window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil

Dhoni · 5 Mei, 2021 13:00

Apakah anda pernah melihat kode atau tanda pada kaca mobil? Memang tidak semua kaca mobil terdapat tanda atau kode. Namun sebagian kaca mobil dipastikan terdapat tanda atau kode. Lalu apa arti dari tanda atau kode tersebut?

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 01

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil

Baca juga: Sering Terabaikan, Ini Arti Dari Tanda Segitiga Kecil Pada Kaca Mobil Honda

Mungkin bagi sebagian orang, informasi tentang kode yang tertera pada kaca mobil tidak penting dan kurang menarik diketahui. Berbeda dengan tanda segitiga kecil yang terdapat pada kaca depan mobil Honda. Namun tidak ada salahnya mengetahui arti dari kode pada kaca mobil.

Kode Logo Dari Pabrikan Kaca Mobil 

Pada dasarnya terdapat beberapa logo yang menjelaskan asal atau pabrik pembuat kaca mobil. Beberapa pabrikan pembuat kaca mobil seperti Saint Gobain dari Perancis, Pilkington dari Inggris, AGC dan Nippon dari Jepang, Schott dari Jerman dan Xinyi dari China.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 01

Kode pada kaca mobil

Kembali kami ingatkan, tidak semua kaca mobil terdapat tanda atau kode. Namun kode produsen atau pabrik pembuatan kaca mobil pasti terlihat jelas.

Standar Keamanan Kaca Mobil 

Untuk memenuhi standar keamanan pada kaca mobil, setiap Negara memiliki kode berbeda. Kode tersebut juga dapat dijadikan sebagai acuan Negara pembuat kaca mobil. Untuk kode keamanan pada kaca mobil seperti AS – Amerika, E – Eropa, JIS (Japan Industrial Standard) – Jepang dan CCC (China Compulsory product Certification) menjadi kode standar keamanan kaca mobil di China.

Namun biasanya tidak hanya terdapat satu standar keamanan pada kaca mobil.

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 02

Untuk kode DOT yang terdapat pada kaca mobil, merupakan singkatan dari Departement of Transportasi sehingga akan menjadi DOT-563 atau American DOT-563 standar. Berarti kaca mobil tersebut telah memenuhi standar keamanan di amerika serikat.

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 03

Kode nama pada kaca mobil

Sedangkan standar keamanan kaca mobil di Eropa, terdapat kode yang berbeda. E1 kode standar keamanan di Jerman, E2 untuk Negara Perancis dan E3 di Negara Italia. Untuk angka setelah kode ‘E’ (seperti 43R-000055) menjadi kelanjutan dari standar keamanan.

Standar kode pada kaca
E1 Germany
E2 France
E3 Italy
E4 Netherlands
E5 Sweden
E6 Belgium
E7 Hungary
E8 Czech Republic
E9 Spain
E10 Serbia

Di Asia, untuk standar keamanan kaca mobil juga menggunakan kode ‘E’ seperti halnya Malaysia menggunakan kode E52 dan Thailand  berkode E53. Sedangkan di Indonesia, kode SNI wajib tersemat untuk kendaraan atau sekedar kaca mobil yang tersedia di pasar. 

Kode Jenis Kaca Depan Mobil 

Pada kaca mobil juga terdapat kode yang menjelaskan lapisannya, kode angka romawi yang digunakan. Untuk ‘I’ ditujukan pada kaca depan, ‘II’ kaca depan dengan dua lapis, ‘III’ kaca depan multi lapis dengan perlakukan khusus dan ‘IV’ untuk kaca berbahan plastik. Sedangkan kode ‘V’ untuk kaca mobil selain kaca depan dengan koefisien transmisi cahaya rendah dari 70%.

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 04

Kode Lapisan Kaca Mobil 

Pada kaca mobil juga akan terdapat kode ‘T’ atau ‘TP’ hingga ‘L’. kode tersebut menjelaskan model dan penggunaan yang tepat pada kaca mobil. Untuk kode ‘L’, dengan arti kaca Laminated atau windshield lebih cocok digunakan untuk kaca depan mobil. Kaca laminated memiliki kekuatan yang dapat meredam benturan. Jika terjadi benturan, kaca jenis ini pecahannya tidak menyebar sehingga tetap dapat memberikan visibilitas.

Kode ‘TP’ atau kaca Tempered memang memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih besar dengan ukuran tebal 5 milimeter dan yang dapat menerima benturan hingga 1.500 Kg/Cm2. Tetapi karena karena akan terpecah menjadi bagian kecil, kaca tempered hanya digunakan untuk bagian samping dan belakang mobil.

Kode Tanggal Pembuatan n Kaca Mobil 

Setiap pabrikan memiliki perbedaan dalam memberikan informasi tanggal pembuatan kaca mobil. Sebagai contoh kaca dari FuYao Glass Industry. Angka ‘9’ menunjukkan tahun 2009 sedangkan satu titik setelahnya menunjukkan (‘1’ + 6) bulan produksi yang berarti Juli 2009.

Dalam contoh berbeda kaca mobil buatan oleh XinYi Glass ini, angka ‘9’ pada baris pertama menunjukkan tahun 2009. Jumlah baris kedua berjumlah 11 (1 + 2 + 8) yang mewakili November, dan baris ketiga berjumlah angka untuk mewakili hari dalam bulan (10 + 2 + 1 + 4 = 17). Hasilnya kaca mobil tersebut diproduksi pada 17 November 2009.

Mengenal Kode Pembuatan dan Kemampuan Pada Kaca Mobil 05

Jadi dengan kode yang terdapat pada kaca mobil, paling tidak anda dapat mengetahui kapan proses produksi hingga fungsi dan kemampuannya.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil