Mengenal Mobil Sejuta Umat Serta Promo Toyota Avanza Terbaru

Bent Aulia · 2 Okt, 2020 17:30

Mengenal Mobil Sejuta Umat Serta Promo Toyota Avanza Terbaru 01

Apa yang membuat mobil Toyota Avanza menjadi pilihan keluarga Indonesia? Harga yang terjangkau dan kapasitas ruang yang lapang bisa dibilang menjadi kelebihan “Mobil Sejuta Umat” ini. Apalagi Avanza secara khusus dikembangkan untuk pasar Tanah Air. Dengan sejarahnya sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia, simak perkembangan mobil Avanza dari masa ke masa serta berbagai promo Toyota Avanza 2020 menarik di akhir tahun.

Perkembangan mobil Toyota Avanza

Toyota Avanza digemari konsumen Indonesia karena menghadirkan berbagai kelebihan dan keunggulan kendaraan Multi-Purpose Vehicle (MPV). Pasalnya Avanza memang dikembangkan khusus untuk konsumen Tanah Air dengan semua kebutuhannya.

generasi pertama Toyota Avanza

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Saking banyaknya Avanza di Indonesia, banyak yang menyebutkan bagaimana susahnya melewati mobil Toyota Avanza. Ketika melewati satu mobil Avanza, ada lagi mobil Avanza lainnya. Menandakan bagaimana populernya Avanza di percaturan otomotif Indonesia.

PT Toyota Astra Motor pertama kali memperkenalkan Avanza pada ajang Gaikindo Auto Show 2003. Bertepatan dengan perkenalan Toyota Kijang Innova yang dipersiapkan untuk menggantikan Toyota Kijang Kapsul. Sedangkan Avanza masuk diposisikan di bawah Kijang Innova.

Generasi pertama Avanza

Dalam peluncurannya, Avanza hadir dalam 2 varian, yaitu 1.3 E dan 1.3 G dengan hanya pilihan transmisi manual 5-percepatan yang tersedia. Fitur yang diberikan masih cukup minim, namun tetap menarik perhatian dengan desain dan konfigurasi 7 penumpang yang banyak dicari konsumen Tanah Air.

Toyota Avanza 2003

Toyota Avanza 1.3 E merupakan trim entry level yang dibuat cukup sederhana. Terlihat dari velg kaleng 13 inci, jendela dengan pemutar manual, serta spion yang dioperasikan secara manual menjadi ciri khas mobil ini. Sedangkan varian 1.3 G mendapatkan fitur yang lebih lengkap. Seperti kehadiran lampu kabut, spion, AC dengan teknologi double blower, serta velg alloy 14 inci dengan ban berukuran 185/70 yang lebih stabil di jalanan.

Keduanya menggunakan mesin berkode K3DE berkapasitas 1.3L, belum mendapatkan teknologi VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga hingga 88 PS dan torsi maksimal 116 Nm. Baru pada tahun berikutnya hadir Toyota Avanza 1.3 S bertransmisi otomatis 4-percepatan dengan mesin K3-VE dan tenaga 90 PS.

mobil Avanza generasi pertama

Fitur keselamatan yang ditawarkan menggunakan teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Sedangkan untuk memberikan rasa nyaman di belakang kemudi, setir Toyota Avanza sudah dilengkapi teknologi tilt steering dan head unit bergaya 2DIN.

Pada tahun 2006, varian 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T diperkenalkan. Dengan mesin berkode 3SZ-FE yang lebih besar, yaitu 1.5L, mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 110 PS dan torsi puncak 141 Nm yang membuatnya lebih tangguh di jalanan.

Facelift awal mobil Avanza

Facelift mobil Toyota Avanza generasi pertama meluncur dua kali. Yang pertama pada tahun 2008 dan yang kedua pada tahun 2009. Bagian atap dibuat berundak agar tidak menimbulkan suara yang terlalu bising ketika menempuh hujan.

facelift awal Toyota Avanza

Peningkatan lainnya terasa pada desain bumper yang lebih minimalis dan tanpa terlalu banyak lekukan di depan. Grille mendapatkan perubahan, memiliki 3 bilah garis yang membuatnya terasa lebih modern dan menawan.

Banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan transmisi otomatis untuk pengendaraan yang lebih mulus dalam kondisi stop-and-go di jalanan perkotaan, TAM baru merilis pilihan transmisi otomatis yang dipamerkan pada Avanza 1.3 G dan 1.3 E.

Generasi kedua yang modern

Dikenal juga dengan nama All New Avanza, Toyota Avanza mendapatkan facelift yang meluncur pada tahun 2011 setelah diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2010. Generasi kedua dibuat lebih dinamis dan modern dibandingkan sebelumnya.

Perubahannya terlihat dari penggunaan lampu depan berbentuk segitiga baru, meski masih mengusung teknologi multi-reflektor. Bumper depan pun mendapatkan revisi supaya terlihat lebih modern dengan lekukan yang lebih tajam.

Toyota Avanza berwarna hitam

Tampilan depan dibuat lebih mengesankan dengan grille dibuat lebih besar. Menyatukan lampu kanan dan kiri. Dilengkapi dengan lampu rem dengan menggunakan desain baru yang dibuat lebih lancip dibandingkan sebelumnya.

Ubahan juga terjadi pada interior. Meski sebagian besar masih menggunakan model yang sama dengan edisi generasi pertama, ada beberapa perubahan pada panel kabin. Termasuk panel instrumen dan setir yang menggunakan gaya baru serta head unit layar sentuh yang diberikan pada mobil Avanza Tipe G dan Veloz.

Tentu saja ubahan paling lengkap bisa ditemukan pada Veloz 1.5 sebagai varian tertinggi. Ubahan pada lampu multi reflektor yang digunakan disertai revisi desain pada bumper yang membuatnya lebih besar. Begitu juga emblem ‘Veloz’ pada pintu belakang mempertegas kedigdayaannya sebagai varian termahal Avanza.

generasi kedua Toyota Avanza terbaru

Sama seperti sebelumnya, Avanza mendapatkan 2 pilihan mesin, Mesin 1.3L dan 1.5L ditawarkan dalam 3 tipe, yaitu 1.3 E, 1.3 G, serta 1.5 Veloz yang lebih baru. Mesinnya mendapatkan update, dengan kode 1NR-FE bertenaga maksimum 96 PS dan 125 Nm torsi puncak.

Yang terbaru ada Toyota Avanza Veloz dengan mesin 1.5L berkode 2NR-FE yang lebih besar. Tenaganya pun lebih besar, tercatat sebesar 103 PS serta torsi maksimal 144 Nm. Kelengkapannya terlihat dari pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Facelift pertama dengan peningkatan teknologi

Pada tahun 2015, TAM membawa pembaharuan pada generasi kedua Avanza. Diperkenalkan dengan nama Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Avanza secara keseluruhan mendapatkan beberapa peningkatan tampilan dan teknologi yang digunakan.

Ubahan terlihat jelas dengan penggunaan lampu multi-reflektor model terbaru, desain grille yang dibuat lebih tebal, serta perbedaan yang signifikan dari tampilan bumper antara Toyota Avanza dan Avanza Veloz.

Toyota Avanza facelift pertama generasi kedua

Tampilan luarnya juga membedakan kedua mobil yang memiliki tampilan serupa ini. Sama-sama bertumpu pada velg 4-spoke yang menawan, Avanza masih menggunakan velg single color 14 inci. Sedangkan Veloz sudah diberikan velg dual tone 15 yang lebih elegan.

Tapi tak ada perubahan berarti yang ditawarkan pada mesin kedua mobil ini. Keduanya mengandalkan mesin 1.3L dan 1.5L yang digunakan sejak awal generasi kedua. Sedangkan pilihan mesin 1.5L A/T hanya tersedia untuk Avanza Veloz.

Beralih ke dalam kabin, ada interior berwarna dual tone yang memadukan kesan elegan dari warna krem dan hitam. Panel dashboard dan door trim masih mirip dengan generasi sebelumnya. Begitu juga dengan tampilan jok dan setir.

Perubahan Toyota Avanza bisa dirasakan pada fitur audio yang sudah ditingkatkan. tersemat head unit 2DIN yang sudah bisa digunakan untuk memutar CD/DVD, USB dan mampu membaca format MP3 sebagai teman perjalanan. Ada pula speedometer baru lengkap dengan layar MID.

mobil Toyota Avanza Veloz

Jika mobil baru Avanza mendapatkan peningkatan fitur, begitu pula Grand New Veloz yang lebih mewah dibandingkan sebelumnya. Interior berwarna hitam bergaya dual tone disandingkan dengan panel abu-abu serta aksen garnish berwarna perak yang membuat mobil ini terasa lebih premium dibandingkan saudaranya.

Termasuk di dalam kabin ada head unit 2DIN berukuran 6 inci yang terintegrasi dengan dashboard. Kelengkapan fitur serta sistem hiburan yang ditawarkan masih sama dengan New Avanza. Namun Veloz menawarkan layar tambahan yang terdapat pada plafon untuk kenyamanan penumpang belakang.

Facelift Avanza 2019

Kehadiran Mitsubishi Xpander yang sempat mengungguli Avanza dalam hal penjualan bulanan membuat petinggi TAM mulai menawarkan tampilan yang lebih baru dari Avanza. Terbukti dari perubahan yang dilakukan pada 2019 lalu.

Namun bukan generasi baru seperti yang sudah diperkirakan sebagian penggemar otomotif. Mobil Avanza 2019 hanya mendapatkan ubahan berupa facelift untuk menyegarkan tampilannya. Pihak TAM menyebutkan bahwa Avanza masih memiliki taji untuk bersaing di segmen Low MPV.

mobil Toyota Avanza 2019

Berbagai perubahan bisa terlihat pada Avanza 2019. Desain grille mendapatkan nuansa chrome serta dibuat lebih lebar. Begitu juga dengan bumper bawah dengan ornamen grille berwarna hitam, bersanding dengan lampu kabut yang diubah bentuk menjadi segitiga.

Revisi paling besar Avanza 2019 terasa pada lampu depan yang lebih sipit serta dibuat bertingkat. Layaknya Toyota Vellfire yang membuatnya terkesan lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Lengkap dengan teknologi LED yang membuatnya semakin terang.

Interiornya masih dual tone dengan perpaduan warna hitam dan coklat terang. Di dalam ada head unit layar sentuh yang menghiasi dashboard New Avanza 1.5 G. Lebih praktis menggunakan sistem iPod yang bisa diakses dengan mudah oleh pengemudi.

interior Toyota Avanza 2020

Avanza 2019 mendapatkan pengaturan AC Digital, membuatnya setara dengan model LMPV lain yang lebih baru. Kursi baris ketiga dibuat mirip dengan Toyota Kijang Innova: menggunakan konfigurasi 50:50 serta penambahan sistem kekedapan kabin.

Saat ini, hanya ada dua varian yang diberikan pada mobil baru. Harga Toyota Avanza dimulai dari Rp197 jutaan untuk varian entry level, Avanza 1.3 E STD M/T. Sedangkan varian Avanza 1.3 E paling tinggi dibanderol dengan harga Rp211 jutaan.

Setelah itu, varian Toyota Avanza G memiliki dua pilihan mesin, 1.3L dan 1.5L. Harganya dimulai dari Rp218 jutaan untuk Avanza 1.3 G dan Rp228 jutaan untuk 1.3 G A/T. Sedangkan harga mobil Toyota Avanza 1.5 G M/T yang hanya ditawarkan dalam satu pilihan transmisi dibanderol Rp230 jutaan.

Promo Toyota Avanza 2020

Dengan populasinya yang sangat tinggi di jalanan Tanah Air, Avanza menjadi bagian dari jualan paling laris PT TAM di Indonesia. Bahkan Avanza mendominasi pemuncak daftar mobil terlaris setiap bulan. Sebelum Mitsubishi Xpander hadir sebagai pesaingnya pada tahun 2007.

Dan untuk mendongkrak penjualan Avanza, terlebih di tengah pandemi COVID-19 ini, TAM dan Auto 2000 selaku bengkel resmi Toyota tak ketinggalan menawarkan berbagai promo Toyota Avanza 2020, dengan harga mobil Toyota yang lebih terjangkau.

tampilan dalam Toyota Avanza 2020

Pihak TAM sendiri memperkenalkan beberapa program bagi konsumen mobil baru Toyota, termasuk Avanza. Yang pertama yaitu Leasing Program Support yang memberikan promo Spektakuler Package dengan rate khusus 3,7% flat 3 tahun untuk konsumen nasional.

Sedangkan khusus bagi konsumen di daerah Jabodetabek, ada promo Deal Cermat yang memberikan keringanan cicilan 30% serta cashback Rp2 juta. Bahkan TAM memberikan program apresiasi bagi tenaga medis (Dokter, Suster, dan Mantri) dengan rate tenor 0% untuk 1 tahun, 1% untuk 2 tahun, dan 2% untuk 3 tahun.

TAM juga menawarkan cashback Rp3 juta per unit bagi setiap konsumen yang melakukan trade-in ke mobil Toyota baru. Gratis Check Up diberikan setiap penggantian Cabin Air Filter. Ada pula layanan after sale dari Toyota Mobile Service (TMS) dan Pick Up Delivery.

promo Toyota Avanza terbaru

Tak hanya TAM, Auto 2000 tak ketinggalan menghadirkan berbagai promo menarik bagi Toyota Avanza 2020. Ada Pilihan pokok hutang 50% yang dicicil serta pembayaran 50% yang mesti dibayar ketika melunasi cicilan.

Beberapa model mobil yang bisa mendapatkan promo dari Auto 2000 ini termasuk New Toyota Calya dengan cicilan mulai dari Rp 2,8 jutaan, New Toyota Rush dengan cicilan Rp4,7 jutaan, serta Toyota Avanza dengan cicilan mulai dari Rp3,4 jutaan.

Bukan hanya kemudahan cicilan, konsumen Auto 2000 juga bisa mendapatkan hadiah langsung berupa SHARP Plasmacluster Air Purifier setiap pembelian mobil baru Toyota. Ditambah dengan uang elektronik senilai Rp500 ribu khusus untuk pembelian secara kredit.

Kesimpulan

Dengan banyaknya promo Toyota di akhir tahun serta harga Avanza yang beragam, mobil ini masih menjadi pilihan utama bagi konsumen keluarga yang terjangkau. Apalagi harga mobil Toyota bekas yang stabil, memberikan kelebihan tersendiri dibandingkan pesaingnya yang lebih baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru