Mengenal SUV Terlaris di China, Haval H6 Calon Rival Honda CR-V dan Wuling Almaz

Budi · 4 Feb 2021 16:35

Great Wall Haval H6 Ini adalah SUV terlaris di China dalam tiga tahun terakhir. Penjualannya selama tahun 2019 mencapai 365 ribu unit, sementara pada bulan Oktober 2020 lalu, penjualnnya mencapai 52.734. Hal ini menjadikan calon kuat pesaing Honda CR-V dan Wuling Almaz ini sebagai SUV terlaris di China selama 89 bulan terakhir.

Haval H6 merupakan SUV Terlaris di China

Yang menarik, Haval H6 2021 saat ini tengah bersiap diluncurkan di Thailand minggu depan, dan akan menjadi debutnya di wilayah Asia Tenggara (ASEAN). Kemarin (3/2), rekan kami di Autofun Thailand mendapatkan foto-foto eksklusif interior Haval H6. Seperti apa mobil ini sebenarnya?

Desain Haval H6 Agresif

Kami melihatnya saat Guangzhou Autoshow 2020 bulan November lalu, dan desain eksteriornya tampak sporty dan gagah untuk sebuah SUV. Grill trapesium bermotif jaring berwarna hitam tampak dominan, dengan lampu depan LED yang tajam. Dari sisi dimensi, mobil  ini memiliki angka-angka yang dekat dengan medium SUV seperti Honda CR-V dan Wuling Almaz.

Dimensi Haval H6 vs Wuling Almaz vs Honda CR-V
Model Haval H6 Wuling Almaz Honda CR-V
Panjang 4.653mm 4.655mm 4.584mm
Lebar 1.886mm 1.835mm 1.855mm
Tinggi 1.730mm 1.760mm 1.679mm
Wheelbase 2.680mm 2.750mm 2.660mm

Di bagian belakang, lampu belakang LED mendapatkan aksen lightbar yang melintang menyambungkan lampu di kedua sisinya. Sementara aksen chrome di bagian bawahnya memberikan aksen yang elegan. Di bagian bawah bumper belakang terdapat aksen layaknya diffuser yang menarik.

Lampu belakang dengan aksen lightbar yang melintang

Interior Haval H6 modern

Foto interior yang kami dapat dari rekan kami di Thailand, terlihat bahwa Haval H6 ini memiliki tata letak dashbpard yang sama dengan Haval H6 di China. Yang berbeda hanyalah mobil yang akan meluncur di Thailand ini adalah Haval H6 pertama dengan kemudi di sebelah kanan.

Spyshot interior Haval H6 di Thailand. credit: Natadon

Di dalam terdapat panel instrument digital dengan layar berukuran 10,25 inci dan layar sentuh pengendali pusat infotainmen berukuran 12,3 inci di bagian tengah. Yang menarik, sebagai pengganti tuas transmisi digunakan kenop model putar untuk sebagai pengendali transmisi layaknya mobil-mobil Land Rover.  Yang berbeda, di China ditawarkan empat kombinasi warna interior, sementara model yang ada di Thailand hanya menggunakan warna hitam di interiornya.

Mesin Haval H6 dengan turbo

Di China, Haval H6 ditawarkan dengan dua pilihan mesin 4-silinder yang didukung turbocharger. Yang pertama adalah mesin 1,5 liter turbo bertenaga 169 PS dan torsi 285 Nm, dan yang kedua adalah mesin 2,0 liter turbo dengan tenaga 211 PS dan torsi 325 Nm. Keduanya menggunakan transmisi otomatis 7-speed dengan koling ganda (dual-clutch transmission - DCT).

Mesin Haval H6, 1.5L dengan turbocharger

Masih belum diketahui apa mesin yang ditawarkan di Thailand hingga peluncuran digitalnya tanggal 9 Februari mendatang. Namun jika berandai-andai mobil ini masuk ke Indonesia, tampaknya pilihan mesin 1,5 liter turbo akan menjadi opsi terkuat. Di sini, mesin berkapasitas serupa juga digunakan oleh Honda CR-V dan Wuling Almaz.

Haval H6 siap diluncurkan di Thailand.photo credit: Natadon
Mesin Haval H6 vs Wuling Almaz vs Honda CR-V
Model Haval H6 Wuling Almaz Honda CR-V
Mesin 4-silinder, 1.5L Turbocharger 4-silinder, 1.5L Turbocharger 4-silinder, 1.5L Turbocharger
Tenaga 169 PS 140 PS 187 PS
Torsi 285 PS 250 PS 240 Nm
Transmisi Otomatis 7-speed DCT CVT CVT

Great Wall Motor di Indonesia

Great Wall Motor (GWM) melakukan investasi besar-besaran di Asia Tenggara, antara lain dengan mengambil alih pabrik ex-General Motors (GM) di Rayong Thailand tahun 2020 lalu sebagai pusat produksi mereka di Asia Tenggara.  Bahkan tak hanya mobil-mobil konvensional, GWM juga berencana untuk memproduksi mobil listrik di pabrik barunya ini.

Haval H6 akan bersaing dengan Wuling Almaz dan Honda CR-V di Indonesia

Di Indonesia, hingga saat ini memang belum ada tanda-tanda dari GWM untuk memasuki pasar Tanah Air. Haval telah menjual produknya di Malaysia dan Thailand selama ini,namun di Indonesia mereka belum pernah mengumumkan secara resmi rencananya. Dengan adanya pabrik di Thailand, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi salah satu negara tujuan mereka, untuk bersaing dengan Wuling Motors dan DFSK.
 

Komentar