Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM?

Anissa · 17 Okt, 2020 12:15

Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM? 01

Honda City di Indonesia merupakan salah satu mobil yang dianggap memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi, terutama di segmen sedan B-class. Mobil ini sudah cukup lama berada di Indonesia, dan sayangnya hingga saat ini belum mendapat penyegaran. 

Belum lama ini, Honda meluncurkan generasi terbaru dari mobil ini yang disebut dengan All New Honda City 2020. Mobil ini baru diluncurkan di Thailand, dan pada tanggal 13 Oktober 2020 lalu, Honda City yang sudah mendapat berbagai penyegaran ini juga dirilis di Malaysia. 

Jika masuk ke Indonesia, mobil ini akan berhadapan langsung dengan salah satu pesaingnya dari segmen yang sama, yakni Toyota Corolla Altis. Mobil yang juga merupakan pabrikan Jepang ini saat ini dianggap sebagai mobil sedan B-class yang paling efisien bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Lalu mana di antara kedua mobil ini yang lebih efisien bahan bakar? Kali ini kita akan bahas mengenai mesin dan efisiensi bahan bakar Honda City dan Toyota Corolla Altis, kemudian kita bandingkan, mana di antara kedua model ini yang lebih irit?

Perbandingan Mesin Honda City dan Toyota Corolla Altis

Keterangan Mesin Honda City Mesin Toyota Corolla Altis
Tipe Mesin 3 silinder turbo with variable valve timing 4 Silinder 2ZR-FE, DOHC, Multipoint Injection, Dual VVT-i
Kapasitas 1.0 L (988 cc) 1,8 Liter (1798 cc)
Power Output 123 PS / 5.500 rpm 140 PS / 6.400 rpm
Torsi 173 Nm / 2.000-4.500 rpm 171 Nm / 4.000 rpm
Transmisi Automatic CVT Automatic CVT 7 Percepatan
Sistem Penggerak Front Wheel Drive Front Wheel Drive
Kapasitas Tangki 40 Liter 50 Liter

Jika kita bandingkan dari mesinnya, bisa langsung kita lihat bahwa mesin yang digunakan oleh Toyota Corolla Altis spesifikasinya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Honda City generasi terbaru. Honda City menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1,0 liter atau 988 cc yang dilengkapi dengan turbo, sementara Toyota Corolla Altis menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1,8 liter atau 1.798 cc.

Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM? 01

Meskipun kapasitas mesinnya berbeda jauh, tetapi ternyata tenaga yang dihasilkan oleh kedua mobil ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Dengan mesinnya, Honda City 2020 bisa menghasilkan tenaga sebesar 123 PS pada putaran mesin 5.500 rpm, sementara Toyota Corolla Altis bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 PS pada putaran mesin 6.400 rpm. 

Soal torsi, Honda City 2020 bahkan memiliki torsi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya tersebut. Mobil sedan ini bisa menghasilkan torsi sebesar 173 Nm yang dicapai pada putaran mesin 2.000-4.500 rpm, sementara pesaingnya hanya bisa menghasilkan torsi sebesar 171 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Perbandingan Konsumsi BBM Honda City dan Toyota Corolla Altis 

Honda City memang terkenal sebagai mobil yang bertenaga, tetapi tetap irit bahan bakar. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Thailand pada tahun 2019 dengan menggendong mesin turbo yang bertenaga, tetapi juga memiliki efisiensi BBM yang tinggi. 

Sementara itu, pesaingnya, Toyota Corolla Altis juga telah diakui sebagai salah satu mobil sedan yang yang juga unggul dalam hal efisiensi bahan bakarnya. Tetapi mana di antara kedua mobil ini yang lebih hemat bahan bakar?

Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM? 02

Meskipun Honda City generasi terbaru belum hadir di Indonesia, tetapi hasil test drive yang dilakukan di beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia bisa dijadikan acuan dalam menunjukkan konsumsi bahan bakar dari mobil ini. Dengan kapasitas tangki bensin 40 liter, pengguna Honda City tidak perlu khawatir harus terlalu sering mengisi bensin ketika bepergian jauh. 

Tidak hanya kapasitas tangkinya yang besar, Honda City 2020 ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup tinggi. Berdasarkan test drive yang dilakukan di Thailand, mobil ini bisa menempuh jarak sekitar 23,8 km dengan satu liter bensinnya. Hal ini mungkin akan memiliki hasil yang berbeda jika dilakukan di Indonesia, terlebih di Jakarta, tetapi hal ini tetap menunjukkan bahwa mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM? 03

Berbeda dengan Honda City, jika bicara soal tangki bensinnya, sebenarnya Toyota Corolla Altis memiliki kapasitas tangki yang lebih besar, yakni 50 liter. Kendati digadang-gadang sebagai salah satu mobil yang juga efisien konsumsi bahan bakarnya, mobil ini hanya bisa menempuh jarak sejauh 18 km/liter. Angka ini tentu tidak buruk mengingat jalanan di Indonesia yang cukup padat.

Kesimpulan

Setelah membandingkan mesin dan efisiensi bahan bakar yang dimiliki oleh Honda City 2020 dan Toyota Corolla Altis, bisa diketahui keduanya sebenarnya memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Keduanya juga dilengkapi dengan transmisi CVT yang dikenal membuat mesin lebih hemat bahan bakar.

Membandingkan Honda City dan Toyota Corolla Altis, Mana Yang Lebih Irit BBM? 04

Tetapi setelah membandingkan konsumsi bahan bakarnya, ternyata Honda City 2020 tetap lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Corolla Altis. Walaupun harus diakui bahwa Toyota Corolla Altis pun memiliki efisiensi bahan bakar yang sama sekali tidak buruk. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru