window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengintip Keunggulan Toyota New Corolla Altis HEV

Dhoni · 14 Okt, 2020 10:45

Toyota Corolla Altis HEV sebagai varian dengan teknologi paling muktahir atau sering di sebut ‘flagship’ dari dua saudaranya yang diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu. Keunggulan dari seri Corolla Altis HEV tentu pada dapur pacu yang diusungnya.

Mengintip Keunggulan Toyota New Corolla Altis HEV 01

Kehadiran Toyota Corolla Altis Hbrid atau HEV menambahkan daftar line up dari Toyota untuk kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Selain itu, Toyota Corolla Altis HEV juga dianggap versi sedan Hybrid murah kedua setelah Toyota Indonesia menghadirkan Toyota CH-R HEV.

Dengan keunggulan pada teknologi yang diadopsi tentu harga yang ditawarkan, Toyota Corolla Altis HEV tentu lebih tinggi dari  dua varian lainnya. Corolla Altis Hybrid A/T dijual Rp 586,3 juta, sedangkan Corolla Altis tipe G /T dibanderol 486,6 juta dan Toyota Corolla Altis tipe V A/T seharga 508,2 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengintip Keunggulan Toyota New Corolla Altis HEV 01

Secara dimensi Toyota Corolla Altis Hybrid tidak berbda dengan varian lainnya dengan memiliki panjang 4.630 m, lebar 1.780 m, tinggi 1.435 m dan wheelbase 2.700 m. Lalu perbedaan apa saja yang sebenarnya menjadi unggulan dari Toyota Corolla Altis Hybrid dibanding dengan dua varian lainnya.

 Spesifikasi Mesin Toyota Corolla Altis HEV

Secara mesin yang diusung oleh oleh Toyota Corolla Altis HEV dan Corolla Altis versi bensin memiliki kapasitas yang sama, yakni 1.798 cc. Namun Toyota Corolla Altis HEV mengusung mesin dengan kode 2ZR-FXE yang sebenarnya juga telah digunakan pada Toyota CH-R dan juga Toyota Prius generasi keempat.

Toyota Corolla Altis HEV diklaim lebih efisien 70 % dengan emisi gas buang lebih baik 60% dan lebih kedap suara mencapai 18% dari pada model lainnya.

Secara spesifikasi, mesin Toyota Corolla Altis HEV dengan kapasitas 1.789cc – empat silinder DOHC VVT-i. Kemampuan mesin ini dapat menghasilkan tenaga mencapai 98 Ps pada putaran 5.200 Rpm dengan torsi 141,9 Nm diputaran 4.000Rpm.

Mengintip Keunggulan Toyota New Corolla Altis HEV 02

Namun tenaga tersebut belum secara penuh karena versi Hybird mendapat tambahan tenaga dari motor listrik P610 HEV transaxle yang menghasilkan tenaga mencapai 72 Ps. AJhasil, tenaga yang dikeluarkan Toyota Corolla Altis HEV mencapai 170 Ps.

Mode Berkendara dan Fitur Keselamatan

Pada Toyota New Corolla Altis Hybrid telah dilengkapi dengan empat mode berkendara yakni normal, Eco, Sport dan EV mode. Hal ini tentu membuat pengendara makin terasa nyaman selama perjalanan dengan dapat mengatur kebutuhan berkendara sesuai karakter lalu lintas.

Kelebihan yang paling dirasakan pada Toyota Corolla Altis Hybrid atau HEV adalah fitur keselamatan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Toyota Safety Sense (TSS). Khusus fitur TSS hanya tersedia pada Toyota Corolla Altis tipe Hybrid atau HEV saja. Kemampuan fitur Toyota Safety Sense adalah kecelakaan tanpa korban jiwa.

Mengintip Keunggulan Toyota New Corolla Altis HEV 03

Beberapa teknologi yang terdapat di dalam fitur Toyota Safety Sense (TSS) yakni:

1. Pre-Collision System (PCS)

Fitur yang mengandalkan kemampuan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil lain di depan yang sedang dikemudikan. Fitur ini bekerja saat kendaraan sangat berdekatan, selanjutnya teknologi ini akan melakukan pengereman otomatis untuk menghindari kecelakaan.

2. Dynamic Radar Cruise Control (DRCC)

Fitur ini sebenarnya lebih dikenal juga dengan Adaptive Cruise Control (ACC) dengan fungsi memantau keberadaan kendaraan lain di depannya dan menjaga jarak aman ketika berada dalam kecepatan di atas 50 km/jam. Kemampuan lain dari DRCC ialah dapat juga memperhitungkan dimensi kendaraan yang berada didepannya.

3. Lane Departure Alert (LDA)

Dwngan terhubung Steering Assist, fitur ini dapat mengantisipasi kecelaaan akibat terlelap (tertidur) sejenak/mendadak atau micro sleep yang biasanya terjadi dalam hitungan detik.

4. Automatic High Beam (AHB)

Kemampuan fitur ini dengan mengandalkan sensor kamera dalam mendeteksi mobil lain di depan atau berlawanan saat kondisi gelap atau malam hari.

Tersedianya fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada Toyota Corolla Altis Hybrid atau HEV yang masuk ke Indonesia dalam bentuk CBU merupakan komitmen Toyota dalam memperhatikan faktor keselamatan pengendara maupun penumpang.

Dengan perbedaan cukup signifikan pada performa mesin hingga beragam fitur yang diadopsi Toyota Corolla Altis Hybrid atau HEV tentu membuat harga yang ditawarkan sangat sebanding. Harapannya tentu kehadiran Corolla Altis Hybrid ini dapat menarik perhatian konsumen yang sulit menjangkau harga dari Toyota Camry versi Hybrid dengan banderol 842 jutaan.

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Corolla Altis G AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil