Mengetahui Kelebihan i-MMD pada 2020 New Honda City RS 1.5 Hybrid

Dhoni · 18 Okt 2020 10:00

All New Honda City mengusung konsep Hybrid telah diluncurkan pertama kali di Malaysia pada 14 Oktober 2020. Dengan konsep berbeda dengan varian sebelumnya, All New 2020 Honda City RS 1.5 Hybrid dipastikan menggunakan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD).

Dan pastinya All New Honda City Hybrid telah mengadopsi fitur keselamatan Honda SENSING yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW), Lane Keep Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Departure Warning (LDW), dan Auto High Beam (AHB).

Walau bukan langkah terbaru, namun penggunaan teknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) cukup menarik perhatian. Teknologi i_MMD sebenarnya i-MMD telah diaplikasikan pada Honda Accord Hybrid maupun CR-V Hybrid 2018 silam.

Tetapi tentunya  tak ada salahnya kami membahas tentang teknologi i-MMD yang kini menjadi andalan Honda untuk meningkatkan kemampuannya pada line upnya. Terlebih All New 2020 Honda City RS 1.5 Hybrid baru dipasarkan di Malaysia pada 2021 mendatang.

i-MMD Memaksimalkan tenaga dengan megurangi asupan BBM

Pengunaan i-MMD dan sistem Intelligent Power Unit (IPU) dapat memaksimalkan tenaga dan juga konsumsi bahan bakar semakin irit. Perpaduan teknologi tersebut dapat mengatur dengan halus tiga mode mengemudi yakni Drive EV, Drive Hybrid dan Drive Engine.

Khusus pada All New 2020 Honda City RS 1.5 Hybrid dapat menghasilkan tenaga sebesar 108 PS dan torsi sebesar 253 Nm yang merupakan tertinggi di kelasnya. Namun yang menjadi pertanyaan,adalah asal dari tenaga tersebut?

Pada dasarnya, teknologi i-MMD terdapat empat komponen utama yakni Mesin bensin (Atkinson-cycle), dua motor listrik, baterai lithium-ion dan Power Control Unit (PCU). Untuk menyaluran tenaga kini dikombinasikan dengan Electric Continuous Variable Transmission (e-CVT), sistem penggerak pada model ini akan menghasilkan akselerasi yang bertenaga dan halus.

Tak hanya itu, All New 2020 Honda City RS 1.5 Hybrid juga dilengkapi dengan Deceleration Selector Paddles sehingga pengemudi dapat menggunakan pedal untuk meregenerasi tenaga serta memperlambat kendaraan tanpa menginjak pedal rem.

Sistem Kerja i-MMD

Cara kerja i-MMD sebenarnya langsung terbagi dalam tiga mode penggerak yang berbeda yaitu EV Drive (motor listrik 100%), Hybrid Drive (kombinasi motor listrik dan mesin bensin) dan Engine Drive (mesin bensin saja). Dengan teknologi tersebut, tenaga mobil dihasilkan dari mesin bensin dan motor listrik yang disesuaikan kondisi berkendara. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabarannya:

EV Drive

Pada mode berkendara EV Drive, pergerakan mobil hanya mengandalkan motor listrik saja. Motor listrik langsung bekerja dengan terhubung pada as roda tanpa melalui trasmisi. Penggunaan motor listrik tentunya membuat mobil sangat senyap dan tanpa menimbulkan gas buang.

Hybrid Drive

Mode Hybrid Drive merupakan gabungan antara mesin konvensional dan motor listrik. Motor listrik yang terhubug pada roda depan tetap bergerak sedangkan mesin tidak terhubung pada as roda. Tugas dari mesin bensin adalah memutar generator untuk mengisi baterai lithium-ion. Tentunya baterai tersebut akan menjadi sumber energy bagi motor listrik. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan dapat dicapai dengan cepat.

Engine Drive

Mode ini dapat dirasakan ketika mobil dalam kecepatan tinggi, pergerakan mobil dipercaya pada kinerja mesin konvensional. Sedangkan motor listrik dan generator tidak berfungsi, namun keduanya dipastikan tidak mengalami gesekan karena kinerja dari komponen kopling yang  bertugas menjaga hanya mesin bensin yang bekerja.

Dengan tiga mode yang terdapat pada i-MMD All New Honda City, tentunya konsumsi bahan bakar dapat berkurang tetapi tenaga hingga torsi tetap mumpuni.

Komentar

Mobil Terbaru