Menerka Sosok Toyota Avanza 2022, Berubah Jadi FWD atau Tetap RWD?

Prasetyo · 28 Mei, 2021 14:00

Menerka Sosok Toyota Avanza 2022, Berubah Jadi FWD atau Tetap RWD? 01

Isu akan munculnya Toyota Avanza 2022 beberapa waktu belakangan ini makin kuat. Toyota Avanza saat ini memang sudah memasuki usia ke-10 tahun. Setelah beberapa kali mendapatkan facelift, rasanya memang telah waktunya PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan generasi ketiga dari Avanza.

Apalagi, pada perjumpaan virtual dengan media beberapa bulan lalu, Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director TAM memang menuturkan jika Toyota di Indonesia akan meluncurkan banyak model baru tahun ini. Jadi bisa jadi satu diantaranya adalah Avanza baru.

Tentu saja langkah ini akan diikuti kembarannya Daihatsu Xenia 2022. Mengingat Xenia model baru pastinya akan melanjutkan kolaborasi dengan Toyota Avanza terbaru. Namun seperti apa sosok Toyota Avanza terbaru dan Mobil Xenia terbaru sampai saat ini masih belum ada yang bisa memastikannya.

Toyota Avanza 2021

Sudah waktunya muncul generasi baru Avanza

Selain tampilannya yang diprediksi akan berubah cukup banyak, ada hal lain juga yang ikut dibicarakan. Yakni terkait kontroversi mesin yang digunakan, serta apakah sistem penggerak roda dari Avanza 2022 akan berubah ke bagian depan. Jadi apakah Avanza FWD atau RWD?

Baca juga : Bocoran: Sayonara RWD, tampilan All New Toyota Avanza 2022

Berkaca dari Daihatsu DN Multisix Concept

Ramainya topik mengenai Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022 ini sudah mencuat sejak Daihatsu memunculkan mobil konsep DN Multisix. Saat itu tidak ada satupun pernyataan resmi yang keluar dari petinggi PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Namun mobil konsep yang muncul di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 itu digadang-gadang adalah cikal bakal Avanza-Xenia baru.

Berbekal dari model konsep inilah, lantas kemudian muncul rendering Toyota Avanza terbaru di lini sosial media. Satu diantaranya dari akun Instagram @Bagasatriakbar yang mempercayai kalau bentuk Avanza baru akan punya garis-garis desain mirip dengan DN Multisix.

Toyota Avanza 2022

Rendering Avanza terbaru

Selanjutnya, digital artist Theophilus chin juga memberikan gambaran tentang generasi berikutnya dari Perodua Alza. Mobil ini merupakan jelmaan lain dari Daihatsu Xenia yang dipasarkan oleh Perodua di Malaysia.

Wujud desainnya pun sama-sama tajam. Identik dari bahasa desain yang dimunculkan dari Daihatsu DN Multisix. Tapi apakah benar akan seperti ini sosok Avanza dan Xenia baru? Tentunya sampai berita ini dipublikasikan, cuma Toyota serta Daihatsu yang bisa menjawabnya.

Daiahtsu Xenia 2022

Rendering Daihatsu Xenia di Malaysia

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Terbaru Ada Opsi Hybrid?

Selain ragam pendapat mengenai wujud fisik dari Toyota Avanza 2022, hal yang juga cukup diperdebatkan adalah mengenai spesifikasi teknis dari generasi terbaru produk kembar pertama Toyota dan Daihatsu ini.

Pertama mengenai mesin yang akan dipakai. Banyak yang berspekulasi jika Avanza 2022 akan mulai mengadopsi mesin hybrid. Hal tersebut mengacu dari adanya kabar jika Toyota juga berencana menghadirkan Innova dan Fortuner hybrid.

Toyota Avanza 2021 Engine

Saat ini Avanza pakai mesin 1.3L dan 1.5L

Namun lagi-lagi petinggi TAM belum mau berbicara banyak tentang hal ini. "Pastinya ketika kita mempersiapkan satu produk baru, kita lakukan studi yang cukup panjang, untuk melihat seperti apa sih kebutuhan dari pasarnya. Kita pilah mana yang dibutuhkan pasar, maka itulah yang akan kita hadirkan," ucap Anton.

Baca juga : Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata Dengan Hadirnya Generasi Baru Perodua Alza Pada Akhir 2021?

Avanza FWD atau RWD?

Selain mesin, spekulasi berikutnya adalah adanya kemungkinan perubahan Toyota Avanza jadi FWD alias menggunakan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive). Seperti kita ketahui, selama dua generasi, Avanza selalu menggunakan sistem penggerak roda belakang (RWD/Rear Wheel Drive).

Apakah benar demikian? Tentu ini juga masih disimpan rapat oleh Toyota dan Daihatsu. Meski begitu, banyak pendapat bermunculan jika Avanza FWD akan mengurangi kemampuannya seperti saat menggunakan sistem RWD. Terutama jika Avanza dipakai di medan-medan berat di sejumlah daerah pelosok di Indonesia.

Sebenarnya ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari RWD dan FWD. Sisi RWD antara lain lebih kuat saat akselerasi serta kemampuan manuver mobil lebih baik. Tapi mobil dengan sistem FWD juga cenderung lebih nyaman, punya ruang kabin lebih lapang, serta konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Toyota Avanza 2022

Apakah Avanza akan berubah jadi FWD?

Namun menariknya, kabar paling anyar muncul dari Malaysia melalui pihak suplier komponen Perodua, Sapura Industries Berhad. Perusahaan ini menginformasikan jika Perodua Alza alias Daihatsu Xenia 2022 akan menggunakan kode proyek D27A. Dan model ini akan kembali memakai platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) sebagaimana yang diterapkan juga pada Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Perusahaan tersebut pun memprediksi jika waktu peluncuran Xenia model baru ini akan ada di akhir 2021. Strategi yang diterapkan akan serupa dengan Perodua Aruz yang merupakan kembaran Daihatsu Terios namun dengan beberapa perbedaan menyesuaikan kebutuhan pasar di Malaysia.

Benarkah semua prediksi ini? Kita tunggu saja kabar berikutnya dari Toyota dan Daihatsu.

Baca juga : Kaya Akan Fitur dan Mengandalkan Penggerak Roda Depan, Toyota Avanza Mestinya Bisa Ditaklukkan Wuling Cortez

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru