Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan?

Yongki Sanjaya · 19 Mei, 2021 19:00

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 01

Sosok Toyota Raize ini cukup fenomenal karena hadir dengan harga terjangkau dan fitur tercanggih di kelas harga Rp200 jutaan. Berbekal mesin dan fitur keselamatan aktif, Raize bahkan menyodok ke posisi dua mobil terlaris di Jepang. Lantas, mampukah Raize menempel atau melampaui penjualan Toyota Avanza yang selalu jadi terlaris?

Jawabnya mungkin, tergantung kondisi pasar otomotif nasional di tahun 2021 dan 2022 mendatang. Buktinya, Avanza tahun lalu terdepak dari singgasana oleh Honda Brio yang merupakan city car. Apabila pasar fleet kurang bergairah, bisa saja konsumen individu menjatuhkan pilihannya ke Raize daripada Avanza.

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebab, masyarakat di Indonesia sudah mulai paham dengan kualitas mobil dan menyesuaikan kebutuhan hariannya. Jadi, bila cuma untuk mobilitas keluarga kecil tak lagi tertarik beli MPV yang ukurannya besar. Walaupun tinggal di kota pegunungan, populasi mobil kompak terus bertambah karena kebutuhan tadi.

Namun, bukan berarti pamor Avanza sudah habis. Sebab Avanza sebagai mobil sejuta umat, image-nya sudah amat melekat hingga masyarakat pelosok. Avanza dikenal sebagai mobil keluarga yang sederhana tapi badak alias tangguh dengan perawatan yang cukup mudah.

Sebagai mobil 'basic', Avanza cenderung lebih dipilih masyarakat kota kecil di luar Jawa daripada Raize. Pasalnya, masyarakat di kota kecil biasanya butuh mobil sebagai sarana transportasi harian, sehingga tidak begitu butuh fitur canggih seperti pada Raize.

Perbandingan Harga Toyota Avanza vs Daihatsu Raize

Sebelum lebih jauh mengulas spesifikasi andalan dari masing-masing model, terlebih dahulu kita bandingkan harga dari Toyota Avanza dan Raize di bulan Mei ini.

Toyota Avanza Harga Toyota Raize Harga

Toyota Avanza 1.3 E STD MT

Rp200.200.000

Raize 1.0 T G MT One Tone

Rp219.900.000

Toyota Avanza 1.3 E MT

Rp202.700.000

Raize 1.0 T G MT Two Tone

Rp222.200.000

Toyota Avanza 1.3 E STD AT

Rp211.400.000

Raize 1.0 T G CVT One Tone

Rp233.100.000

Toyota Avanza 1.3 E AT

Rp213.900.000

Raize 1.0 T G CVT Two Tone

Rp235.400.000

Toyota Avanza 1.3 G MT

Rp220.550.000

Raize 1.0 T GR Sport CVT One Tone

Rp244.700.000

Toyota Avanza 1.3 G AT

Rp231.250.000

Raize 1.0 T GR Sport CVT Two Tone

Rp247.000.000
   

Raize 1.0 T GR Sport CVT TSS One Tone

Rp263.700.000
   

Raize 1.0 T GR Sport CVT TSS Two Tone

Rp265.900.000

Bisa kita bandingkan kalau harga Raize tipe standar (bukan GR Sport) bersinggungan dengan Avanza. Lantas, apa sih kuncian Raize supaya bisa mengejar penjualan Avanza?

Toyota Raize 2021, Paket Komplit Mobil 5-seater

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 01

Bila melihat harga yang ditawarkan, Raize ini seolah jadi paket komplit untuk sebuah mobil 5-seater. Jangankan dengan Avanza, bahkan bila dibandingkan dengan Yaris yang harganya lebih mahal pun Raize tipe GR Sport CVT TSS lebih unggul dari sisi fitur safety. Memang sih jumlah airbag Yaris lebih banyak namun fitur keselamatan aktif di hatchback andalan Toyota itu belum tersedia TSS.

Raize masuk dalam golongan SUV (Sport Utility Vehicle) bertubuh compact. Dengan ground clearance 200 mm jelas cukup tinggi bila dibandingkan city car atau hatchback. Ketinggian lantai dari tanah ini bahkan setara dengan Avanza, sehingga bakal membuat pengguna Raize percaya diri bila melibas permukaan gravel khas jalan pedesaan.

Raize dipasang turbo pada mesin bensin 998 cc 3 silinder yang mampu menorehkan figur tenaga 97,8 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm.

Sedikit Lebih Mahal dari Avanza, Toyota Raize Pakai TSS 

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 02

Sebagai mobil keluaran terbaru, Toyota Raize tentu saja selain menawarkan desain yang fresh dan juga fitur Toyota Safety Sense (TSS). Bila melihat harganya, Raize dengan TSS sudah di atas Rp260 jutaan. 

Walaupun mahal, namun selisih harga ini cukup pantas untuk teknologi canggih yang merupakan paket fitur keselamatan aktif terbaru dari Toyota.

Toyota Raize dengan TSS beberapa langkah di depan karena memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak ada di mobil 5-seater dengan rentang harga Rp 200 juta - Rp 300 juta. TSS pada Raize meliputi keberadaan Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, serta Blind Sport Monitoring. 

Sementara itu fitur standar seperti ABS dan EBD, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Immobilizer, sampai Rear camera juga sudah jadi kelengkapan di semua tipe varian Toyota Raize.

Kalah Fitur, Toyota Avanza Menang Durabilitas dan Kemudahan Perawatan

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 03

Bila bicara soal fitur, jelas Avanza kalah dari Raize. Namun dengan segala kesederhanaannya, Avanza masih akan lebih dipilih di luar kota besar, terutama di luar jawa yang ruas jalannya masih amburadul.

Avanza unggul karena memakai penggerak roda belakang dan sasis semi ladder frame. Kombinasi keduanya membuat Avanza memang lebih tangguh di kondisi jalanan pelosok, terlepas dari Avanza adalah sebuah MPV. 

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 04

Penggerak roda belakang lebih perkasa menghadapi medan jalan tanjakan yang cukup curam. Hal inilah hal yang lebih dibutuhkan dari sebuah mobil untuk masyarakat di kota kecil. Fitur yang sederhana di Avanza pun memiliki keuntungan dari sisi biaya perawatan dan harga lebih murah. 

Tanpa turbo, pengguna Avanza masih bisa memakai bahan bakar beroktan rendah seperti Pertalite. Sementara untuk Raize, sebaiknya memakai oktan minimum 92 supaya performa turbo senantiasa optimal. 

Nah, Avanza yang tanpa turbo pun jadi lebih gampang soal perawatan. Montir-montir di bengkel umum lebih mudah menangani mesin konvensional dan pastinya biaya service juga lebih hemat. 

Kesimpulan 

Menang Fitur dan Teknologi, Mampukah Toyota Raize 2021 Salip Avanza di Harga Rp200 Jutaan? 05

Toyota Raize menawarkan desain yang benar-benar baru dan belum pernah ada di lini produk Toyota sebelumnya. Raize punya fitur-fitur modern baik dalam hal keselamatan maupun hiburan. Mesin 1.0L turbo juga cukup bertenaga untuk pemakaian harian di dalam kota sekaligus masih efisien dalam konsumsi bahan bakar. 

Namun, bila digunakan dalam medan yang cukup ekstrim bisa sedikit kedodoran karena masih penggerak roda depan. Apabila pajak 4X4 tidak mahal, mungkin pilihan Raize 4X4 bakal sangat diminati termasuk oleh masyarakat di pelosok kota kecil karena kemampuan yang mumpuni. 

Di sisi lain, kalau Anda tinggal di kota kecil dan butuh mobil untuk menampung semua anggota keluarga di rumah, rasanya Toyota Avanza adalah pilihan rasional. Desain dan fiturnya sederhana daripada Raize, sehingga lebih gampang soal perawatan. 

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru