Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik

Prasetyo · 4 Des, 2022 12:19

Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik 01

Muffler knalpot mobil, mungkin Anda pernah mendengar istilah komponen yang satu ini. Ya benar, muffler adalah bagian dari knalpot, tapi bagian yang mana? Dan apa fungsi dari muffler knalpot itu sendiri? Mari kita bahas.

Muffler adalah bagian dari sistem knalpot kendaraan yang fungsinya meredam suara ketika gas buang dikeluarkan ruang mesin. Jika muffler tidak terpasang maka suara knalpot mobil bakal lebih nyaring dan berisik ketimbang dengan muffler.

Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik 02

Bagian ujung knalpot ini sering disebut tailpipe atau muffler tip

Selain muffler ada juga yang namanya muffler tip. Yaitu bagian paling luar dalam sistem knalpot mobil yang letaknya sering kali di bawah bemper belakang. Komponen ini juga sering dijuluki tailpipe.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Jangan Abaikan Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Kalau Kelamaan Bisa Turun Mesin

Jenis Muffler Knalpot Mobil

Dikutip dari Daihatsu Indonesia, ada beberapa jenis muffler yang dibedakan berdasarkan konstruksinya. Yaitu muffler standar, straight flow, resonance chamber, baffle silincer.

Standar

Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik 01

Konstruksi muffler berbeda-beda

Muffler ini merupakan yang buatan dari pabrikan kendaraan. Muffler ini memiliki saluran pipa masuk dan pipa buang untuk sirkulasi gas buang. Temperatur gas buang dari komponen ini paling rendah karena di dalam saluran pipa memiliki ruang resonansi. Kalau Anda membeli mobil bekas, sebaiknya pilih yang masih pakai muffler standar.

Straight Flow

Jenis ini memiliki saluran pipa berbentuk lurus dan berlubang-lubang mengelilingi saluran ini. Pada saluran tersebut terdapat absorption materials sebagai pelapis dan peredam suara. Biasanya jenis ini digunakan untuk knalpot racing.

Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik 02

Pipa lurus biasanya untuk kebutuhan balap

Resonance Chamber

Jenis muffler ini memiliki banyak ruang yang berlubang-lubang dan berfungsi untuk ekspansi gas.

Baffle Silencer

Jenis muffler ini memiliki tabung yang memiliki banyak ruang zig-zag yang berfungsi untuk meminimalkan suara dan emisi gas buang yang dikeluarkan knalpot.

Baca juga: Nih Akibatnya Kalau Asal Ganti Knalpot Mobil, Bikin Nggak Nyaman!

Bahan Pembuat Muffler

Selain dari konstruksinya, muffler knlpot mobil juga bisa dibedakan memalui material yang dipakai.

Galvanis

Jika Anda ingin memiliki muffler knalpot yang anti karat, Anda bisa memilih muffler dengan bahan baku galvanis. Namun, bobot dari muffler jenis ini cukup berat.

Mengenal Fungsi dan Jenis Muffler Knalpot Mobil, Jangan Asal Berisik 03

Bahan galvanis dan stainless paling banyak dipakai

Stainless

Bahan baku ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan muffler dengan bobot ringan. Bahan stainless juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap karat sama seperti galvanis.

Titanium

Bahan baku ini memiliki sifat anti karat sama seperti galvanis, dan stainless. Bobot yang dimilikinya juga ringan. Selain itu, titanium juga kuat terhadap paparan suhu panas, sehingga membuat muffler lebih awet.

Carbon

Bahan baku ini merupakan bahan terbaik untuk membuat muffler karena dapat mengoptimalkan kinerja knalpot. Namun, untuk memiliki muffler jenis ini harganya lebih mahal.

Baca juga: Wajah Mirip Suzuki Truntung, Pickup Ini Anti Knalpot Ngebul

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru