Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini?

Enda · 27 Mei, 2021 20:00

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 01

Toyota Raize vs Suzuki Jimny

Toyota Raize dan Suzuki Jimny merupakan dua SUV kompak yang banyak menarik hati konsumen Tanah Air. Meski berada di posisi yang sama, keduanya ini memiliki bentuk serta harga yang sangat berbeda.

Seperti yang diketahui, untuk saat ini Toyota Raize sendiri dibandrol mulai dari Rp219,9 juta hingga Rp265,9 juta untuk harga barunya dengan relaksasi PPnBM nol persen. Sedangkan harga normalnya, mobil ini dipatok Rp236,8 juta sampai dengan Rp283,8 juta.

Bicara mengenai Suzuki Jimny, melansir harga terbaru melalui situs resminya didapatkan bahwa SUV kompak berlogokan ‘S’ ini ditawarkan dari Rp395 juta hingga Rp411 juta. Selain lebih mahal dari Toyota Raize, Jimny ini masih mengimplementasikan desain lawasnya yaitu dengan bentuk kotak sebagai gaya ikoniknya.

Pada pembahasan kali ini, kami ingin mengulas mengenai spesifikasi yang dimiliki Toyota Raize dan Suzuki Jimny. Menurut kalian mana yang paling pantas untuk dimiliki saat ini? Daripada penasaran, simak terus ulasannya di bawah ini sampai habis.

Baca juga: Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan

Dimensi Toyota Raize Lebih Besar Dari Suzuki Jimny?

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 02

Tampilan samping Toyota Raize

Bicara mengenai dimensi Toyota Raize, mobil dengan tampilan sporty dan atraktif yang banyak disukai kaum milenial saat ini memiliki panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm. Sedangkan wheelbasenya sendiri memiliki angka 2.525 mm.

Melihat ukuran yang dimiliki Suzuki Jimny, mobil yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada 2018 melalui ajang pagelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), secara data mempunyai panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm. Mengetahui ukuran wheelbasenya, Jimny mempunyai ukuran jarak mencapai 2.250 mm antara roda depan dengan roda belakangnya.

Sedikit menarik kesimpulan, melihat pada data Toyota Raize secara keseluruhan mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Suzuki Jimny.

Suzuki Jimny Punya Tenaga Lebih Ngejambak Dibandingkan Toyota Raize

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 03

Mesin K15B yang digunakan Suzuki Jimny

PT Toyota Astra Motor sebenarnya menghadirkan Raize dalam dua pilihan mesin, yakni 1.0L turbocharged serta 1.2L Naturally Aspirated. Namun, untuk saat ini pihaknya baru menawarkan varian mesin 1.0L turbocharged pada seluruh varian Raize yang dijajakan.

Mengenai spesifikasi masin yang digunakan, Raize mendapat jantung pacu berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 998 cc yang ditanamkan pada Toyota Raize ini dapat memeras tenaga hingga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400-4.000 rpm.

Pada Jimny generasi keempat, Suzuki berhasil menanamkan mesin baru berkodekan K15B di SUV kompak ini. Meski tanpa didukung dorongan turbo, mesin yang sama persis digunakan oleh All New Ertiga, XL7 dan beberapa produk Suzuki lainnya ini memiliki kubikasi 1.462 cc 4-silinder segaris, dengan katup berjumlah 16 buah yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 102 PS @6.000 rpm serta torsi puncak mencapai 130 Nm @4.000 rpm. Sebagai informasi, teknologi yang dipakai pada mobil ini sudah menganut sistem Multipoint Injection.

Spesifikasi Mesin Toyota Raize 1.0L Turbo
Tipe mesin 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, 12 Valve DOHC VVT-i
Kapasitas silinder 998 cc
Jumlah silinder 3
Tenaga 98 PS @6.000 rpm
Torsi 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm

 

Spesifikasi Mesin Suzuki Jimny 1.5L
Tipe mesin K15B DOHC 16 Valve Multipoint Injection
Kapasitas silinder 1.462 cc
Jumlah silinder 4
Tenaga 102 PS @6.000 rpm
Torsi 130 Nm @4.000 rpm

Mengendarai Toyota Raize Lebih Nyaman Karena Hadir dengan Transmisi CVT

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 04

Transmisi CVT pada Toyota Raize

Mesin 1.0L turbo yang dibenamkan pada Toyota Raize, dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan serta CVT. Sedangkan Suzuki Jimny sendiri dihadirkan dengan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Suzuki Jimny Liar di Jalan Rata dan Off-Road

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 05

Meski masuk dalam kategori SUV kompak, Toyota Raize lebih cocok digunakan diperkotaan dengan kontur jalan yang rata

Toyota Raize diketahui menggunakan struktur mesin yang ditanamkan model melintang (tranverse). Dengan begitu diketahui bahwa untuk dapat menggerakannya, putaran mesin yang dihasilkan tersebut ditranslasi ke roda depannya.

Sedangkan Suzuki Jimny varian teranyar ini masih menganut struktur lama, yaitu mesin yang dihadapkan sejajar dengan mobil (longitudinal). Dengan struktur seperti ini, penggerak Rear-Wheel Drive menjadi modal utama pada mobil ini agar bisa berjalan. Tidak cuma mengandalkan sistem penggerak RWD, Jimny juga ditawarkan penggerak 4x4 atau yang biasa kita tahu dengan sebutan Four-Wheel Drive.

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 06

Menggunakan penggerak 4x4 dengan teknologi AllGrip Pro, Suzuki Jimny sangat pantas untuk digunakan untuk off-road

Pada Jimny, sistem penggerak 4 roda ini dinamakan AllGrip Pro. Diketahui utuk sistem gerak 4 rodanya ini terdiri dari 3 mode yaitu 2H (normal), 4H (jalan licin/off-road), dan 4L (bebatuan kasar, lumpur, atau medan off-road lebih berat).

Baca juga: Duit Rp 500 Juta Buat Hobi Garuk Tanah, Suzuki Jimny 2021 Lebih Favorit Dari Toyota Hilux

Di dalam sistem penggerak Suzuki Jimny ini terdapat Brake LSD Traction Control. Secara prinsip, ini merupakan limited slip differential (LSD) yang mekanisme kerjanya menggunakan rem yang diatur secara otomatis.

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 07

Suzuki Jimny menapakan rodanya di jalan yang ekstrim

Ketika roda depan bagian kanan serta roda belakang bagian kiri menggantung, maka roda akan direm secara spesifik oleh komputer dan tenaga dialihkan ke roda yang diketahui masih mempunyai traksi. Dengan begitu, posisi mobil yang tadinya tidak mampu bergerak, adanya teknologi ini mobil dapat kembali berjalan menakhlukan medan yang ekstrim.

Fitur Keselamatan Toyota Raize Lebih Menarik Karena Sudah Mendapatkan Toyota Safety Sense (TSS)

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 08

Fitur Toyota Safety Sense

Toyota Raize diketahui dapat memberikan perlindungan lebih terhadap setiap penggunannya. Seperti yang diketahui, mobil ini berhasil disematkan fitur keselamatan terbaru berupa Toyota Safety Sense (TSS) di varian teratasnya.

Fitur TSS pada Rocky yang masuk dalam kumpulan Advanced Driving Assistant System (ADAS) ini mencakup; Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Varian 1.0T G dan 1.0T GR Sport dilengkapi dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain). Selain itu juga, Raize dilengkapi fitur keselamatan dan keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. 

Bila melihat fitur TSS yang tersematkan pada mobil ini, kami rasa akan sangat bermanfaat bagi pengemudi yang baru bisa mengendari mobil. Karena fitur keselematan seperti lane departure assist dan pedal missoperation control ini dapat mencegah pengemudi ketika ke luar jalur ataupun salah menekan pedal gas dalam kondisi yang tidak disengaja.

Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini? 09

Fitur keselmatan Suzuki Jimny

Melihat fitur keselamatan pada Suzuki Jimny, SUV kompak yang bikin banyak orang terkesima karena penampilannya yang macho ini mempunyai fitur keselamatan berupa Dual Airbags, Dual Sensor Brake Support (DSBS), High Beam Assist, Cruise Control, Cruise Control, Electronic Stability Programme (ESP), Hill Descent Control (HDC), Hill Hold Control (HHC), ABS, ISOFIX serta struktur rangka TECT BODY

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari keduanya, Toyota Raize ini merupakan SUV kompak yang paling pantas untuk dimiliki saat ini bagi kalian yang mempunyai budget terbatas. Hal ini terjadi lantaran Raize sendiri ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan Suzuki Jimny.

Selain itu, Raize juga berhasil mendapatkan fitur keselamatan berteknologi tinggi yang dinamakan Toyota Safety Sense. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat untuk kalian yang baru bisa mengendarai mobil ataupun sering kehilangan konsentrasi saat berkendara.

Di sisi lain, untuk memiliki Toyota Raize juga tak harus menunggu begitu lama bila dibandingkan dengan Suzuki Jimny yang diwajibkan inden hingga bertahun-tahun. Meskipun saat ini kenyataanya Toyota Raize juga mengalami kasus inden dalam beberapa bulan ke depan.

Berbeda jika kalian mempunyai budget lebih, kolektor mobil, serta penyuka off-road, mungkin Suzuki Jimny bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan Jimny untuk saat ini sudah masuk dalam kategori kendaraan mewah.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru