Mending Suzuki Karimun Estilo Facelift atau Pre Facelift? Ini Jawabannya!

Enda · 30 Nov, 2021 16:30

Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo facelift dan pre facelift

Generasi kedua Karimun di Tanah Air yang dinamai Suzuki Karimun Estilo diperkenalkan pertama kali oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tahun 2007. Masuk dalam kategori mobil perkotaan, eksistensi Karimun Estilo sendiri dapat bertahan hingga 2012.

Pada eranya, Suzuki Karimun Estilo bisa dikatakan sebagai kedigdayaan city car bermesin kecil. Pasalnya, rivalitas mobil kota jenama Jepang saat itu tidak seramai sekarang. Seperti yang diketahui, pesaing erat Karimun Estilo saat itu adalah Hyundai i10, Kia Picanto Osmo, Chevrolet Spart dan Chery QQ.

Baca juga: Resmi Disuntik Mati, Ini Kiprah Suzuki Karimun di Tanah Air

Suzuki Karimun Estilo Punya Tampilan Paling Bulat di Antara Karimun Lainnya

Suzuki Karimun Estilo

Tampilan depan Suzuki Karimun Estilo pre facelift

Tak seperti generasi pertama (Karimun Kotak) dan generasi ketiganya (Karimun Wagon R) yang mempunyai bentuk kotak, dari segi tampilan Suzuki Karimun Estilo memiliki desain yang lebih membulat sehingga terlihat modern sekaligus memberikan efek keaerodinamisan.

Perlu diketahui, generasi pre facelift Karimun Estilo yang meluncur pada 2007 dirancang dari platform Wagon R versi Maruti Suzuki di India. Pada model pertamanya ini Suzuki Karimun Estilo ditawarkan varian VXi, dengan bentuk yang diterima terbilang unik.

Pada bonnetnya, mobil ini dibuat lebar dan menurun dengan dua lampu utama berbentuk kotak. Di antara lampu utamanya terdapat grill dengan desain horizontal yang terlihat minimalis namun tetap modern berkat adanya aksen krom di beberapa bagiannya.

Menengok ke bagian bawahnya, kalian bisa menjumpai adanya air dam yang seolah di bagi menjadi dua bilah dengan dimensi cukup besar. Kisi-kisi ini sekaligus berfungsi untuk meningkatkan pendinginan terhadap mesin.

Melihat bagian sampingnya, Suzuki Karimun Estilo juga menerima beberapa lekukan unik baik di atas fender roda depan dan belakang. Selain itu juga terdapat garis tegas di tengah pintu dan pinggangnya yang membujur dari depan hingga belakangnya.

Oh iya, atap Suzuki Karimun Estilo ini dibuat melandai mulai dari pilar B hingga C-nya sehingga tabrakan angin dari depan bisa diminimalisir. Dengan begitu secara tidak langsung akan memberikan kestabilan pada mobil ini ketika dipacu dalam kecepatan cukup tinggi.

Suzuki Karimun Estilo

Bagian belakang Suzuki Karimun Estilo pre facelift

Bergeser ke belakang, melihat bagian mobil ini tak lekang oleh zaman. Dimana pintu bagasi dan bumpernya dibuat bulat, terlebih stoplampnya tak lagi menggunakan model kotak. Agar terlihat dinamis, kacanya dibentuk semi diamond dengan bentuk melengkung.

Supaya menarik lebih banyak minat konsumen, PT SIS pada 2009 memperkenalkan Suzuki Karimun Estilo facelift dengan tampilan lebih atraktif. Berbeda dengan model pre facelift, generasi faceliftnya ini mendapatkan sentuhan baru pada lampu utama serta grill yang dibuat melebar. Tak hanya itu, bumpernya juga mendapatkan revisi dengan bentuk lebih besar sekaligus sporty.

Di bumpernya, kalian juga bisa melihat bahwa generasi faceliftnya sudah dilengkapi dengan tambahan foglamp untuk meningkatkan visibilitas pengemudi ketika berkendara di malam hari.

Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo facelift

Sebagai informasi, Suzuki Karimun Estilo generasi facelift maupun pre facelift telah dilengkapi dengan power window untuk semua kaca jendelanya, sistem pendingin udara (AC) dengan penghangat kabin, power steering elektrik, serta pengaturan arah sorot lampu depan.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Suzuki Karimun Wagon R, LCGC Rasa Kei Car

Doyan Ngebut Tapi Ogah Tekor Bensin, Pilih Suzuki Karimun Estilo Facelift

Suzuki Karimun Estilo

Mesin F10J 1.100 cc Suzuki Karimun Estilo pre facelift

Generasi facelift dan pre facelift Suzuki Karimun Estilo hadir dengan mesin yang berbeda. Seperti yang diketahui, sebelum facelift Karimun Estilo disematkan mesin berkodekan F10J, berkapasitas 1.100 cc 4 silinder segaris 16 valve injection dan microprocessor 32 bit yang menghasilkan tenaga 65 PS @6.200 rpm dengan torsi puncak sebesar 84 Nm @3.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut kemudian ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Suzuki Karimun Estilo

Mesin K10B 998 cc Suzuki Karimun Estilo facelift

Untuk Karimun Estilo facelift, mobil ini mengusung mesin K10B dengan teknologi Double OverHead Camshaft (DOHC) injeksi 3 silinder segaris dengan kapasitas 998 cc. Mesin yang juga sama persis digunakan oleh Karimun Wagon R, pada generasi kedua Karimun diketahui mampu melecutkan tenaga lebih besar. Tercatat menurut data di atas kertas, jantung mekanis yang diletakan secara melintang (transverse) tersebut mampu memuntahkan tenaga lebih besar, berada di angka 68 PS @6.200 rpm serta torsi 90 Nm @3.500 rpm.

Perlu diketahui, di generasi faceliftnya ini Suzuki menyematkan teknologi Smart Distributor-less Ignition (SDLi) yaitu pengapian tanpa distributor yang bertujuan agar pengabutan berjalan lebih sempurna. Dengan begitu, konsumsi BBM yang diraih generasi faceliftnya terbukti lebih irit namun tetap bertenaga. Tercatat untuk penggunaan dalam kotanya mampu menempuh jarak hingga 15 lm/liter, sedangkan luar kotanya 20-22 km/liter.

Kesimpulan

Saat ini Suzuki Karimun Estilo pre facelift yang diproduksi 2007-2009 mempunyai harga bekas Rp55 jutaan. Sedangkan generasi faceliftnya yang dihadirkan pada 2009-2012 kini dibandrol Rp63 jutaan. Baik model facelift maupun pre facelift memiliki mesin yang berbeda. Jika kalian menginginkan Suzuki Karimun Estilo yang irit bahan bakar namun mempunyai tenaga besar, pilih generasi faceliftnya.

Berbeda halnya jika lebih mengutamakan faktor kenyamanan, Karimun Estilo pre facelift adalah pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan mesinnya menggunakan 4 silinder segaris yang minim akan getaran. Berbeda dengan varian faceliftnya yang memakai 3 silinder sehingga menimbulkan getaran lebih.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun Kotak, City Car Boxy Incaran Kawula Muda Saat Ini

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru