window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Membandingkan Kepraktisan Kabin Toyota Vios dan Honda City

Alex · 15 Jun, 2020 08:00

Membandingkan Kepraktisan Kabin Toyota Vios dan Honda City 01

Toyota Vios sebagai small sedan dengan harga termurah di angka Rp 321 jutaan hingga yang termahal Rp 343,6 jutaan tentu banyak diharapkan kepraktisan di dalam kabinnya. Ini merupakan harga Vios di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga Toyota Vios 2019. Mobil Toyota Vios tersedia dalam 3 varian. Walau nyatanya spesies sedan sudah berangsur tak lebih populer dibanding SUV maupun MPV, namun Vios tetap oke dijadikan pilihan sebagai mobil sehari-hari.

Pasalnya kembali lagi pada pertimbangan kepraktisan tadi. Kabinnya yang akomodatif masih oke untuk mendukung kepraktisan selama perjalanan.

Namun jangan buru-buru menyimpulkan kabin Vios unggul dari sisi kepraktisan maupun kelegaan. Sebab untuk menyimpulkannya kita wajib membandingkannya dengan kompetitor Toyota All New Limo Vios.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan harga kedua sedan ini memang cukup menarik. Namun mobil sedan Vios unggul dari sisi jumlah varian, sebab Honda City 2020 hanya disodorkan dalam satu varian saja seharga Rp 352,6 juta. Angka tersebut tentu lebih mahal dari Toyota All New Limo Vios tipe tertinggi sekalipun yang hanya Rp 343,6 jutaan.

Tidak hanya mobil barunya saja, bahkan Honda City bekas atau  sering dikatakan sebagai Honda City second pun banyak peminatnya. Misalnya saja Honda City Z 2000 bekas dan Honda City Vtec 2010 yang dijual dengan harga bervarian tergantung dengan kondisi mobilnya. Anda bisa mencari di Honda City Olx yang merupakan salah satu situs penjualan mobil bekas, dimana anda akan mendapatkan harga Honda City Z 2000 dan Honda City 2010 yang bervarian.

Head to Head Kabin Toyota Vios dan Honda City

Membandingkan Kepraktisan Kabin Toyota Vios dan Honda City 01

Dalam membandingkan Vios, tentu kompetitor yang perlu kita cari adalah Honda City. Sedan berlogo H itu sejauh ini bisa dibilang menjadi satu-satunya sedan yang head to head dengan Toyota Vios. Bahkan bisa dibilang segmen small sedan di Indonesia saat ini hanya diisi oleh dua pemain tersebut, Toyota Vios dan Honda City 2020.

Hal itu dikarenakan besaran pajak mobil jenis sedan yang tak berpihak pada unsur ekonomis. Penggemarnya pun banyak yang pindah hati ke SUV atau MPV.

Komparasi Bangku Depan

Well, kembali ke komparasi kepraktisan Vios dan City. Pada sektor bangku depan, kepraktisan dihadirkan Toyota dengan adanya glove box di antara penumpang depan dan pengemudi.

Sayangnya pada glove box milik Vios tersebut ukurannya sangat kecil, sepertinya hanya cocok untuk menyimpan handphone. Sedangkan cara Honda menyajikan kepraktisan di depan cukup menarik.

Selain menyediakan glove box dengan ukuran yang kurang lebih dengan milik Vios, pada Honda City 2020 juga tersedia dua cup holder di depan konsol. Dengan demikian Anda bisa dengan mudah membawa botol atau kaleng minuman dengan ditopang secara baik.

Bahkan di kedua pintu depan juga tersedia satu buah cup holder. Jadi secara total pada kabin depan Honda City tersedia empat titik cup holder.

Komparasi Bangku Belakang

Lanjut ke bagian belakang. Sangat menarik untuk membandingkan kedua small sedan ini di sektor bangku penumpang belakang. Sebab bisa dikatakan nyaris seimbang.

Dari segi kelegaan, keduanya masih sangat akomodatif untuk diduduki orang dewasa dengan postur jangkung. Baik leg room maupun head room masih tergolong lega untuk ukuran sedan.

Membandingkan Kepraktisan Kabin Toyota Vios dan Honda City 02

Pada Honda City bangku belakang tidak bisa dilakukan penyetelan kemiringan sandaran dari dalam. Namun jika Anda mau sedikit repot, maka penyetelan sandaran bisa dilakukan dengan membuka bagasi dan mengaturnya pakai tuas pelipat bangku.

Sedangkan pada Toyota Vios penyetelan malah tak bisa dilakukan sama sekali. Kendati demikian, secara default kedua bangku belakang small sedan ini terasa nyaman diduduki - tidak terlalu tegak dan tidak terlalu rebah.

Nyaris Seimbang

Untuk menghadirkan kepraktisan, Vios dan City punya arm rest lipat di bagian tengah. Saat tidak diduduki penumpang tengah dan arm rest tersebut terbuka, tersedia dua cup holder.

Keduanya juga sama-sama sudah tersedia ISOFIX. Anda tinggal menyediakan booster seat sendiri dan mengaitkan pada ISOFIX di Vios maupun City.

Membandingkan Kepraktisan Kabin Toyota Vios dan Honda City 03

Secara keseluruhan, dari segi kelegaan kabin dan kepraktisan, keduanya harus dikatakan seimbang. Namun ada satu hal lagi yang bisa menjadi penentu keputusan Anda dalam memilih, yakni nuansa kabin.

Vios menggunakan pembungkus interior warna cerah. Nuansa mewah dan lapang langsung tercipta pada kabin Vios, namun dengan warna cerah justru membuat kabin lebih cepat terlihat kotor.

Sedangkan Honda memilih membungkus interior Honda City 2020 dengan warna gelap yang cenderung tidak tampak mudah kotor. Kabin City juga cenderung beraura sporty.

Pilihan di tangan Anda.

Ringkasan

  • Nuansa kabin sedan Vios lebih cenderung elegan
  • Honda City 2020 memberikan nuansa sporty pada kabin dengan warna gelap
  • Kabin belakang sedan Vios tertinggal sedikit dalam urasan kepraktisan
  • Kursi belakang sedan City yang bisa dilipat dari bagasi jadi keunggulannya
  • Dari sisi kelengkapan keselamatan, keduanya seimbang
  • Harga Vios unggul kerena lebih murah dari City

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil