window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya?

Nussa · 3 Sep, 2022 08:08

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 01

  • Biaya servis Daihatsu Ayla masih cukup terjangkau.
  • Perawatan mobil ini dianjurkan ke bengkel resmi Daihatsu.
  • Masuk kategori LCGC, harga Daihatsu Ayla 2022 mulai dari Rp110 juta.

Mobil di kelas Low Cost Green Car (LCGC) jadi salah satu yang paling laris di Indonesia, termasuk diantaranya adalah Daihatsu Ayla. Mobil tersebut juga banyak dipilih karena dinilai memiliki efisiensi atau konsumsi BBM yang baik. Selain itu banderolnya juga terjangkau.

Dengan harga murah dan konsumsi BBM yang efisien, Daihatsu Ayla menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar Daihatsu di Indonesia. Tak sedikit orang yang memilih mobil ini sebagai kendaraan hariannya.

Selain kedua hal tersebut, ternyata biaya perawatan atau biaya servis Daihatsu Ayla juga masih ramah di kantong konsumen.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedikit Sejarah Daihatsu Ayla

Menilik sedikit sejarah Daihatsu Ayla, mobil ini pertama kali dipasarkan pada tahun 2013 lalu. Sudah hampir satu dekade mobil ini berada di pasaran dan masih terus eksis di dunia otomotif roda empat di Indonesia. Pihak Daihatsu juga terus melakukan penyegaran dan penyempurnaan hingga sekarang.

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 01

Daihatsu Ayla, pelopor segmen LCGC di Indonesia

Hingga tahun 2022, terhitung sudah dua kali revisi dilakukan oleh Daihatsu pada Ayla. Generasi pertama Daihatsu Ayla dibekali dengan mesin 3 silinder yang memiliki kapasitas 1.000 cc. Mesin tersebut memiliki kode 1KER-DE. Meski baru meluncur, mobil yang diproduksi di Indonesia ini sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 84 persen. Selain itu, konsumsi BBM yang dihasilkan juga sangat irit, yakni 20 kilometer per liter.

Saat baru diluncurkan, Daihatsu membanderol Ayla mulai dari Rp76 jutaan untuk trim yang paling murah, yakni tipe D. Tipe ini masih dipasarkan juga sampai sekarang dengan kelengkapan yang sangat standar, yaitu tanpa AC, tanpa power steering, dan tanpa power window. Meski terkesan minim fitur, tapi peminatnya masih ada sampai sekarang. Sedangkan untuk tipe tertingginya, X AT, dipasarkan di angka Rp107 jutaan.

Pada tahun 2017, lahir generasi kedua Daihatsu Ayla. Tampilannya lebih modern dengan bagian depan lebih bergaya dan sudah dibekali lampu depan proyektor. Lampunya juga sudah terintegrasi dengan daytime running light (DRL) berteknologi LED. Untuk bagian interior, dibuat lebih bernuansa sporty sehingga lebih menarik.

Baca juga: Penjualannya 3 Kali Lipat Lebih Banyak, Honda Brio Satya Bikin Agya-Ayla Tak Berkutik

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 02

Interior Daihatsu Ayla generasi kedua

Perangkat hiburan juga disempurnakan dengan audio 2 DIN layar sentuh, serta tombol audio pada setir kemudinya. Untuk meningkatkan sistem keamanan, Daihatsu juga menyematkan Immobilizer.

Lalu, pada generasi kedua juga sektor mesin turut mengalami peningkatan. Untuk pertama kalinya, Daihatsu Ayla dibekali dengan pilihan mesin yang lebih bertenaga, yakni mesin Dual VVT-i berkapasitas 1.200 cc.

Mesin berkode 3NR-VE ini sudah memiliki perangkat stabilizer. Fungsinya adalah memberikan kestabilan saat mobil sedang dikendarai, bahkan pada kecepatan tinggi sekalipun. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 87 HP dan torsi maksimum mencapai 108 Nm.

Mesin ini dipadukan juga dengan dua pilihan sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk mesin 1.000 cc, masih tetap sama seperti sebelumnya, tidak ada peningkatan yang dilakukan.

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 03

Daihatsu Ayla sudah berkiprah di dunia otomotif Indonesia selama 9 tahun

Masuk ke tahun 2020, Daihatsu Ayla kembali mendapatkan facelift. Kali ini, tampilannya jauh lebih modern, lebih agresif, dan lebih sporty. Grille serta bumper berubah cukup signifikan. Ubahan lainnya bisa dilihat pada spion, lampu belakang, dan desain pelek berukuran 14 inci.

Pada interiornya, desain dasbor sedikit mengalami perubahan. Pengaturan AC sudah digital, head unit layar sentuh dengan double DIN, retractable mirror, sensor parkir dan kamera mundur juga disematkan pada mobil ini.

Untuk mesinnya, Daihatsu masih puas dengan mesin yang lama. Sehingga, tidak ada ubahan yang dilakukan, pilihannya juga masih sama, yakni 1.0 L dan 1.2 L. Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Sekarang, Daihatsu Ayla dibanderol mulai dari Rp 110 juta (on the road Jakarta) untuk tipe 1.0 D MT hingga Rp 155,5 juta (on the road Jakarta) untuk tipe 1.2 X AT.

Baca juga: Generasi Baru Toyota Agya - Daihatsu Ayla Bakal Meluncur Awal 2023, Pakai Mesin Raize-Rocky

Biaya Perawatan Daihatsu Ayla

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 04

Sama seperti harganya, biaya perawatan Daihatsu Ayla masih cukup terjangkau

Untuk menjaga performa Daihatsu Ayla tetap bertenaga, maka penting sekali untuk melakukan perawatan secara rutin. Apalagi, bagi para pemilik mobil baru, sangat disarankan untuk melakukan perawatan di bengkel resmi. Selain untuk menjaga mobil tetap terawat, melakukan perawatan di bengkel resmi berhubungan juga dengan garansi yang diberikan oleh pabrikan.

Untuk servis pertama, pemilik Daihatsu Ayla sangat diwajibkan untuk datang ke bengkel resmi setelah mobil menempuh 1.000 km. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini terkait dengan garansi. Perlu diketahui juga, mulai dari servis pertama di 1.000 km hingga servis keenam di 50.000 km atau hingga 2,5 tahun, Daihatsu tidak membebani pemilik dengan biaya jasa alias gratis.

Pada servis pertama, pihak bengkel hanya akan melakukan pengecekan saja, yang meliputi bagian mesin, kaki-kaki, transmisi, wiper, radiator, hingga melakukan pembersihan pada saringan udara.

Berikutnya, servis kedua yang dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 10.000 km. Biasanya, pengerjaan yang dilakukan meliputi penggantian oli mesin, pengecekan busi, dan saringan udara mesin. Biaya yang diperlukan hanya untuk oli mesin dan saringan udara. Kisaran harganya mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000.

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 05

Mesin Daihatsu Ayla terkenal irit BBM

Saat mobil sudah menempuh jarak 20.000 km, maka tiba waktunya servis ketiga. Mekanik akan melakukan penggantian oli mesin, mengecek komponen AC, sokbreker, hingga knalpot. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 400.000.

Untuk servis keempat, dilakukan ketika odometer sudah mencapai 30.000 km. Pengerjaannya sama seperti mobil baru mencapai 10.000 km, di mana pengerjaannya meliputi penggantian oli mesin, pengecekan busi, dan saringan udara mesin. Umumnya, jarak tempuh 30.000 km sama seperti pemakaian selama 1,5 tahun. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh pemilik Daihatsu Ayla sekitar Rp 480.000.

Ketika mobil sudah menempuh jarak 40.000 km, servis kelima perlu dilakukan. Kali ini, biaya perawatannya sedikit lebih besar. Banyak komponen yang perlu dicek dan untungnya biaya jasa masih gratis. Tapi, untuk biaya penggantian oli mesin, gasket oli, saringan oli, saringan bahan bakar, minyak rem, dan oli transmisi, ada di kisaran Rp 850.000.

Servis berikutnya dilakukan saat Daihatsu Ayla sudah menempuh 50.000 km. Servis kali ini jadi yang terakhir kalinya pemilik mobil merasakan gratis biaya jasa. Mekanik akan melakukan penggantian oli mesin, pengecekan busi, dan saringan udara mesin, dan biayanya sekitar Rp 500.000.

Menakar Biaya Servis Daihatsu Ayla di Bengkel Resmi, Apakah Semurah Harga Mobilnya? 06

Walau bukan LCGC terlaris, namun peminat Daihatsu Ayla tetap banyak

Untuk servis di 60.000 km, tentunya biaya yang perlu dikeluarkan lebih besar. Biaya jasanya dapat mencapai Rp 421.000 dan jika ditotal biaya servis di 60.000 km dapat mencapai kisaran Rp 900.000.

Biaya servis meningkat lagi untuk servis di 70.000 km. Biaya jasanya saja dipatok Rp 330.000. Jika ditambah dengan biaya penggantian oli mesin, pengecekan busi, dan saringan udara mesin, maka bisa mencapai kisaran Rp 800.000.

Biaya di atas tentunya masih kisaran dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, biaya di tiap diler pun juga bisa berbeda.

Baca juga: Perbedaan Daihatsu Ayla 1.0 D dan 1.0 D+, Selisih Harga Sampai Rp12 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil