window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli?

Nussa · 1 Agu, 2022 11:04

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 01

  • Honda Brio 2022 datang dalam varian Urbanite Edition 2.0
  • Ini merupakan versi tertinggi dari Honda Brio di Indonesia.
  • Harga Honda Brio 2022 mulai dari Rp156,9 juta hingga Rp236,9 juta.

Honda Brio jadi satu mobil paling laris di Indonesia. Mobil ini banyak diminati banyak kalangan, khususnya generasi muda. Secara desain, mobil ini memang tampil lebih segar dan modern. Mesinnya juga cukup bertenaga dan fitur-fitur yang disematkan tidak kalah saing dengan kompetitornya.

PT Honda Prospect Motor (HPM), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia, mengakui bahwa Honda Brio menjadi produk Honda yang terpenting di Indonesia. Sebab, model ini memiliki penjualan yang paling tinggi. Selain itu, Brio adalah mobil Honda buatan Indonesia yang juga sudah diakui di pasar internasional.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 02

Honda Brio RS 2022 Urbanite Edition tampil lebih sporty dengan ubahan di beberapa bagian

Pada Semester I 2022, penjualan ritel Honda tercatat mencapai 53.910 unit selama periode Januari hingga Juni. Dengan penjualan sebanyak itu, kontribusi paling tinggi diberikan oleh Brio dengan jumlah 27.432 unit. Artinya, lebih dari setengah penjualan mobil Honda saat ini didominasi oleh Brio.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada tahun 2022, HPM kembali melakukan penyegaran pada Brio. HPM secara resmi meluncurkan New Brio RS Urbanite Edition 2.0. Ada beberapa ubahan yang dilakukan oleh Honda kali ini.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 01

New Brio Urbanite Edition diluncurkan April 2022

Sejak diperkenalkan tahun lalu, Honda Brio Urbanite Edition diklaim sudah terjual hingga lebih dari 1.500 unit. Melihat banyaknya peminat mobil ini, HPM pun akhirnya memberikan penyegaran pada beberapa bagiannya.

Baca juga : Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 Juga Dipoles, Desainnya Lebih Berani

Tampilannya Lebih Sporty

Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 tampil lebih sporty dengan ubahan pada beberapa bagian eksterior. Menurut Honda, Brio RS Urbanite Edition dihadirkan khusus untuk segmen anak muda yang selalu ingin tampil beda.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 02

Buritan Honda Brio RS 2022 Urbanite Edition

Apalagi, mengingat mobil ini juga banyak dimodifikasi oleh para pemiliknya, entah itu sekadar penambahan aksesori atau garnish, penambahan body kit, mengganti lampu depan, mengganti velg, hingga modifikasi ke bagian interior, dan sistem audionya.

Untuk itulah HPM coba memfasilitasi hasrat modifikasi ala anak muda ini ke Brio Urbanite Edition 2.0. Misalnya dengan terpasang Front Under Spoiler di bagian depan dan New Matte Black Alloy Wheels Design. Sehingga, tampilannya jadi lebih sporty dan sedikit ada aura racing juga.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 03

Diffuser Honda Brio RS 2022 Urbanite Edition tampil lebih segar

Sementara pada bagian belakang, HPM menyematkan tailgate wing spoiler baru dan emblem Urbanite sebagai bukti otentik sekaligus membedakan varian ini dengan varian Brio lainnya.

Lantas ada pula Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser, Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle.

Baca juga : Jadi yang Paling Mahal, Apa Saja Perbedaan Honda Brio RS Urbanite Edition 2022 dari Versi Lamanya?

Mesin 1.2L i-VTEC dengan Transmisi CVT

Pada sektor mesin, Honda Brio 2022 masih mengandalkan mesin yang sama. City car ini tetap dibekali dengan mesin 1.2 L, 4 silinder, yang memiliki teknologi i-VTEC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 PS dan torsi maksimum yang dapat mencapai 110 Nm.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 04

Dapur pacu Honda Brio 2022 masih sama seperti tahun sebelumnya

Mesin ini kemudian dikawinkan dengan sistem transmisi CVT yang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dibandingkan sistem transmisi matik konvensional. Varian Brio Urbanite Edition juga tersedia opsi transmisi manual 5 percepatan

Dengan kapasitas mesin yang kecil, hanya 1.200 cc, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh Brio memang cukup irit. Brio tercatat hanya memerlukan 1 liter bensin untuk dapat menempuh jarak hingga 21 km, untuk pemakaian dalam kota. Sedangkan untuk pemakaian ke luar kota, mobil ini hanya menghabiskan 1 liter bensin untuk dapat mencapai jarak hingga 30,1 km.

Baca juga : Harga Mirip, Ini Alasan Daihatsu Rocky Ungguli Honda Brio RS Urbanite Edition

Interiornya Juga Beraura Sporty

Masuk ke kabin, interiornya juga tak ada perubahan. Honda masih menyematkan beberapa fitur andalan, seperti 6.2 inci Touchscreen Display Audio, Audio Steering Switch, Tweeter Speaker, ECO Assist.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 05

Interior Honda Brio RS 2022 lebih atraktif

Sedangkan untuk fitur keselamatannya, tetap dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Fitur-fitur yang ada di Brio tipe RS juga dibawa semua ke varian Urbanite Edition. Seperti Black Color Interior with Orange Stitch, Sporty Dashboard Design with Orange Lining, First Row Adjustable Headrest, dan lainnya.

Tapi, dari segi desain interiornya tidak mengalami ubahan apa pun. Artinya, kekurangan Brio seperti yang dikeluhkan beberapa konsumennya masih tetap ada. Mobil ini dinilai memiliki kabin yang relatif kecil. Sehingga, ruang gerak bagi penumpang jadi sedikit terbatas atau kurang leluasa. Begitu pula dengan ruang pada bagian bagasinya, luasnnya juga dinilai tidak begitu lapang.

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 06

Jok Honda Brio 2022 masih dilapisi dengan material fabric

Untuk mendukung tampilannya agar semakin menarik, New Honda Brio RS Urbanite Edition kini hadir dengan dua pilihan warna baru, yakni Tafetta White Two Tone dan Crystal Black Pearl. Kedua warna tersebut melengkapi dua pilihan warna lainnya, yaitu Phoenix Orange Pearl Two Tone, dan Carnival Yellow Two Tone.

Dari segi harga, dengan tampilan yang semakin sporty dan bergaya, New Honda Brio RS Urbanite Edition tentunya jadi sedikit lebih mahal. Untuk tipe dengan pilihan sistem transmisi manual, HPM membanderolnya dengan Rp 226.900.000 (on the road Jakarta). Sedangkan untuk tipe lainnya dengan pilihan sistem transmisi CVT, HPM memasarkannya dengan harga Rp 236.900.000 (on the road Jakarta).

Mengulas Ubahan Pada Honda Brio 2022, Harganya Makin Mahal Masih Menarik untuk Dibeli? 07

Honda Brio 2022 jadi salah satu model yang cukup banyak penjualannya

Meskipun dengan harga yang lebih mahal, tapi HPM yakin New Honda Brio RS Urbanite Edition akan tetap mendapatkan tempat dan memiliki kontribusi yang positif terhadap penjualan Honda di Indonesia.

HPM juga masih menyediakan varian Brio, lainnya, seperti Honda Brio RS CVT, Honda Brio RS MT, Honda Brio Satya E CVT, Honda Brio Satya E MT, dan Honda Brio Satya S MT. Harganya dimulai dari Rp 156.900.000 untuk Brio Satya S MT hingga Rp 227.100.000 untuk Brio RS CVT.

Baca juga : Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil