window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo?

Yongki Sanjaya · 14 Agu, 2020 19:00

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 01

New Honda Civic Hatchback RS memadukan ‘Heritage’ dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang sporty. Untuk generasi Civic Hatchback, Honda merancang mobil tersebut dengan mesin baru dengan turbo.

Honda Civic RS Hatchback dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc 4 silinder turbo bertenaga 173 hp dan torsi 220 Nm yang dipadu dengan CVT. Secara spesifikasi, mesin tersebut masih sama seperti versi awal saat Civic Hatchback pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Meskipun Honda Civic RS Hatchback memiliki kapasitas mesin lebih kecil, ternyata mampu memiliki performa akselerasi yang cukup baik. Mobil seharga Rp 499 juta ini mampu mencetak waktu 7,5 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Tidak cuma performa yang mengesankan, demikian juga sisi efisiensi bahan bakar hatchback seksi ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 01

Dengan mesin 1.500 cc plus dukungan turbo, menjadikan Civic Hatchback terkenal akan performa jempolan dan konsumsi BBM yang irit. Mesin tersebut pertama kali digunakan Honda pada CR-V sebagai kelinci percobaan. Berdasarkan pengujian Otomotifnet, konsumsi BBM Civic RS Hatchback berkisar antara 10 sampai dengan 17,2 km/liter.

Berikut ini data teknis dan konsumsi bahan bakar dari Honda Civic RS Hatchback:

Mesin 1.498 cc 4-silinder
Tenaga 1.498 cc 4-silinder
Torsi 220 Nm/5.500 rpm
Transmisi CVT
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Diameter Ban 17 inci
Konsumsi BBM 14,3 - 20,8 km/liter

Mesin Sejenis, Honda Civic RS lebih Irit dari Accord

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 02

Honda membekali mesin yang sejenis antara keluarga Civic dan Accord.
Mesin dengan kode L15B7 yang dilengkapi turbo pada Accord mampu menghasilkan tenaga lebih besar, yaitu 187 hp pada putaran mesin 5.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 260 Nm pada putaran mesin 1.600 hingga 5.000 rpm.

Untuk catatan rata-rata konsumsi bahan bakar Accord bermesin turbo ini sebagaimana dikutip dari Kumparan, berkisar 8 km/liter dengan cara berkendara agresif. Angka tersebut bahkan hampir separuh konsumsi BBM dari Civic RS yang tenaganya bahkan lebih kecil.

Mesin Turbo Civic RS Terbukti Irit Bertenaga

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 03

Hal yang cukup membuat Civic RS Hatchback tersohor bukan cuma dari desain yang ganteng, tapi juga dari mesinnya yang sudah dipersenjatai turbocharger. Perangkat turbo tersebut menjadi kompensasi menambah tenaga dari mesinnya yang tergolong kecil.

Mesin turbo mobil ini sendiri didukung teknologi VTEC, dan transmisi CVT. Nah, Honda piawai merancang sistem CVT supaya tarikannya halus, bertenaga, dan pastinya irit. Tenaga yang diproduksi disalurkan ke roda depan, sebagaimana mobil-mobil Honda lainnya di Indonesia.

Sensasi berkendara sporty pada Civic RS didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan suasana ala mobil sport. Kita bisa mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Efisiensi bahan bakar Civic RS Hatchback didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan konsumsi bensin saat berkendara. Fitur ECO AssistTM membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara. Gaya selama berkendara akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

Rahasia Honda Civic RS Hatchback Bisa Irit

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 04

Civic Hatchback dengan mesin berkode L sebenarnya punya karakter yang mirip seperti Accord atau CR-V. Memiliki potensi performa yang sangat mengesankan. Sayangnya dalam berkendara kita dipaksa memilih, mau kencang tapi boros atau kalem tapi efisien?

Sebagai catatan, angka konsumsi tersebut bisa dicapai bila Anda terus menerapkan gaya berkendara hemat bahan bakar dalam mengemudikan Civic RS. Sebab dengan mesin turbo yang powerfull, Civic RS tentu sangat menggoda untuk digeber dalam kecepatan tinggi.

Jika pilihan Anda adalah membawa Civic Hatchback untuk berkendara agresif dan sering melesat di jalan bebas hambatan, tentu angka efisiensi bahan bakar di atas tadi sulit untuk diraih.

Menghitung Konsumsi BBM Honda Civic RS, Seberapa Irit Pakai Mesin Turbo? 05

Selain menerapkan gaya mengemudi yang kalem, Anda juga perlu mengisi bahan bakar sesuai anjuran pabrikan. Hindari bensin oktan rendah untuk mobil ini karena membuat kerja mesin tidak optimal.

Masih ada lagi syarat terakhir untuk bisa membuat mobil ini tetap efisien. Civic Hatchback wajib secara rutin melakukan servis berkala di bengkel. Jangan sampai telat ganti oli dan spareparts fast moving agar performa mesin tetap prima saat kita kendarai.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil