window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan

Prasetyo · 7 Mar, 2023 16:09

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 01

Bicara Honda Brio Satya pastinya sudah banyak yang tau. Pun demikian kalau membahas varian tipe dari Honda Brio, mungkin semua Hondaisme alias penggemar Honda juga paham betul.

Ya saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) memiliki tujuh varian tipe dari Brio. Mulai dari Brio Satya tipe S transmisi manual (M/T), lalu ada Brio Satya tipe E M/T, lantas Brio Satya tipe E transmisi otomatis CVT.

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 02

Brio RS Urbanite Edition 2022

Berikutnya Brio RS M/T, Brio RS CVT, Brio RS Urbanite Edition M/T, dan Brio RS Urbanite Edition CVT. Untuk seri Brio RS mauk kategori citycar, sementara Brio Satya digolongkan sebagai Low Cost Green car (LCGC).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah tapi tahukan Anda kalau HPM sempat menawarkan Honda Brio Satya tipe A dengan transmisi manual. Mobil ini masuk kategori LCGC dan saat dijual harganya cuma Rp100 jutaan.

Baca juga: Alasan Honda Brio Bekas Lebih Banyak Diburu Dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Bekas

Honda Brio Satya Lahir di 2013

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 01

Belum ada foglamp dan lampu utama masih halogen

Sedikit mengulang sejarah lahirnya Brio Satya di Indonesia, maka mobil murah Honda ini hadir pertama kali di September 2013. Namun saat itu pihak HPM menegaskan, meski masuk golongan kendaraan yang mendapat insentif dari pemerintah, tetapi secara kualitas tidak dibedakan dengan Brio non LCGC.

Dan tahukah Anda, kala itu Brio Satya hadir dalam tiga pilihan tipe, yakni tipe A, S, dan E. Perbedaan dengan Brio non LCGC adalah dari pilihan transmisinya. Karena semua Brio Satya hanya hadir dengan gearbox transmisi manual, sementara untuk Brio ada pilihan transmisi CVT.

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 02

Brio Satya awalnya cuma hadir dengan transmisi manual

Harga Honda Brio Satya saat diluncurkan 2013:

  • Brio Satya tipe A: Rp106 juta
  • Brio satya tipe S: Rp111 juta
  • Brio Satya tipe E: Rp117 juta

Pada saat yang sama, HPM juga mengumumkan kalau seluruh model Brio akan diproduksi oleh Honda di Indonesia. Dengan tingkat kandungan lokal yang awalnya kurang dari 40 persen menjadi sekitar 80%.

Baca juga: Intip Fitur Keselamatan Honda All New Brio, Low Cost Green Car Termahal di Indonesia

Spesifikasi Honda Brio Satya Tipe A

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 03

Masih pakai velg kaleng ring 14

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, semua varian Brio memiliki spesifikasi teknis yang serupa. Termasuk dalam urusan mesin. Yang membedakan hanya pada kelengkapan fitur dan aksesorisnya saja.

Karena itulah Brio Satya tipe A juga sama-sama menggunakan mesin 1.200 cc SOHC i-VTEC 4 silinder. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 88 PS dengan torsi 108 Nm di 4.000 rpm. Menggunakan penggerak roda depan dengan teknologi Drive by Wire, mobil ini memakai sistem transmisi manual 5 percepatan.

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 04

Spion dan gagang pintu masih hitam dof

Tapi karena jadi varian paling basic, maka Brio Satya tipe A MT masih menggunakan steel wheels alais velg kaleng meskipun ukurannya tetap 14 inci seperti tipe S dan E. Kemudian spion luarnya juga belum elektrik, dan juga gagang pintu masih dicat hitam dof bukan sewarna body.

Dibagian dalam, ia masih pakai headunit single din yang sederhana serta cuma disambung dua speaker pada pintu penumpang depan dan pengemudi. Walau demikian meter cluster pengemudi telah dilengkapi Multi Information Display (MID) serta ada ECO Indicator.

Baca juga: Modelnya Padahal Mirip, Ini Alasan Kenapa Harga Bekas Honda Brio 2012 Lebih Mahal dari Brio 2013

Mengenal Honda Brio Satya Tipe A, Dulu Barunya Cuma Rp100 Jutaan 05

Headunit single din tanpa audio steering switch

Urusan fitur keselamatan juga sebenarnya sudah cukup lengkap dimasanya. Karena Brio Satya termurah ini tetap pakai 2 SRS Airbags, rangka bodi G-CON, pretensioner seatbelt with load limiter dan immobilizer seperti hanya tipe S dan E.

Sayangnya unit Brio Satya tipe A ini cukup jarang ditemui. Sehingga keberadaan mobil bekasnya pun sulit dijumpai. Tapi kalau mau beli mobil bekas Honda Brio dengan kualitas terbaik, bisa cari di CARSOME.

@autofun.indonesia Belom ada setahun udah penyenpurnaan model aja nih! Semakin sip atau semakin skip? #reviewmobil #mobilbaru #suzuki #spresso #suzukispresso ♬ Bossa nova gentle laid back latin afternoon - gooooodee_jay

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil