Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa

Yusuf · 25 Jun, 2020 08:00

Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa 01

Generasi pertama Suzuki Baleno di Indonesia diperkenalkan dengan mesin empat silinder segaris dengan kapasitas 1.600 cc. Pertama kali diluncurkan pada 1995, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) lantas menghadirkan versi faceliftnya pada tahun 2000.

Versi facelift-nya masuk pada tahun 2000 dengan nama Baleno Millenium. Perbedaannya yang paling mencolok terdapat pada lampu utamanya. Pada model pre-facelift, prinsipal menghadirkan desain lampu yang memanjang dengan bentuk persegi sedangkan versi facelift lebih berbentuk oval dan menghadirkan nuansa yang stylish.

Perbedaan detail lainnya terdapat pada bentuk speedometer dan velg. Sektor jantung pacunya mengalami penurunan kapasitas dari 1.600 cc menjadi 1.500 cc. Namun, masih dengan konfigurasi yang sama, yakni 4 silinder segaris.

Selang 2 tahun kemudian, atau tepatnya tahun 2002, New Baleno kembali mendapatkan beberapa perubahan minor pada detail. Sebut saja desain velg dan grill yang dibuat lebih sporty, sebelum akhirnya transisi dari model tersebut menjadi sepenuhnya baru di 2003 hingga 2004.

Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa 01

Pada tahun tersebut, Suzuki benar-benar mengubah Baleno generasi kedua ini secara detail, speedometer diubah dari analog ke digital. Mesinnya mengusung tipe baru dengan kapasitas 1.600 cc dan masih mempertahankan konfigurasi 4 silinder segaris. Generasi ini juga jadi debut pertama Suzuki Baleno yang dilengkapi sistem pengereman ABS.

Pada tahun 2005 sampai 2007, mobil Suzuki Indonesia mobil New Suzuki Baleno generasi kedua kembali mengalami perubahan. Hal ini terlihat pada sektor aero-kit. Beberapa detail yang terlihat dari eksterior adalah bentuk lampu kabut yang bulat pada versi pre-facelift sedangkan pada versi facelift bentuknya mengotak mengikuti kontur aero-kit.

Pada tahun 2007, muncul generasi ketiga dari New Suzuki Baleno yang di kenal dengan sebutan Suzuki SX-4. Mesinnya masih mengusung 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.600 cc.

Bentuknya didesain jauh lebih modern ketimbang versi sebelumnya dengan bentuk lampu utama memanjang hingga bagian fender dan kap mesin. Garis bodinya pun lebih berbentuk bundar khas Baleno pada generasi awal namun dengan bodi yang lebih bongsor.

Pada 10 Agustus 2017, tepatnya dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017 , Tangerang Selatan. Mobil ini secara eksklusif hanya diproduksi di India oleh Maruti Suzuki.

Mobil berjuluk The Complete Hatchback ini dibalut desain eksterior Liquid Flow dan kemewahan yang hadir melalui garnish chrome yang menyebar mulai dari grille, door handle serta rear garnish membuat tampilannya sebagai kombinasi lengkap dari bentuk elegan dan karakter sporty.

Baleno mengandalkan platform generasi terbaru “HEARTECT” yang menghadirkan fundamental performa kendaraan yang tak hanya ringan namun juga lebih kokoh, jauh berbeda dengan pendahulunya.

Mobil New Baleno ini memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm, serta jarak sumbu roda 2.520 mm sehingga Baleno menjanjikan ruang kabin yang lapang bagi penghuninya. Para desainer interior di Suzuki bekerja dengan optimal agar pengendara bisa mendapatkan posisi yang ergonomis selama berada di kabin.

Suzuki Baleno mengadopsi mesin dengan kode K14B dengan sistem penggerak roda depan. Hal ini tentunya menjadi andalan oleh Suzuki karena beberapa model lain seperti Ertiga dan CIaz juga menggunakan skema yang sama.

Bicara mengenai spesifikasi mesinnya, K14B merupakan mesin dengan fitur DOHC serta fitur VVT dengan kapasitas 1.373 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 90 hp dan torsi sebesar 130 Nm.

Guna memberikan akses yang mudah kepada pengemudi untuk mengontrol beberapa fitur seperti audio, Suzuki Baleno telah dilengkapi dengan fitur konsol yang disematkan pada lingkar kemudi. Dengan begitu, konsumen tidak direpotkan lagi dengan melepaskan tangan dari genggaman setir.

New Suzuki Baleno menghadirkan Multi information Display yang lebih informatif bagi pengemudi. Beberapa informasi yang ditampilkan adalah satuan jarak tempuh yang bisa dipilih antara kilometer atau miles. Selain itu, pada layar tersebut tingkat konsumsi bahan bakar juga disuguhkan untuk memudahkan pengemudi dalam melihat berapa tingkat efisiensi dari kinerja mobil tersebut.

Fitur lain yang juga dihadirkan dan bisa ditonjolkan adalah Auto Climate Control. Dengan adanya fitur tersebut, maka memudahkan pengemudi untuk mendapatkan tingkat kesejukan di dalam kabin. Bahkan tidak sekedar mendinginkan kabin, namun bisa juga disesuaikan tingkat kehangatannya ketika sedang melalui daerah yang terlalu dingin suhunya karena telah dilengkapi dengan heater.

Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa 02

Sementara itu, di akhir tahun 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan generasi terbaru Suzuki New Baleno. Mobil ini mendapat penyegaran dari sisi jantung pacu. Meski masih mengadopsi mesin yang sama, namun untuk tenaga yang dihasilkan, ada perbedaan dari versi sebelumnya.

Berdasarkan klaim PT SIS, New Suzuki Baleno Hatchback mampu memproduksi tenaga sebesar 92,4 hp pada 6.000 rpm dan torsinya 130 Nm pada 4.200 rpm. Mesin tersebut juga dikabarkan sangat efisien dan memiliki performa unggul di berbagai kondisi jalan.

Adapun untuk banderol yang ditawarkan, New Baleno M/T dipatok seharga Rp 227.000.000 dan New Baleno A/T Rp 239.500.000. Keduanya tak ada perbedaan, kecuali pada penggunaan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis empat percepatan. Ini merupakan harga Baleno 2020. Saudara New Baleno dari pabrikan yang sama, yakni Suzuki Ignis. Mobil Suzuki Ignis memiliki total 4 tipe. Harga mobil Suzuki Ignis terbaru berkisar dari Rp 170 juta hingga Rp 200 juta. Ini merupakan harga Ignis 2020. Konsumen juga bisa melihat harga promo Suzuki Ignis dan mobil Suzuki Indonesia lainnya di situs otomotif.

Secara kasat mata, berbanding Baleno hatchback yang diperkenalkan tahun 2017 tak ada ubahan ukuran dimensi. Tetap memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.510 mm. Jarak sumbu roda juga tetap 2.520 mm dan didukung radius putar 4,9 meter.

Ubahan yang terlihat pada model sebelumnya LED projector Headlamp, bumper depan lebih sporty, velg hitam mengkilap berukuran 16 inci dan penggunaan ban profil 195/55 R16. Dari tampilan depan, grill yang baru kini mendapat ukuran yang lebih lebar, serta telah ditambahkan dengan desain rumah lampu kabut yang stylish.

Untuk meningkatkan nuansa di kabin, New Baleno Hatchback datang dengan warna abu-abu gelap sehingga memancarkan aura yang lebih elegan dari versi sebelumnya. Pada model terbarunya, prinsipal telah memberikan pengatur rendah tingginya jok sehingga membuat posisi pengemudi lebih ergonomis.

Selain itu, layar sentuh sebagai infotainment dan multi information display di odometer memberikan informasi tentang performa mesin dan efisiensi bahan bakar.

Bicara mengenai kursinya, masih terbilang cukup lega untuk penumpang, sehingga dapat dengan nyaman menikmati perjalanan dengan dimensi yang luas. Sandaran jok bisa dilipat dengan komposisi 60:40. Selain itu, meski mobil Suzuki Indonesia mobil New Suzuki Baleno hatchback ini masuk dalam segmen hatchback, namun untuk urusan bagasi mobil ini mampu menampung barang dengan ukuran 339 liter.

Spesifikasi Suzuki Baleno Generasi Pertama Suzuki Baleno Generasi Keempat
Mesin G16B SOHC 4 Cylinder 16-valve 1.4L Petrol Engine, Inline 4 Cylinder 16 Valve
Kapasitas Mesin 1,600 cc 1,373 cc
Tenaga 97 hp 91 hp
Torsi 127 Nm 130 Nm
Transmisi 5 speed manual 5 Speed Manual, 4 Speed CVT
Bobot 1,395 kg 1,405 kg

Yusuf

Suka dengan motorsport dan senang touring untuk bertualang

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru