window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa

Yongki Sanjaya · 8 Jun, 2020 12:00

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 01

Daihatsu menghadirkan New Sirion sebagai kendaraan untuk kaum muda yang hidup di perkotaan. Di balik dimensi mobil yang mungil, mobil Daihatsu Sirion terbaru memiliki interior yang ergonomis dan dimensi yang lebih lega daripada city car pada umumnya. 

Saat masuk ke kabin New Sirion, penumpang dengan berpostur mencapai 170 cm saat duduk di baris belakang juga tak terasa sempit. Bahkan, lutut pun tak sampai menyentuh alias mentok ke jok depan.

Sebab mobil Daihatsu Sirion di generasi ketiga sudah lumayan lega, karena dimensi keseluruhan New Sirion yang lebih panjang 19 cm, lebar bertambah 7 cm, dan posturnya lebih rendah 2 cm. Artinya, kabin mobil Sirion pun jadi membesar secara keseluruhan sehingga memperluas ruang penumpang sekaligus bagasinya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 01

Keleluasaan kabin mobil Daihatsu Sirion pun jelas unggul bila dibandingkan dengan mobil Suzuki Ignis atau Honda Brio terbaru, karena kapasitas bagasi mobil Sirion lebih lega. Dibandingkan dengan mobil Ignis maupun Honda Brio baru, kalian akan lebih mudah menyimpan banyak barang bawaan di dalam mobil.

Mobil Daihatsu Sirion memiliki 2 varian saja. Harga Daihatsu Sirion berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 214 jutaan. Ini merupakan harga Daihatsu Sirion di tahun 2020. Ada juga mobil Daihatsu Terios yang merupakan saudara mobil Daihatsu Sirion ini memiliki total 7 varian. All New Terios berkisar dari Rp 212 juta hingga Rp 265 jutaan. Ini merupakan harga mobil Terios baru di tahun 2020. Mobil Terios baru memiliki kembaran yang berasal dari induk yang berbeda, yakni Toyota Rush.

Daihatsu sengaja memposisikan New Sirion berada di antara city car dan hatchback. Tujuannya adalah bisa meraup dua segmen konsumen sekaligus. Untuk itu, New Sirion dirancang dengan dimensi mendekati hatchback dengan harga city car.

Kabin Modern ala Daihatsu Sirion

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 02

Duduk di kursi depan, kita disuguhkan layout dasbor pada mobil Daihatsu Sirion modern dan fungsional. Posisi duduk di kursi pengemudi juga cukup ideal untuk orang berpostur besar. 

Sayangnya, kenyamanan mengemudi tidak optimal karena posisi setir hanya dapat diatur naik dan turun saja. Bukan cuma ergonomis, kabin mobil Sirion juga cukup besar area bagasinya. 

Pada New Sirion, terdapat penambahan aero kit dan side stone guard baru, menjadikan eksterior mobil Sirion lebih fresh. Pada bemper depan dipasangi spoiler, dan side skirt dua warna pada sisi samping. 

Fitur hiburan kini dilengkapi dengan head unit yang lebih besar dan fitur yang lebih canggih seperti Mirror Link. Patut disayangkan, fitur yang ada pada New Sirion tidak mengalami banyak pertambahan dari edisi sebelumnya.

Honda Brio RS Lawan Tangguh Daihatsu Sirion

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 03

Honda sejak lama dikenal sebagai pabrikan mobil yang piawai merancang kabin lega. Brio RS generasi kedua menjadi lawan sepadan bagi Daihatsu Sirion soal kabin yang lega. 

All-new Brio dikembangkan di bawah konsep utama “Proud Over Class”. Tim R&D Honda mengembangkannya sebagai mobil yang diposisikan satu level di atas kelasnya. Honda Brio generasi ke-2 dikembangkan sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil.

Pada generasi kedua, Honda Brio RS terbaru memiliki kabin yang lebih luas karena wheelbase bertambah 60 mm. Wheelbase yang telah diperpanjang ditujukan untuk menambah ruang di kursi belakang. 

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 04

Selain itu, ruang bagasi Honda Brio baru diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar. Bagasi tersebut lantas dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

Interior Honda Brio Lebih Ceria 

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 05

Dengan membidik target di kalangan anak muda, Honda merancang interior Brio RS terbaru dengan kombinasi warna hitam dengan aksen oranye. Interiornya dirancang untuk memberikan kesan sporty, canggih dan aktif.

Dengan menggunakan kombinasi warna beige yang cerah dengan warna hitam yang kuat, warna interior All-new Honda Brio memberikan rasa nyaman bagi penumpangnya. 

Sedangkan dekorasi berwarna silver (untuk grade E) dengan interior hitam memberikan kesan premium dan berkualitas tinggi. Pengemudi Honda Brio RS baru juga mendapat visibilitas yang lebih besar.

Beda Fitur Honda Brio RS dan Brio Satya

Membandingkan Keleluasaan Kabin Daihatsu Sirion, Lebih Lega Dari City Car Biasa 06

Honda Brio hadir dalam dua varian yaitu RS dan Satya. Untuk varian terakhir ini ditujukan untuk mengisi segmen LCGC dan pastinya harga yang ditawarkan lebih terjangkau. 

Di sisi lain, Brio Satya juga fiturnya berbeda dari Brio RS untuk mengejar harga supaya murah. Berikut ini deretan fitur yang ada di Brio Satya dan Brio RS terbaru. 

Brio Satya: 2DIN, USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD-Player, Aux-in, Compatible w/ steering switch (E grade), Bluetooth (NEW), Hands Free Telephone (NEW).

Brio RS : Layar 6.2” (Resistive), USB Port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone/iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, Compatible w/ Steering Switch, AUX-IN (NEW), Bluetooth (NEW), Hands Free Telephone (NEW)

Terkait harga, harga Honda Brio terbaru dari varian terendah hingga teratas berbeda-beda. Harga Honda Brio terbaru 2020 berkisar dari Rp 148 juta hingga Rp 202 jutaan. Sekilas info saja, Honda Brio terbaru hanya memiliki 5 varian saja.

Gimana? Pilih mobil Daihatsu Sirion atau Honda Brio terbaru? Keduanya memiliki spesifikasi dan harga yang lumayan ok. Di tambah dengan penampilan yang cukup menarik. Namun, itu semua tergantung selera masing-masing orang dalam memilih mobil.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil