window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menengok Fasilitas Pabrik Aki Mobil Massiv, Dibuat di Cakung Dipasarkan ke Eropa

Ilham · 19 Mei, 2022 19:03

Menengok Fasilitas Pabrik Aki Mobil Massiv, Dibuat di Cakung Dipasarkan ke Eropa 01

  • Aki Massiv diproduksi di Cakung, Cilincing, Jakarta Utara
  • Pabrik aki Massiv dibuka sejak 1991.
  • Produknya diekspor hingga ke Eropa.

Ada yang berbeda dari kegiatan halal bi halal dari produsen aki Massiv pada Kamis (19/5/2022). Pasalnya gelaran tersebut dikemas dalam kegiatan factory visit ke fasilitas pabrik Massiv di kawasan industri Cakung Cilincing, Jakarta.

Mulai dari Riset & Development (R&D) hingga pabrikasi Massiv dilakukan di PT Trimitra Baterai Prakarsa (TBP) sebagai operator pabrik aki Massiv selama proses produksi berlangsung.

"Selain halal bi halal dengan rekan media, kami juga mengajak langsung ke pabrik Massiv di kawasan industri Cakung Cilincing, Jakarta Utara. Sehingga bisa menyaksikan langsung produksi Massiv mulai dari raw material, processing hingga packing," tukas Satriawan Agung Prabowo atau lebih akrab disapa Tumenggung selaku Pilot Project Massiv.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Pakai Komponen Terbaru, Aki Massiv Thunder Jadi Lebih Awet dari Aki Mobil OEM, Harganya?

Hasilkan 5 Juta Aki Per Tahun

Mulai dari Riset & Development (R&D) hingga pabrikasi Massiv dilakukan di pabrik ini. Namun produksi tersebut hanya berlaku untuk aki mobil saja. Sedangkan aki motor Massiv diproduksi di Tangerang.

Menengok Fasilitas Pabrik Aki Mobil Massiv, Dibuat di Cakung Dipasarkan ke Eropa 01

Pabrik aki Massiv

Meski demikian, total kapasitas produksi pabrik yang berdiri sejak 1991 ini mencapai 5 juta per tahun. Komposisinya 65 persen untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan 35 persen untuk ekspor.

Bahkan untuk pasar ekspor aki buatan Cakung ini sudah masuk ke Inggris dan Uni Eropa, Australia, Arab Saudi dan Yaman. Lalu Vietnam, Thailand, Kenya, Sudan, China, Taiwan, Argentina dan lainnya.

"Kami melakukan proses produksi aki dengan mengadopsi standar internasional, proses fully automatic (robotic) kami lakukan dalam memproduksi Massiv Thunder," Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa.

Gunakan Bermacam Standar Dan Ukuran

Karena memproduksi aki untuk ke berbagai negara sehingga satuan standar internasional yang didapat pun cukup beragam dan komplet.

Menengok Fasilitas Pabrik Aki Mobil Massiv, Dibuat di Cakung Dipasarkan ke Eropa 02

Salah satu fasilitas pabrik aki Massiv

Dimana standar produksi tersebut antara lain Deutsches Institute fur Normung (DIN), Japanese Industrial Standards (JIS), Australia Standards (AS) dan lain-lain.

Ada ratusan tipe aki yang dihasilkan dengan standar berbeda. Mulai dari aki jenis basah dan MF. Peruntukannya juga beragam. Seperti aki untuk mobil penumpang asal Jepang dan Eropa. Hingga kendaraan niaga berukuran besar seperti bus dan truk.

Baca juga : Beragam Penyebab Aki Mobil Soak, Harus Segera Diganti atau Bisa Disetrum Lagi?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil