window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz

Franky · 6 Mei, 2020 18:00

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 01

Pasar mobil hatchback di Indonesia bisa dibilang banyak digandrungi oleh kawula muda yang memiliki harga diri tinggi. Tidak menampik adanya persaingan ketat antara Toyota Yaris dan Honda Jazz yang sama-sama memiliki kesan sporty, modern, serta elegan.

New Honda Jazz tampil dengan bahasa tubuh yang tegas, ramping dan juga elegan. Garis-garis pada bodinya benar-benar sukses menyiratkan pesan tersebut. Sedangkan Toyota Yaris tampil dengan karakter yang lebih modern, mampu merambah semua lapisan masyarakat.

Sangat cocok dengan selera anak muda. Bingung mau beli yang mana? Berikut perbandingan spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz New.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz

Memang tak dipungkiri, dua mobil Hatchback ini selalu bersaing sengit merebut hati para peminatnya. Dari segi tampilan dan fitur, keduanya nyaris sama. Tapi jangan salah, jika kita mau melihat lebih detail, akan ada banyak hal menarik untuk dipertimbangkan. Mari kita lihat perbandingan spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz New.

1. Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz: Harga

Harga mobil Honda Jazz sendiri kini dijual di kisaran Rp. 250 jutaan hingga Rp. 292 jutaan. Sosoknya ditawarkan dalam empat pilihan meliputi All New Honda Jazz M/T, Honda Jazz CVT, Honda Jazz RS M/T dan Honda Jazz RS CVT.

Beda halnya jika melihat Toyota Yaris baru yang dijual mulai harga Rp. 259 jutaan hingga Rp. 291 jutaan. Di halaman resminya, mobil Hatchback satu ini ditawarkan dalam empat pilihan yakni tipe G M/T, G CVT, S TRD M/T dan S TRD CVT.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 01

Tampilan Toyota Yaris TRD Sportivo

Membandingkan keduanya di varian terendah, Toyota Yaris baru punya harga lebih mahal Rp. 9 jutaan ketimbang New Honda Jazz 2020. Jadi, jika dirasa Anda ingin harga yang lebih terjangkau, All New Jazz 2020 tampak unggul. Tetapi jika membandingkan keduanya dari kasta tertingginya, justru New Honda Jazz terkesan sedikit lebih mahal daripada Toyota Yaris, selisih Rp. 1 jutaan saja.

2. Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz: Dimensi Bodi

Untuk kapasitas tampung, keduanya memang sama-sama berdiri sebagai Hatchback 5-Seaters. Meski begitu, ada perbedaan dari dimensi bodi.

Toyota Yaris baru memiliki ukuran panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm. Sedangkan dari kubu Honda Jazz New, sosoknya tampil dengan ukuran bodi lebih mungil, terbukti dari dimensi bodi berukuran panjang 4.035 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 02

Honda Jazz punya dimensi bodi yang ringkas ketimbang kompetitornya

Tak hanya berhenti di situ saja, dimensi Wheelbase juga patut diperhitungkan karena menentukan kelegaan soal kabin khususnya ruang kaki penumpang. Dalam hal ini, Toyota Yaris baru punya Wheelbase sebesar 2.550 mm, sedangkan Honda Jazz New juga punya dimensi Wheelbase sebesar 2.530 mm.

Dengan kata lain, Toyota Yaris baru punya Wheelbase lebih besar, selisih 20 mm. Meski terkesan kecil, tapi hal ini memberi dampak signifikan terhadap kelegaan ruang kaki penumpang, menjadikannya nilai plus dari sebuah Toyota Yaris baru

3. Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz: Performa Mesin

Perbandingan spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz New berikutnya akan berbicara tentang performa mesin yang dimiliki oleh keduanya.

Toyota Yaris baru dilengkapi dengan mesin 1.5 Liter Dual VVT-I berdaya 107 dk dan torsi maksimum sebesar 140 Nm yang disalurkan melalui transmisi CVT, sama seperti sebelumnya. Sedangkan New Honda Jazz menggunakan mesin berkapasitas serupa (1.5 Liter) namun punya tenaganya 120 dk dengan torsi maksimum 145 Nm. Dalam hal ini, Output mesin yang dihasilkan Honda Jazz New lebih besar, yang disinyalir akibat dimensi bodi yang lebih ramping daripada Toyota Yaris baru.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 03

Toyota Yaris menggunakan mesin 1.5 Liter Dual VVT-i berdaya maksimum 107 dk

4. Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz: Kelengkapan Fitur

Fitur pendukung yang dimiliki oleh mobil Yaris Toyota menawarkan tiga mode berkendara yakni Normal, ECO dan Sport. Untuk Honda Jazz New, ia masih mengandalkan ECO Assist untuk indikator efisiensi bahan bakar dan cruise control. Keduanya sudah menggunakan 16-inci pelek dan sudah dilengkapi dengan lampu siang hari dan lampu kabut.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 04

Inilah tampilan interior Toyota Yaris

Toyota Yaris baru menggunakan dasbor baru dengan layar MID TFT dan layar infotainment pendukung pemutar DVD/CD, Bluetooth, Miracast, dan USB. New Honda Jazz memiliki 8 inci layar infotainment yang lebih besar dan memiliki beragam konektivitas. AC Toyota Yaris sendiri masih menggunakan tombol fisik meski sudah dalam bentuk digital, berbeda dengan New Honda Jazz 2020 yang tersedia dengan akses sentuhan Smart Touch.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 05

Honda Jazz lebih menampakkan interior yang minimalis dan elegan

Pembanding Toyota Yaris dan Honda Jazz New selanjutnya adalah AC. AC Climate Control yang dimiliki Toyota Yaris menjadi poin unggul dibanding New Honda Jazz yang tidak memiliki fitur tersebut. Namun, kemudi dengan tipe adjustable reach milik All New Jazz tidak bisa ditemukan di Toyota Yaris.

Kemudi Toyota Yaris dan Honda Jazz New sudah terbalut material kulit serta dilengkapi dengan pengatur audio pada bagian palang kemudi. Terdapat tombol start/stop untuk menyalakan/mematikan mesin yang dapat dijumpai di bagian kabin keduanya.

Mengaplikasikan Vehicle Stability Control (VSC) yang menunjang keselamatan aktif saat berkendara serta berfungsi mencegah mobil melintir sangat membantu untuk pengguna Toyota Yaris yang tidak ditemukan di Honda Jazz New. Lampu utama LED yang sudah dimiliki Honda Jezz pun belum bertandang ke bodi milik Toyota Yaris baru yang masih setia dengan halogen.

5. Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz: Fitur Keselamatan

Perbandingan spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz New berikutnya adalah mobil Yaris menawarkan 7 Airbags. Sedangkan New Honda Jazz hanya memiliki 2 Airbags. Dari standar keselamatan, nyatanya Toyota Yaris baru lebih lengkap sehingga memberi rasa aman lebih bagi seluruh penumpang, ketimbang New Honda Jazz 2020.

Mencari Hatchback Terbaik, Perbandingan Spesifikasi Toyota Yaris dan Honda Jazz 06

Fitur keselamatan Toyota Yaris lebih lengkap soal 7 Airbags

Di sisi yang lain, Toyota Yaris juga menang soal kelengkapan fitur keamanan seperti menawarkan rem ABS, EBD, dan BA, serta Vehicle Stability Control dan Traction Control, kendaraan ini pun memiliki Hill Start Assist. Sedangkan Honda Jazz belum memberikan semua itu, hanya rem pendukung ABS dan EBD tanpa adanya BA.

Kesimpulan

Kami sudah membahas banyak hal terkait perbandingan Toyota Yaris dan Honda Jazz New. Memang keduanya tampil cukup sengit, dominan di beberapa aspek baik dari segi mesin, tampilan rupawan, kenyamanan interior dan fitur keselamatan.

Tak dipungkiri, pada fakta lapangan New Honda Jazz lebih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti pada total penjualan selama tahun 2019, mencatatkan angka 12.618 unit. Sedangkan Toyota Yaris baru hanya mampu meraup penjualan di angka 8.033 unit saja.

Meski begitu, semua pilihan kembali kepada Anda. Mana yang terbaik menurut Anda, itulah pilihan paling tepat.

Franky

Berhati-hatilah dalam membuat keputusan yang benar di hadapan semua orang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil