Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC

Enda · 28 Apr, 2021 16:00

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 01

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky telah lama ditunggu oleh para pegiat otomotif Tanah Air. Kedua SUV kompak ini diperkenalkan pertama kali, dua tahun yang lalu pada ajang Tokyo Motor Show 2019.

Sebagai perbekalan, baik Raize maupun Rocky sendiri disematkan fitur yang tak kalah menarik, sehingga dapat memberikan perlindungan serta kenyamanan bagi siapa pun yang mengendarainya. Tak ingin terlewatkan, di Indonesia, pesaing utama Nissan Magnite dan Kia Sonet ini diketahui mendapatkan dua pilihan mesin terbaru, yakni 1.0L turbo serta 1.2L NA.

Mengenai varian 1.0L turbo, mesin yang sama juga digunakan pada Raize ataupun Rocky yang dijual di negara asalnya. Tidak hanya itu, saudara kembar mobil ini di Negeri Jiran, dengan penamaan Perodua Ativa (D55L) juga menawarkan mesin yang sepadan.

Baik Raize dan Rocky di Jepang serta Ativa (D55L) yang ada di Malaysia, bermesin 1.0L turbo sudah melakukan pengujian terhadap konsumsi bahan bakar.

Lantas, berapa angka konsumsi BBM yang diraih Toyota Raize dan Daihatsu Rocky untuk varian 1.0L turbo? Berikut ulasannya.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini!

Mengenal Lebih Dekat Jantung Pacu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Varian 1.0L Turbo

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 02

1.0L turbo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Sebelum mengetahui berapa angka konsumsi BBM yang diraih Raize maupun Rocky, baiknya kita melihat spesifikasi data pada mesin 1.0L turbo yang digunakan SUV kompak ini.

Diketahui bahwa varian 1.0L turbo yang dibenamkan mobil ini berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc. Melihat data di atas kertas, mesin yang digunakan dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta angka torsi mencapai 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm.

Meski secara reliabilitas mesin yang digunakan terbilang kecil, kenyataanya tenaga yang dilontarkan mesinnya tersebut terbilang besar. Hal ini tentunya didukung dengan adanya faktor turbocharger. 

Melihat penggunaan jumlah silinder yang lebih sedikit dari mobil pada umumnya, membuat mobil ini terbilang lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Namun demikian mesinnya tetap menghasilkan tenaga serta torsi yang besar.

Hal ini dikarenakan minyak yang masuk ke ruang bakar tidak perlu banyak-banyak untuk melakukan pembakaran.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Lampaui 15 Km/liter

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 03

Tampilan layar TFT speedometer Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Pengujian dilakukan terhadap mesin 1.0L turbo. Melihat data yang diperoleh dari Wapcar Malaysia atas pengujian konsumsi BBM terhadap Perodua Ativa (D55L), secara real-time, konsumsi bahan bakarnya sekitar 15,6 km/liter penggunaan dalam kota.

Menurut Perodua, pengujian yang dilakukan terhadap Ativa (D55L) ini diklaim mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar mencapai 18,9 km/liter. Tentunya angka konsumsi yang dihasilkan terbilang lebih irit bila dibandingkan dengan produk LCGC, yaitu Daihatsu Sigra yang secara pengetesan mampu memperoleh 13,5 km/liter.

Data Konsumsi BBM Perodua Ativa 
20 km -
421 km 13 km/l
740 km 12 km/l
1,032 km 14.8 km/l
1,453 km 13.2 km/l
1,750 km 11.9 km/l
1,976 km 12.5 km/l

Berbeda dengan Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky yang dijual di Jepang, secara data pengujian, SUV ini mampu memperoleh konsumsi BBM jenis bensin 14,4 km/liter dalam kondisi macet ‘stop and go’. Berbeda apabila digunakan berpergian ke luar kota dengan kecepatan yang konstan, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 20,2 km/liter.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dapat Fitur ADAS yang Berbeda

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 04

Toyota Safety Sense (TSS) Toyota Raize

Dengan harga yang di bawah Rp300 juta, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dinobatkan sebagai SUV terjangkau di Indonesia yang pertama kali disematkan fitur pintar berupa ADAS (Advance Driver Assistant System) tingkat tinggi. Artinya, fitur tersebut dilengkapi teknologi semi-otonom.

Mengenai fitur ADAS, pada Daihatsu Rocky memiliki sebutan A.S.A. (Advanced Safety Assist). Sedangkan fitur serupa pada Toyota Raize dinamai Toyota Safety Sense (TSS).

Bicara fitur keselamatan A.S.A pada Rocky sudah mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Front Departure Alert.

Sedangkan Toyota menghadirkan fitur keselamatan TSS lebih lengkap dari A.S.A dengan tambahan berupa Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert.

Baca juga: Hasil Uji Akselerasi 0-100 Km/jam Toyota Raize Lebih Cepat dari Toyota Corolla Cross Hybrid, Nggak Percaya?

Melihat Fitur Unggulan Pada SUV Kompak Terbaru Toyota dan Daihatsu Ini

Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky mendapatkan fitur unggulan yang juga tidak kalah menarik dan wajib kalian simak. Berikut tabelnya.

Fitur bagian dalam Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
LCD 7 inci TFT
Head unit floating 8 inci (1.2L) dan 9 inci (1.0L turbo)
Digital AC
Smart Entry with Push Start Button
Power Mode Switch (CVT)
Airbags (6 Airbags di GR SPORT TSS)
ABS+EBS
Vehicle Stability Control
Hill Start Assist
Seatbelt warning untuk semua penumpang
Kamera parkir
Sensor parkir
Alarm with Immobilizer
Exclusive Leather Steering
Fabric & Leather Combination Seats
Auto AC
Auto headlamp
Paddle Shift (CVT)

 

Fitur bagian luar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky
LED Headlamp with Halogen Turn Lamp
LED Rear Combi Lamp
Black roof/two tone color option (1.0 G Turbo ke atas)
17 inch Two Tone Alloy Wheel with 205/60R17 tyre size (1.0 G Turbo ke atas)
16 inch Silver Alloy Wheel with 205/65R16 tyre size (Raize 1.2 G)
GR Sport Body Kit dan GR Sport Emblem (Raize GR Sport)
LED headlamp with Sequential Turn Lamp (Raize GR Sport)
Daytime Running Lamp (Raize GR Sport)

Varian Toyota Raize serta Daihatsu Rocky yang Ada di Indonesia

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 05

Tampilan belakang Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Daihatsu Rocky akan dihadrikan dalam tujuh varian, diantaranya: 1.2 M MT, 1.2M CVT, 1.2 X MT, 1.2 X CVT, 1.0 R Turbocharged MT, 1.0 R Turbocharged CVT dan 1.0 R Turbocharged CVT ASA (Advance Sistem Assist).

Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC 06

Tampilan belakang Toyota Raize (Foto: webcg.net)

Toyota Raize sendiri ditawarkan dengan pilihan yang lebih sedikit, diantaranya: 1.2 G MT, 1.2 G CVT, 1.0 turbo G MT, 1.0 turbo G CVT, 1.0 turbo GR Sport CVT dan 1.0 turbo GR Sport CVT (TSS) Toyota Safety Sense. Diketahui bahwa Raize dinobatkan sebagai mobil pertama Toyota Astra Motor yang melantai di Indonesia dengan varian turunan Gazoo Racing yang terkesan lebih sporty dan atraktif.

Kesimpulan

Menggali informasi soal SUV terbaru Toyota dan Daihatsu berdasarkan pengujian bahan bakar terhadap Perodua Ativa (D55L) maupun Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, dapat disimpulkan bahwa varian 1.0L turbo mampu meraih angka konsumsi BBM sekira 15 km/liter penggunaan dalam kota, serta 18 km/liter untuk penggunaan luar kota.

Baca juga: 5 Hal Mengapa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Layak Dinantikan Peluncurannya!

Komentar