Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian

Dhoni · 29 Jan, 2021 17:15

Dalam rangka peluncuran Jeep Gladiator 2021 yang dibarengi Camp Jeep Media 2021 (27 - 28 Januari), PT DAS Indonesia Motor juga memberi kesempatan bagi para awak media, untuk mencicipi Jeep Gladiator 2021 terbaru dan Jeep Wrangler 2021. Selama dua hari kedua Jeep yang dihadirkan PT DAS Indonesia Motor dapat dirasakan kemampuannya di lintasan yang berada di sekitar Jeep Station Indonesia (JSI), Bogor, Jawa Barat

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 01

Jeep Gladiator & Jeep Wrangler Dihadirkan PT DAS Indonesia Motor

Harga Jeep Gladiator 2021

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 02

Jeep Gladiator 2021 seharga Rp 2,108 Milyar

Jip is Jeep!!!, menjadi kesan pertama melihat secara langsung Jeep Gladiator 2021 yang dihadirkan PT DAS Indonesia Motor (27/01). Tampilan double cabin memang sangat gagah, tapi jangan sandingkan dengan mobil-mobil double cabin "biasa" seperti Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton. Rubicon sebagai varian tertinggi yang tersedia di Indonesia menjadikan harga Jeep Gladiator 2021 ini dibanderol Rp 2,108 Milyar.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 03

Mencicipi Fitur Jeep Gladiator 2021

Bicara kemampuan Jeep Gladiator 2021, berbagai fitur berteknologi demi melalui medan offroad agar menunjang kebutuhan berpetualang telah tersaji. Meski begitu, tak hanya di medan offroad, mobil ini juga menyuguhkan kenyamanan untuk berkendara di jalanan perkotaan. Bahkan dengan Jeep Gladiator 2021, Anda pasti akan jadi pusat perhatian karena sosoknya yang gagah. 

Mengusung mesin Pentastar V6, 3.6L bertransmisi 8 percepatan, kemampuan Jeep Gladiator 2021 sudah tak perlu diragukan lagi. Meski kesempatan yang kami dapatkan tidak bisa dibilang menguji, tetapi lebih kepada mencicipi sebagian fitur unggulan Jeep Gladiator 2021 ini.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 04

Jeep Gladiator gunakan mesin Pentastar V6, 3.6L

Jeep Gladiator versi teranyar sebagai varian yang sempat terlupakan selama 49 tahun, memang kami uji performanya. Namun bukan menggunakan lintasan light offroad di JSI ini. Mobil seharga lebih dari Rp 2 milyar hanya kami uji di sebagian lintasan saja di sekitar area JSI.

Menggunakan Jeep Gladiator Rubicon di jalanan di dalam area JSI, tentunya bukan hal yang istimewa. Karakter sejatinya sebagai mobil spesialis offroad dipastikan tidak dapat kami rasakan. 

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 05

Alhasil performa sesungguhnya dari mesin Pentastar V6 berkapasitas 3.605 cc yang menghasilkan tenaga 289 PS dengan torsi 353 Nm, gagal sepenuhnya kami uji. Walau tentunya tak perlu diragukan lagi performa mesin Jeep Gladiator 2021 ini.

Memasuki kabin Jeep Gladiator 2021, kesan sebagai 'truck' modern sangat terasa dengan berbagai panel kontrol di dashboard. Menghidupkan mesin mobil, cukup menekan tombol start/stop plus menginjak rem layaknya mobil-mobil yang telah menggunakan keyless entry.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 06

Interior Jeep Gladiator 2021

Begitu mesin menyala, segala informasi tentang Jeep Gladiator dapat dilihat pada panel instrumen di balik kemudi. Tuas transmisi langsung saya posisikan ke D untuk menuju lintasan uji. Respon pedal gas cukup responsif, suara mesin nyaris tidak terdengar dalam kondisi kecepatan yang tidak terlalu tinggi.

Saya menduga, jika digunakan dengan kecepatan tinggi di jalan tol, hanya suara ban saja yang akan mengintrusi kabin. Selain itu dalam mode penggerak empat roda tidak perlu usaha besar untuk mendapatkan putaran tinggi. Apalagi dengan fitur Rock-Track 4X4 yang dapat membuat mobil melaju secara perlahan di medan offroad, namun torsi tetap dapat disesuaikan untuk sesuai dengan medan yang akan dilewati.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 07

Jeep Gladiator 2021 tanpa paddle shift

Pengendalian melalui kemudi pada Jeep Gladiator, rasanya sangat ringan, tidak butuh tenaga besar untuk mengarahkan kemudi. Saya rasa pergerakan mobil berdimensi bongsor ini cukup lumayan gesit, walau radius putarnya cukup besar hingga 13,5 meter.

Menggunakan suspensi Fox Shock dengan bodi alumunium berdiameter 2 inci, memberikan harapan untuk mengetahui kemampuan suspensinya di medan offroad. Sayangnya, kami hanya mencobanya di jalan beton yang mulus sehingga saya harus menunda mengetahui kemampuan suspensi yang kerap digunakan balap offroad ini. Namun setidaknya, mobil ini cukup memberikan jaminan kenyamanan berkendara di jalan raya.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 08

Jeep Gladiator di uji di Jeep Station Indonesia

Saat berkendara, kenyamanan di dalam kabin bagi pengemudi maupun penumpang juga diperhatikan. Unsur entertaiment via layar sentuh 8,4 inci dengan output via speaker yang terpasang di plafon, di atas bangku pengemudi dan penumpang menghasilkan suara yang cukup jernih. Head unit ini menggunakan fitur Uconnect yang telah didukung sistem navigasi dan koneksi Apple CarPlay maupun Android Auto.

Sayangnya, memang hanya tipe mesin bensin yang dihadirkan PT DAS Indonesia motor, sedangkan varian mesin diesel  3.0-liter turbocharged Eco V6 dengan transmisi otomatis 6 percepatan belum dapat hadir di Indonesia. Hal ini terkait dengan ketersediaan bahan bakar diesel yang memiliki kualitas sesuai persyaratan mesinnya belum ada di Indonesia.

"Penyebab utama adalah mesin diesel yang digunakan pada Jeep Gladiator hanya dapat mengkonsumsi solar dengan standar emisi Euro 5, minimal Euro 4. Sedangkan di Indonesia, standar emisi masih berada di Euro 3. Hal menjadi faktor utama kami untuk tidak menghadirkan Jeep Gladiator Rubicon versi diesel," ujar Danny Yahya - COO PT DAS Indonesia Motor

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 09

Interior Jeep Gladiator Rubicon 2021

Perjalanan berpetualang juga dipastikan nyaman karena adanya pilihan mode berkendara Mud, Snow, serta Sand and Rock sehingga tujuan Anda akan petualangan bukan kendala berarti. Selain itu, masih ada fitur Command Trac 4X4 yang dapat mendukung kemampuan off road di segala cuaca. Sistem shift-on-the-fly paruh waktu ini membagi torsi 50/50 antara as roda depan dan belakang agar performa dapat disesuaikan kebutuhan saat melintasi berbagai medan. Transfer case terasa bekerja dengan mulus saat peralihan dari 2WD hingga 4WD.

Meski begitu ada hal yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu dimensi dari Jeep Gladiator 2021 ini. Dengan dimensi panjang 5.539 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.882 mm, alhasil manuver dalam melibas jalan dan ruang sempit harus diperhitungkan masak-masak, apalagi jika Anda tidak ingin cat mobil ini tergores ranting maupun batu tajam di dinding tebing. Artinya, saat mobil ini Anda ajak berjalan-jalan ke tengah kepadatan kota pun, Anda harus menyadari betapa besar sosok mobil ini.

Mencicipi Jeep Gladiator Rubicon 2021, D-Cab Gagah Penarik Perhatian 10

Yang pasti, kemampuan Jeep Gladiator 2021 ini sepatutnya dapat langsung diuji di medan off road sesungguhnya. Menurut kami, cukup tambahkan winch, plus mengganti ban dengan sesuai karakter medan yang ingin dilewati, rasanya akan menjadikan kemampuan mobil ini semakin digdaya.

Tapi, kalaupun Anda hanya ingin menikmati perhatian saat "berpetualang" di perkotaan juga bukan hal yang tabu. Sekali lagi kami dapat pastikan, mobil pickup double cabin dengan banderol harga yang tembus Rp2 miliar ini pasti dapat membuat orang-orang menoleh melihat Anda. Tapi ingat, saat Anda meminang mobil ini, pastikan juga Anda mengurus KIR mobil ini setiap 6 bulan sekali, karena bagaimanapun ini adalah mobil yang dikategorikan sebagai mobil pengangkut!  

 

 

Komentar