window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Meluncur Hari Ini, Yamaha Aerox 2021 Jauh Lebih Keren dari Honda Vario 150 2020?

Yongki Sanjaya · 2 Nov, 2020 16:10

Meluncur Hari Ini, Yamaha Aerox 2021 Jauh Lebih Keren dari Honda Vario 150 2020? 01

Yamaha telah membocorkan rencana facelift untuk Aerox 2021 melalui Instagram

Yamaha Motor Indonesia Manufacturing (YIMM) beberapa waktu lalu telah merilis sebuah teaser yang diunggah lewat akun Instagram resminya @yamahaindonesia. Teaser tersebut menampilkan sosok motor baru yang meluncur hari ini. 

Siluet itu disinyalir adalah pola headlamp Yamaha Aerox terbaru. Hal ini diperkuat dari rumor kemunculan Aerox terbaru sudah merebak dalam beberapa bulan terakhir. Peluncurannya dilakukan secara online pada Senin (2/11).

Dilihat dari faktor usia, memang Aerox sudah harus melakukan upgrade. Sebab, Aerox sudah beredar sejak 2016 lalu. Sejumlah teknologi pada NMax pun ikut hadir pada Aerox generasi terbaru ini.

All New Yamaha Aerox 155 MY 2021 dijual dengan harga mulai 25,5 Juta rupiah OTR Jakarta. Ada beberapa perubahan yang signifikan di Aerox 155 V2  ini. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Penyegaran desain mencakup bentuk headlamp baru, Panel Speedometer baru, serta fitur Connected, Smartkey system, dan kapasitas bagasi yang luas. 

Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Minoru Morimoto, menegaskan tiga fokus perubahan pada motornya yaitu desain yang bagus, fitur yang berguna, dan mesin yang powerful. 

Mesin New Yamaha Aerox 2021 Makin Bertenaga

Meluncur Hari Ini, Yamaha Aerox 2021 Jauh Lebih Keren dari Honda Vario 150 2020? 01

Mesin VVA di Yamaha Aerox tenaga dan torsinya meningkat

Aspek fitur yang berguna yaitu kapasitas bahan bakar yang ditambah menjadi 5,5 liter. Tak luput, Yamaha menghadirkan mesin 155 cc dengan VVA untuk sumber tenaga yang lebih powerful. 

Mesin baru ini serupa dengan milik NMax, dimana milik New Aerox 2020 mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8.000 rpm serta torsi maksimum sebesar 13.9 Nm/6.500 rpm. 

Secara spesifikasi, tenaga yang meningkat 0,3 kW menjadikan All New Aerox 155 Connected memiliki performa dan Power to Weight Ratio (PWR) terbaik dikelasnya. Torsinya juga sedikit naik 0,1 Nm sehingga membuat akselerasi lebih baik. 

Mesin All New Aerox 155 Connected juga dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) sehingga starter motor menjadi halus. Fitur Stop and Start System (SSS) hadir juga yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.

Desain New Yamaha Aerox 2021 Maskulin Seperti Moge

Yamaha Aerox 2020 tetap memakai mesin 155 cc VVA namun kini tenaganya lebih besar

Yamaha Aerox 2020 tetap memakai mesin 155 cc VVA namun kini tenaganya lebih besar 

Yamaha mempertahankan postur bongsor dan garis body peninggalan era V1 pada Aerox 2021, namun dengan beberapa ubahan desain.  Aerox tetap mengusung DNA supersport concept dengan mempertahankan signature X shape di bodi bagian tengahnya.

Untuk versi 2021, sayap depan Aerox tampak lebih lebar karena efek desain baru headlamp. Kemudian terdapat ornamen semacam lubang angin ala fairing sport bike. Lampu depan masih tetap LED dengan alis DRL yang memanjang jadi salah satu ciri khasnya. 

Ukurannya sekarang membesar dengan sudut alisnya lancip ke sisi atas. Posisi lampu sein pindah ke sisi samping bawah fairing, mirip seperti NMax atau MX King. Desain lampu belakang juga lebih ramping dan ada aksen lancip seperti tanduk di tiap sudut atasnya. 

Bagian jok pada motor di desain lebar agar lebih nyaman saat berboncengan. Desain buntutnya jadinya ikut melebar, demikian juga dengan bagian spakbor belakang. Lagi-lagi, handle belakang dari plastik kembali tersedia di Aerox 155 V2 untuk memudahkan saat menggeser motor. 

Fitur Canggih Yamaha Aerox V2, Terkoneksi Ponsel

Speedometer digital di Aerox 2021 kini bisa terhubung dengan dengan Ponsel Via Yamaha App

Speedometer digital di Yamaha Aerox kini bisa terhubung dengan dengan Ponsel Via Yamaha App

All New Aerox 155 tipe Connected mengadopsi speedometer digital yang bisa terhubung dengan dengan Ponsel Via Yamaha App. Desainnya kini bergaya trapesium terbalik dengan pewarnaan ala negative LCD. 

Fitur ini memudahkan pengendara mendapatkan informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk di dashboard motor. Kita juga bisa mendapat informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir saat terhubung dengan aplikasi. 

Sistem pada motor akan memberikan rekomendasi perawatan berdasarkan kondisi aki dan oli. Kita juga menerima notifikasi malfungsi sampai dengan fitur Revs Dashboard yang menarik bagi pengguna. 

Aplikasi Y-Connect juga memiliki fitur Rank untuk berkompetisi dengan sesama pengguna CCU model (motor Yamaha yang memiliki fitur Y-Connect) dalam hal jarak tempuh maupun poin eco riding. Fitur ini ada unsur fun bagi pemilik ketika berkendara karena mereka dapat saling berkompetisi.

Yamaha Aerox 2021 Bukan Lawan Sepadan Honda Vario 150 2020

Meluncur Hari Ini, Yamaha Aerox 2021 Jauh Lebih Keren dari Honda Vario 150 2020? 04

Yamaha All New Aerox 2021 punya enam pilihan warna 

Salah satu hal yang jadi nilai lebih dari Aerox ialah tidak memiliki lawan sepadan dari merek lain. Rival terdekatnya hanyalah Honda Vario 150 yang secara spesifikasi sedikit tertinggal. Semestinya, lawan Aerox secara global yaitu Honda Air Blade tapi skuter itu tidak masuk Indonesia. 

Honda Vario 150 dipersiapkan sebagai skutik flatdeck performa tinggi dengan mesin 150cc. Mesin 150 cc milik Vario hanya menghasilkan tenaga maksimum 9.7 kW (13.1 PS)/8500 rpm dan torsi 13,4 Nm/5.000 rpm. 

Tenaganya selisih 1,6 kW dibandingkan Aerox. Itulah mengapa, Honda Vario 150 cuma dapat mencapai top speed 105 km/jam. 

Honda Vario 150 lebih fokus sebagai skuter harian yang hadir dengan bagasi luas 18 liter. Ukuran ban juga cukup besar, depan 90/80 dan belakang 100/80 untuk kenyamanan dan kemudahan bermanuver.

Sistem pengereman Vario 150 berupa Wavy Disc Brake berukuran 190mm dan semakin optimal dengan teknologi Combi Brake System (CBS). Untuk Aerox 2021 sudah memiliki fitur ABS yang terdapat di roda depan. 

Perbandingan Harga Honda Vario 150 2020 dengan Aerox 2021

Meluncur Hari Ini, Yamaha Aerox 2021 Jauh Lebih Keren dari Honda Vario 150 2020? 05

Secara konsep, Honda Vario 150 dengan Yamaha Aerox sedikit berbeda. Vario menjadi skutik komuter yang mengutamakan aspek fungsional. Itulah mengapa Vario 150 memiliki desain flat deck. 

Adapun Yamaha Aerox menjadi skutik dengan konsep high performance. Desainnya bongsor dengan mesin VVA bertenaga besar. Dek tengahnya pun bukan flat deck sebagaimana Vario 150.

Namun secara harga, kedua model ini selisihnya sangat sedikit. Memang, Aerox lebih mahal daripada Vario 150 tapi bedanya tidak signifikan. 

Harga Honda Vario 150 2020

  • Vario 150 Exclusive Rp. 24.150.000
  • Vario 150 Exclusive Matte Black Rp. 24.300.000
  • Vario 150 Sporty Series Rp. 24.300.000

Harga Yamaha Aerox 2021

  • All New Aerox 155 Connected/ABS Rp 29.000.000
  • All New Aerox 155 Connected Rp 25.500.000.

Kesimpulan

Aerox berhasil menyajikan segmen baru skutik sport yang sebelumnya tidak pernah ada di Indonesia. Motor buatan Yamaha Indonesia ini menyajikan performa mesin bertenaga besar dengan style motor yang agresif.

Sebelumnya, Yamaha hanya mengandalkan NMax untuk skutik premium 150 cc. Adanya Aerox ini cukup memberi perlawanan dan alternatif menarik di segmen skutik 150 cc yang dahulu dikuasai oleh Vario 150.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });