window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris?

Yongki Sanjaya · 26 Jan, 2021 07:00

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 01

Sosok Honda CR-V tertangkap kamera sedang menjalani shooting untuk tayangan iklan di Indonesia. Hal ini jelas memperkuat prediksi sebelumnya bila Honda CR-V akan meluncur pada 2021. Spyshoot ini pun menegaskan kalau waktu peluncuran tidak begitu lama lagi.

Memang, sosok facelift dari Honda CR-V ini sudah dinantikan sejak lama, setelah peluncurannya di beberapa negara tetangga. Secara spesifikasi pun tidak jauh meleset dari yang pernah kami prediksi. Tidak banyak tapi makin canggih fiturnya dan semoga harganya tidak banyak naik.

Secara umum, ubahan pada CR-V versi facelift sama saja dengan yang sudah meluncur di Thailand atau Malaysia. Hal yang bisa kita bedakan secara visual ialah desain bumper depan yang terlihat lebih besar dengan dominasi warna hitam. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 01

Namun bagian yang paling dinanti ialah apakah CR-V untuk Indonesia sudah dilengkapi fitur Honda Sensing? Kemungkinan besar bakal dapat juga. Hal ini terkait dengan bocoran seseorang yang meihat ada bidang rata (radar) di bawah logo Honda dalam gril mobil tersebut.

Upgrade Desain Honda CR-V 2021, Cukup Minimalis

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 02

Ubahan desain di facelift Honda CR-V terbilang minimalis, tidak heboh. Sebut saja bumper depan yang didesain ulang. Pada apron bawah ukurannya lebih lebar dengan penggunaan material plastik hitam yang lebih baik. 

Sisi bawah bemper juga terdapat panel "kumis" krom. Kemudian, bilah gril krom menonjol yang terlihat sebelumnya juga telah ditukar dengan aksen hitam gloss.

Sementara itu, bagian belakang mendapat desain bumper baru dengan trim silver matte. Kemudian untuk knalpot tidak lagi dibalut lapisan krom (hanya untuk varian turbo). 

Garnish-nya kini berbentuk trapesium bukannya melingkar. Perubahan yang lebih halus termasuk aksen smoke atau warna yang lebih gelap untuk lampu belakang kombinasi LED.

Untuk 'alas kaki' mendapat update di tipe termahal. Pada varian terbawah, velg berukuran 17 inci tidak mengalami perubahan dengan mempertahankan desain palang lima. 

Tetapi pada CR-V turbo kabarnya memakai velg 18 inci, dengan desain palang lima terbelah berkelir dual tone. Aksen kisi-kisinya kini memiliki tampilan bergaya kipas. 

Fitur Mentereng Honda CR-V 2021, SUV Medium Rasa Premium

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 03

Kembali lagi kita mengintip fitur apa yang sudah tersedia di CR-V versi Malaysia. Tak banyak ubahan yang dilakukan pada Honda CR-V terbaru di negara itu.

Fitur hiburan utama mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 9 inci. Peranti ini bertugas sebagai infotaiment dalam memberikan informasi navigasi maupun hiburan. Untuk koneksi, head unit ini dapat terhubung melalui koneksi Bluetooth.

Honda menambahkan banyak fitur baru seperti Honda Sensing dan wireless charging untuk ponsel yang membuatnya makin premium. Fitur mahal lainnya yaitu AC digital otomatis, dan kursi elektrik delapan arah untuk pengemudi kemudian empat arah buat penumpang. 

Terdapat fungsi hands-free untuk buka pintu belakang. Jadi, kita hanya perlu menyepak kaki Anda di bawah bumper belakang untuk membukanya. Ini jelas memudahkan apabila tangan sulit menjangkau karena membawa banyak barang.

Upgrade Fitur dan Penampilan, Spesifikasi Mesin Honda CR-V 2021 Masih Sama

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 04

Bila membandingkan data spesifikasi yang versi sekarang, Honda CR-V atau beberapa model Honda lainnya yang ada di Indonesia punya kemiripan spesifikasi dan fitur dengan Malaysia. Kebetulan, Honda CR-V sudah meluncur terlebih dahulu di Malaysia sehingga kita bisa memiliki gambaran seperti apa nantinya CR-V untuk Indonesia.

Secara umum, spesifikasi untuk Honda CR-V 2021 yang akan meluncur sebentar lagi tidak berubah signifikan. Untuk itu, kita coba kembali ulas secara singkat versi Malaysia yang sudah rilis tahun lalu.

Honda CR-V varian terbawah dibekali mesin bensin empat silinder 2.0 liter SOHC i-VTEC dengan penggerak roda depan. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 152 hp pada 6.500 rpm dan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm. 

Kemudian untuk dua varian lainnya dibekali mesin 1.5 liter DOHC VTEC Turbo empat silinder. Mesin tadi bertenaga 190 hp pada 5.600 rpm dan 243 Nm dari 2.000 hingga 5.000 rpm. Adapun tipe menengahnya yaitu memakai CVT dan penggerak roda depan, sedangkan tipe teratas adalah dibekali penggerak all wheel drive.

Untuk CR-V 1.5 dan 2.0 liter penggerak roda depan ini begitu identik dengan CR-V versi Indonesia. Bukan tidak mungkin, spesifikasi Honda CR-V yang sama akan meluncur dalam waktu dekat.

Tambah Fitur, Honda CR-V Mampu Pertahankan Dominasi di Segmen SUV Medium?

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 05

Indonesia merupakan salah satu negara ASEAN yang penjualan Honda CR-V nya cukup laris. Namun kita harus menerima fakta kalau peluncuran CR-V diundur sampai 2021 akibat pandemi. 

Hal ini terbukti dari penjualannya yang bahkan sulit tergeser meski rival-rivalnya terus bermunculan dari berbagai merek lain. Honda CR-V tetap mampu bertahan sebagai Medium SUV terlaris di Indonesia sebanyak 4.979 unit.

Kita cuma bisa berharap kalau harga Honda CR-V ini tidak naik. Sekarang ini Honda CR-V dijual mulai dari Rp 470 juta sampai Rp 545,5 juta untuk tipe Prestige. Kalaupun naik tidak cukup signifikan tak lebih dari Rp 10 juta.

Pasalnya, posisi harga Honda CR-V ini sudah bersinggungan dengan Toyota Fortuner yang ada diatasnya. Toyota Fortuner dijual dengan harga mulai dari Rp 509,9 juta sampai Rp 709,5 juta.

Apabila kenaikannya cukup mahal, bukan tidak mungkin sebagian konsumen lama akan tergoda untuk berpaling ke lain model. Terlebih, Honda CR-V punya rival sepadan dalam sosok Wuling Almaz. Posibilitas mempertahankan dominasi di segmen SUV medium pun bakal sedikit lebih sulit.

Penjualan di Desember 2020 bukan tidak mungkin terulang apabila Honda CR-V tidak cermat dalam positioning harga. Terlebih, kalangan muda tidak cuma melihat dari brand tapi juga kelengkapan fiturnya.

Kesimpulan

Menghitung Hari Peluncuran Honda CR-V 2021, Apakah Bisa Mempertahankan Tahta SUV Terlaris? 06

Honda CR-V selama ini adalah SUV impian di Indonesia. Walaupun harganya sepadan dengan Toyota Fortuner tak membuat penggemarnya tergoda. Memang, tahun lalu penjualan CR-V pernah tersalip oleh Wuling Almaz. 

Kehadiran New CR-V yang akan meluncur sebentar lagi jelas sudah dinantikan oleh penggemar setia CR-V di Indonesia. Namun, sebagai calon konsumen kita juga perlu berharap bila upgrade fitur dan desain tidak dibarengi kenaikan harga yang signifikan.

Sebab, kini semakin banyak rival Honda CR-V yang menyajikan fitur tak kalah menarik dengan harga yang lebih bersahabat. Paling dekat ada Wuling Almaz kemudian MG HS untuk versi 5-seater.
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil