window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T di Ketinggian

Dhoni · 10 Okt, 2020 12:00

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T menjadi andalan pabrikan mobil berlogo Tiga Berlian dalam Bersaing di segmen SUV dengan berbagai produser mobil lainnya. Walau santer terdengar bahwa pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan mengakhiri kisah Pajero pada pertengahan 2021.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 01

Namun, Mitsubishi Pajero sebagai mobil berukuran bongsor yang mengambil nama dari Leopardus Pajeros (Kucing Pampa) yang mendiami dataran tinggi Patagonia, Amerika Selatan telah menjadi bagian industri otomotif sejak 1982. Tentunya banyak kesan yang dirasakan selama kehadiran mobil yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi ini.

Seperti saya yang pernah merasakan duduk di dalam Pajero Sport selama perjalanan dari Makasar menuju Manado, saat mengikuti touring bersama salah satu komunitas pengguna Pajero Sport. Namun saat itu bukan Pajero Sport versi facelift, sedangkan kini dapat merasakan sensasi dari kehandalan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T dan langsung berada di balik kemudi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 01

Berbekal  satu unit Pajero Sport Dakar 4x4 A/T dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), tim Autofun.co.id menguji kehandalan SUV dengan kapabilitas dual purpose sehingga nyaman digunakan pada medan aspal namun juga handal melali jalan tanah atau bebatuan.

Menguji Perfoma Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T

Dalam menguji kemampuan Pajero Sport Dakar 4x4, rasanya jika hanya menyusuri jalan raya ibukota atau jalan bebas hambatan (jalan tol) masih belum cukup untuk menguji kehandalan dari mobil bermesin diesel yang memiliki kapasitas mesin 2.500 cc ini.

Namun saat masa pandemi covid 19 , rasanya juga tidak bisa menguji kendaraan dengan empat pilihan mode gerak dua roda (2x4) atau empat roda (4x4).

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 02

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T telah dilengkapi dengan knob yang sangat mudah pengoperasiannya untuk memilih posisi gerak roda. Pilihanya adalah gerak dua roda (2H), empat roda rasio gigi rendah tanpa pengunci diferensial (4H), empat roda rasio gigi rendah dengan pengunci diferensial (4HLc) dan empat roda rasio gigi tinggi dengan pengunci gardan (4LLc).

Pilihan yang terdekat daerah puncak Cisarua Bogor. selain kontur jalan melewati tanjakan dan turunan hingga berbagai medan jalan yang tidak mulus. Tentu dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T yang telah tersedia Terrain Management System (TMS), Sand, Mud-Snow, Rock dan Gravel. Kemampuan fitur ini adalah membatasi gerak roda yang bertujuan tidak terlalu kelebihan putaran saat melalui medan.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 03

Saat berada di jalan tol Jagorawi mode berkendara 2x4 atau H2 seperti yang tertera di layar balik kemudi. Jalan yang cukup lengang membuat kecepatan stabil di angka 80 km/jam. Kecepatan ini adalah batas tercepat untuk berada di jalan tol, sebenarnya laju Mitsubishi Pajero sport Dakar 4x4 A/T dapat lebih dari 100 km/jam. Namun, unsur keselamatan dan kenyamanan menjadi prioritas dengan sesama pengguna jalan lainnya.

Nyaman Dikendarai dengan Suspensi Mumpuni

Saat berada di dalam kabin selama perjalanan terasa nyaman dengan fitur entertainment yang tersedia. Dengan head unit berukuran 7 inci, alunan musik menjadi teman perjalanan selama berada di jalan tol Jagorawi. Selain itu Kemudi dapat diatur berkat fitur Tilt dan Telescopic steering hingga posisi jok dapat diatur membuat handling mengemudi sangat nyaman sesuai dengan postur tubuh pengendara.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 04

Sistem suspensi yang menggunakan Double wishbone Type,Coul Spring pada bagian depan dan untuk belakang dengan 3 Link Type Rigid Axle,Coil Spring. Dan dengan ban berukuran 265x60xR18 membuat mobil Pajero Sport Dakar 4x4 tidak mengalami guncangan berarti ketika melalui sambungan badan jalan.

Menguji fitur andalan Pajero Sport Dakar 4x4 A/T

Setelah melalui gerbang tol Ciawi, Jawa barat, lalu lintas sedikit tersendat dengan adanya kendaraan angkutan umum yang berhenti menumpuk di sisi jalan. Kontur jalan yang sedikit menanjak membuat saya sengaja menguji kemampuan fitur Hill start assis dan Hill Descent Control. Fitur ini bekerja saat berada pada kemiringan tertentu sehingga memberikan kenyamanan berkendara saat melalui jalan di pegunungan.

Udara udara pegunungan di kawasan puncak mulai terasa, beberapa kali sinar sang surya tertutupi oleh awan. Sunroof sengaja di operasikan dengan membuka secara penuh, Sejuknya udara pegunungan mulai memasuki kabin Pajero Sport Dakar 4x4 yang dapat menampung 6 hingga 7 orang.

Kabut versus pencahayaan

Setelah berada di kawasan puncak – Jawa Barat dengan mengikuti protokol kesehatan, tujuan awal kami adalah area take off paralayang. Sebenarnya kami ingin merasakan sensasi terbang layang menggunakan paralayang, namun kondisi cuaca dan ‘TailWind’ menghadang keinginan. Beristirahat sejenak untuk menikmati secangkir kopi plus mie instan sambil menunggu malam tiba sebelum melanjutkan ke daerah Cipanas menjadi pilihan terbaik saat itu.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 05

Menuju daerah Cipanas demi menikmati makan malam dengan menu sate kambing yang cukup terkenal bagi komunitas mobil maupun sepeda motor. Perjalanan akan dilanjutkan setelah sang surya menghilang dan kabut pekat mulai menyelimuti kawasan puncak. Bagi kami, ini waktu yang tepat untuk menuju daerah Cipanas, tujuannya adalah menguji sistem pencahayaan pada mobil Pajero Sport Dakar 4x4 ini.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T menggunakan LED Headlamp dengan Autoleveling Function yang dapat menyesuaikan level ketinggian dan foglamp jenis halogen, sementara lampu belakang juga berjenis LED. Kemampuan sistem pencahayaannya tidak perlu diragukan, memang jarak pandang tetap terbatas tidak seperti lampu kabut after market yang biasa terpasang pada mobil ofrroad. rintik hujan dan kabut tebal bukan kendala besar untuk melanjutkan perjalanan ke daerah Cipanas.

Performa Mesin 2.500cc

Rasanya kami belum puas menguji kemampuan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T ini. Tetapi beberapa kawasan wisata membatasi jumlah pengunjung hingga jam operasional, membuat perjalanan harus berakhir.

Namun, sebelum berputar arah, rasa penasaran membuat perjalanan dilanjutkan menuju daerah Cianjur, Jawa Barat. Kontur jalan dan tikungan yang cukup menjanjikan kami dalam menguji performa Pajero Sport Dakar 4x4 A/T ini.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 06

Dengan mesin diesel berkode 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged dan Intercooled yang memiliki kapasitas mesin 2.442 cc, mobil Pajero Sport Dakar 4x4 dapat menghasilkan tenaga 181 Ps pada 3500 rpm dengan torsi mencapai 430 Nm diputaran 2500 rpm.

Mengusung transmisi otomatis 8-speed dengan paddle shift, menjadi godaan dalam menjajal respon dari rasio perpindahan gigi ketika melibas jalan menuju dan hingga kembali ke kawasan Puncak. Tentunya membutuhkan penyesuaian sejenak, namun setelah itu mobil dapat melaju dengan menyesuaikan perpindahan gigi.

Kesimpulan tentang Pajero Sport Dakar 4x4 A/T

Rasanya harga mencapai 702 juta untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T memang sangat layak. Bebagai fitur unggulan sebagai penarik konsumen yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman telah diadopsi.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 07

Untuk konsumsi bahan bakar Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T, secara catatan kami adalah satu liter bahan bakar dapat menempuh jarak sejauh 10 kilometer. Namun tentunya gaya mengemudi dan kontur jalan sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Secara keseluruhan, walau gagal terbang dengan Paralayang tetapi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T kembali memberikan kesan tersendiri atas mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang terkadang menjadi cerminan kasta keberhasilan sang pemiliknya.

Menguji Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T  di Ketinggian 08

Spesifikasi Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 A/T :

Dimensi  
Panjang 4.785 mm
Lebar 1.815 mm
Tinggi 1.805 mm
Wheelbase 2.800 mm
Radius Putar 5.6 M
Fitur Keselamatan Aktif  
Anti-lock Braking System Ada
Brake Assist Ada
Electronic Brake Distribution Ada
Sensor parkir Ada
Rearview Camera Ada
Uphill & Downhill Assist Control Hill-start assist & Hill Decent Control
Vehicle Stability Control System Active Stability Traction Control
Adaptive Cruise Control Ada
Forward Collision Mitigation System Ada
Fitur Keselamatan Pasif  
Airbag system Srs Airbag 7 Points
Child safety locks Ada
Safety belt - depan 3P ELR seatbelt x 2 dengan pre tensioner untuk pengemudi (x2) + passenger (x1) & seatbelt anchors yang dapat diatur
ISOFIX Ada
Hiburan  
Audio Wide 2DIN Touchscreen Audio (7inch WVGA),AM/Fm Radio,Bluetooth/iPod/iPhone/iPad,USB Player,Smart Device Link,Miracast
Sistem navigasi Ada
Fitur Tambahan  
Blind Spot Warning Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System
Multi around view monitor Trailer stability assist

 

 

 

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil