Akhir tahun lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis facelift mobil Daihatsu Sigra. Meskipun tidak ada perubahan besar dari segi mesin atau tenaga yang diberikan, rasa berkendara Daihatsu Sigra masih tetap mengesankan. Ingin mengetahui lebih lanjut? Berikut performa Daihatsu Sigra yang dibanderol mulai dari Rp119 jutaan ini.
Mesin Daihatsu Sigra
Karena perubahan yang diberikan masih berupa facelift, Sigra masih menggunakan mesin yang sama dengan yang dipakai pada generasi pertama. PT ADM masih percaya menggunakan mesin 3NR-VE 4-silinder berkapasitas 1.2L serta mesin 1KR-VE 3-silinder berkapasitas 1.0L.
Mobil Daihatsu Sigra bermesin 1.2L dengan teknologi Dual VVT-i mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 87 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. Mesin 1.2L mendapatkan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.
Tanpa perubahan berarti, mesin 1.0L berteknologi VVT-i tentu saja mendapatkan tenaga yang lebih rendah, yaitu ‘hanya’ 67 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 89 Nm pada 4.400 rpm. Hanya saja mesin 1.0L dipersenjatai transmisi manual 5-percepatan.
Dilihat dari pilihan yang tersedia, PT ADM sepertinya tidak ingin mengubah komposisi mesin dan transmisi yang diberikan. Meskipun sudah banyak MPV lainnya yang menggunakan transmisi CVT untuk meningkatkan efisiensi dan pengendaraan menjadi lebih mulus.
Mesin |
|
1.0L |
1.2L |
Tipe |
1KR-VE 1.0L DOHC
VVT-i
|
3NR-VE, DOHC Dual VVT-i |
Jumlah Silinser |
3-silinder |
4-silinder |
Kapasitas Silinder |
998 cc |
1.197 cc |
Tenaga maksimal |
67 hp/6.000 rpm |
87 hp/6.000 rpm |
Torsi Maksimal |
89 Nm/4.400 rpm |
108 Nm/4.200 rpm |
Transmisi |
Manual 5-percepatan |
Manual 5-percepatan,
otomatis 4-percepatan
|
Performa Daihatsu Sigra
Untuk mobil perkotaan yang bertujuan melibas jalanan mendatar, performa mobil Daihatsu Sigra bisa dibilang cukup baik. Kenyamanannya terasa ketika berada dalam kondisi stop-and-go. Namun ketika dibawa ke jalanan luar kota yang menanjak, performanya terasa berkurang.
Dibanderol kompetitif dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama, Daihatsu Sigra mobil mengandalkan teknologi Electric Power Steering (EPS) untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan ketika berbelok di jalan raya atau memarkirkan mobil ini.
Rasa berkendara mobil Daihatsu Sigra masih cukup mengesankan. Revisi suspensi MacPherson Strut di depan dan Semi Independent Torsion Axle Beam membuatnya tak terlalu keras dan tak terlalu empuk, terasa nyaman meskipun berkendara di jalanan yang bergelombang.
Fitur keselamatan memang jauh tertinggal dibandingkan MPV yang dihargai lebih tinggi. Tapi mobil Daihatsu sudah menawarkan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) sebagai bantuan berkendara. Hanya saja baru ditemukan tipe Daihatsu Sigra bertransmisi otomatis, belum manual.
Posisi berkendara yang diberikan cukup ergonomis. Pengemudian cukup baik dengan penyesuaian tangan dan tubuh serta ruang kaki yang cukup lapang. Sayangnya setir mobil Daihatsu Sigra masih belum mendapatkan pengaturan tilt dan teleskopik sehingga belum bisa disetel.
Kemudahannya bisa terasa dari beberapa fitur baru yang ditanamkan. Salah satunya kamera parkir yang akan membantu Anda ketika parkir. Ada pula fitur retractable mirror pada mobil Daihatsu Sigra yang mempermudah Anda ketika melewati jalanan yang sempit.
Konsumsi bahan bakar Daihatsu Sigra
Konsumsi bahan bakar bisa dibilang menjadi salah satu keunggulan mobil Daihatsu Sigra dibandingkan pesaingnya di segmen Low MPV. Sebagai mobil LCGC, tentu saja sistem bahan bakar Sigra lebih efisien dibantu teknologi EFI yang ditanamkan Daihatsu.
Menggunakan mesin bensin tanpa timbal, konsumsi bahan bakar Daihatsu Sigra bermesin 1.2L berkisar antara 16-17 km/l ketika berkendara di jalanan perkotaan dengan segala kemacetannya. Namun ketika dibawa di jalan tol dengan kecepatan stabil, konsumsi BBM Sigra bisa mencapai 20 km/l.
Tapi bagi Anda yang menginginkan mesin yang lebih efisien, ada mesin 1.0L 3-silinder. Ketika berkendara dengan kecepatan konstan, mobil Siegra bisa memberikan konsumsi bahan bakal lebih dari 20 km/l. Tapi tentu saja dengan performa yang tak lebih bertenaga dibandingkan mesin 1.2L.
Meskipun berdatangan banyak saingan baru, tapi Daihatsu Sigra mobil ini menawarkan performa dan konsumsi bahan bakar yang cukup mumpuni. Belum lagi dengan durabilitas dan perawatan yang mudah membuatnya menjadi salah satu MPV keluarga yang terjangkau dan patut dipertimbangkan.
Selain itu, mobil Daihatsu juga menawarkan berbagai pilihan dari tipe yang diberikan, bahkan cukup banyak sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Daihatsu Sigra memiliki total 10 tipe tersedia dengan pilihan mesin 1.0L yang lebih efisien dan mesin 1.2L yang lebih bertenaga. Harga Daihatsu Sigra berkisar dari Rp 120 juta hingga Rp 162 jutaan. Mobil Daihatsu Sigra memiliki 4 tipe matic. Harga Daihatsu Sigra matic berkisar dari Rp 152 juta hingga Rp 162 jutaan.
Model |
Harga |
Daihatsu Sigra 1.0 D MT MC |
Rp119 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.0 M MT MC |
Rp129 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 X MT MC |
Rp139 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 X AT MC |
Rp152 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX MC |
Rp144 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX MC |
Rp157 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 R MT MC |
Rp145 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 R AT MC |
Rp158 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX MC |
Rp149 jutaan |
Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX MC |
Rp162 jutaan |