampil Berbeda dari Daihatsu Rocky. Mana Yang Lebih Menarik Untuk Indonesia?

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT  bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Beberapa produk Daihatsu di Jepang yang sudah menggunakan transmisi model ini adalah Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Bicara mengenai Daihatsu Rocky yang segera meluncur di Indonesia, varian transmisi otomatisnya sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT atau yang dikenal D-CVT.

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 05

Transmisi CVT

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening. Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

Platform DNGA Pada Daihatsu Rocky 2021 Memberikan Perlindungan Berkendara

Meluncur Akhir April di Indonesia, Ini Bocoran Varian dan Spesifikasi Daihatsu Rocky 2021 06

DNGA Daihatsu Rocky 2021

Menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) untuk Rocky 2021, Daihatsu telah membuktikan dapat melindungi penumpangnya. Hal ini dibuktikan setelah menjalani pengujian hingga memperoleh rate lima bintang dalam dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid). Dengan platform DNGA yang disematkan pada SUV kompak terbaru Daihatsu ini, tentunya dapat memberikan perlindungan keselamatan berkendara yang lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Sebagai SUV kompak yang sudah lama dinanti-nanti, Daihatsu Rocky 2021 dipastikan meluncur pada akhir bulan ini dengan membawa gebrakan yang cukup besar. Saudara kembar Toyota Raize ini menurut prediksi kami akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp181 juta hingga Rp234 juta belum dipotong dengan diskon PPnBM.

Sebagai informasi, Rocky 2021 hadir dengan opsi dual tone (merah-hitam dan putih-hitam) serta sistem infotaiment berupa Head unit touchscreen 9 inci khusus untuk varian 1.0 R dan juga ada panel instrumen digital.

Baca juga: Punya Uang Rp250 Juta, Mending Beli Toyota Raize 2021 Atau Toyota Avanza 2021?

Komentar