Menanti Honda WR-V, Ini yang Paling Direkomendasikan

Alex · 2 Sep 2020 11:00

Honda WR-V sudah eksis dan mendapat sambutan cukup baik di India. Walau hingga kini Honda WR-V masih belum dijual di Indonesia, namun kabar akan peluangnya hadir di tanah air cukup kencang.

Peluang WR-V untuk hadir di Indonesia sebenarnya cukup bagus. Sebab mobil ini seolah jadi gabungan antara compact hatchback dengan crossover. Seperti yang kita tahu, model seperti itu tengah digandrungi oleh konsumen Indonesia, bahkan global.

WR-V sendiri merupakan sebuah crossover yang berbasis dari Honda Jazz. Maka ukuran mobil ini pun sama seperti dimensi Hnda Jazz. WR-V sendiri sebenarnya bukan mobil terbaru Honda, sebab debutnya sudah dilaksanakan pada 2017 silam di India.

Menariknya, di negara tersebut WR-V hadir dalam dua opsi mesin, bensin dan diesel. Bocoroan harga Honda WR-V Indonesia memang masih belum ada. Maka berikut kita intip dahulu daftar harganya di India.

WR-V SV MT Petrol: 839.400 Rupee atau sekitar Rp 164.591.887
WR-V SV MT Diesel: 968.400 Rupee atau sekitar Rp 189.886.566
WR-V VX MT Petrol: 956.900 Rupee atau sekitar Rp 187.631.614
WR-V VX MT Diesel: 1.087.400 Rupee atau sekitar Rp 213.220.418

Mesin dan Transmisi

Seperti yang Anda bisa lihat di atas, WR-V di India tak memiliki pilihan transmisi otomatis. Cukup disayangkan jika hal ini dipertahankan saat benar-benar masuk ke Indonesia, tapi sepertinya hal ini hanya penyesuaian dari pasar lokal India. Sebab terlihat pula dari opsi mesinnya. Di India memang mobil bermesin diesel selalu ramai peminat.

Maka bisa jadi misal WR-V hadir di Indonesia, kemungkinan besar tak ada opsi mesin peminum solar dan tersedia pilihan varian bertransmisi otomatis. Semoga saja transmisi otomatisnya juga berteknologi CVT seperti pada Honda Jazz.

Pada mesin dieselnya, berkapasitas 1.498 cc i-DTEC dengan konfigurasi 4 silinder. Menariknya, mesin WR-V diesel ini sudah dilengkapi turbo 4. Tenaga yang mampu dihasilkan adalah 100 PS dan torsi maksimal sebesar 200 Nm.

Untuk WR-V diesel ini dikawal transmisi manual 5 percepatan. Lantas bagaimana dengan WR-V bermesin bensin? Apakah tenaganya lebih besar? Atau jangan-jangan lebih kecil?

Ternyata tenaganya lebih kecil. Sebab kubikasi mesinnya saja hanya 1.200 cc, tanpa turbo. Mesin bensin WR-V yang berteknologi i-VTEC ini bertenaga 89 PS dan torsinya di angka 110 Nm.

Eksterior

Sebagai crossover, WR-V memiliki ukuran yang masih cukup kompak walau ternyata sedikit lebih besar dari Dimensi Honda Jazz. Panjang WR-V mencapai 3.999 mm, lebar 1.734 mm, tinggi 1.601 mm dan sumbu rodanya 2.555 mm.

Secara keseluruhan, WR-V lebih panjang 44 mm, lebih lebar 40 mm dan lebih tinggi 57 mm dibanding Honda Jazz. Desainnya cukup keren dengan enam pilihan warna berbeda.

Sebagai cirikhas mobil Honda terbaru, WR-V sudah memiliki bentuk area depan solid wing face dengan grill chrome. Pada bagian lampu depan sudah mengusung LED proyektor dan LED pada lampu belakang.

Di bagian pelek sudah mengusung desain dula tone yang keren dan berukuran 16 inci. Secara tampilan, eksterior WR-V sangat sporty namun tetap dinamis khas mobil perkotaan.

Interior

Fitur paling menarik pada interior Honda WR-V salah satunya adalah sunroof. Sebab, cukup jarang mobil sekelasnya yang memiliki fitur keren seperti itu. Selain sunroof, yang cukup diapresiasi adalah fleksibilitas kabinnya yang sangat baik seperti Honda Jazz. WR-V sudah mengusung sistem pelipatan bangku baris kedua hingga rata lantai.

Namun, untuk penyetelan bangku, baik pengemudi maupun penumpang depan masih sistem manual. Pada bagian kemudi, driver bisa menyetelnya secara tilt maupun teleskopik.

Rekomendasi Model Terbaik

Sebenarnya agak sulit mengatakan WR-V versi India ini cocok untuk konsumen Indonesia. Sebab yang paling mendasar adalah karena ketiadaan transmisi otomatis.

Selain itu, jenis mesin diesel rasa-rasanya kurang cocok dengan minat konsumen tanah air yang berekspektasi mengenai sebuah crossover ideal. Walau ada sejumlah hal yang perlu dipertahankan.

Tentu yang pertama adalah harga. WR-V yang dijual di India cukup harus disebut memiliki harga yang ekonomis. Harganya yang di kisaran Rp 164 juta hingga Rp 213 juta (jika dikonversi ke Rupiah) tentu memiliki nilai yang tinggi berkat segala fitur keren yang dimilikinya.

Kesimpulan

Tentu WR-V sebuah model yang layak dimiliki jika Anda mendambakan kepraktisan compact hatchback dan kehandalan sebuah crossover. Apalagi desainnya yang sangat keren dan berbagai fiturnya yang tak bisa dipandang sebelah mata, tentu WR-V layak ditunggu masuk Indonesia.

Semoga saja Honda Indonesia benar-benar berniat menjualnya di tanah air.

Komentar

Mobil Terbaru