window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya

Bent Aulia · 15 Mei, 2020 16:00

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya 01

Dengan harganya yang terjangkau, Toyota Calya terbaru bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan mobil keluarga untuk tujuh orang penumpang. Keunggulan lainnya yaitu konsumsi bahan bakar yang irit sehingga tentunya akan menghemat pengeluaran Anda.

Tipe mobil Toyota Calya terbaru berjumlah 3 macam. Harga Toyota Calya terbaru 2020 mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini dijual mulai dari Rp147,3 jutaan. Meskipun dibanderol relatif murah dibandingkan mobil MPV lainnya, mobil Calya terbaru tetap menawarkan kenyamanan berkendara. Ruang kabin memberikan kapasitas ruang yang cukup bersama keluarga.

Kapasitas penumpang

Dipasarkan sebagai mobil keluarga, Toyota Calya terbaru mampu menampung hingga tujuh orang penumpang. Toyota memiliki dua mobil MPV berkapasitas tujuh penumpang. Calya dan Toyota Avanza. Tapi jangan sandingkan kapasitas ruang kabin Toyota Calya dengan Avanza yang lebih besar. Tipe mobil Toyota Avanza berjumlah 5 tipe. Harga Toyota Avanza berkisar dari Rp 200 juta hingga Rp 230 jutaan. Ini merupakan harga new Avanza di tahun 2020 dan tidak beda jauh dengan harga mobil Avanza 2019. Saudara Toyota Avanza, Toyota Veloz memiliki 4 tipe. Harga Toyota Veloz 2020 berkisar dari Rp 225 juta hingga Rp 249 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengingat dimensi mobil Calya Toyota hanya memiliki panjang 4 meter, sedangkan Avanza mendapatkan panjang hampir 4,2 meter. Sedangkan untuk lebar hanya berbeda 5 mm. Hal ini berimbas pada kursi baris ketiga mobil Calya terbaru yang tidak terlalu lapang bagi penumpang dewasa.

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya 01

Namun untuk mengakali dimensi Calya terbaru yang kompak, Toyota menggunakan sasis monokok sehingga lantainya bisa dibuat rendah dan rata sehingga tidak memakan ruang kabin. Kenyamanan pada baris ketiga bertambah dengan penggunaan bubble head lining pada kabin.

Penggunaan mesin penggerak roda depan memberikan ruang lebih pada kabin. Pasalnya mobil dengan penggerak roda belakang seringkali membuat kursi di baris ketiga lebih tinggi. 

Kursi baris kedua juga bisa dimaju-mundurkan untuk memberikan ruang kaki yang lebih baik bagi penghuni bangku belakang. Dan kepraktisan masuk ke dalam mobil meningkat Anda bisa melipat kursi baris kedua hanya dengan satu sentuhan saja.

Ruang bagasi

Keunggulan ruang kabin Toyota Calya terbaru terlihat dari kapasitas bagasinya. Dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya dengan dimensi yang lebih kecil dari mobil Calya Toyota, seperti hatchback layaknya Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, Calya memberikan ruang bagasi yang lebih lega. 

Datsun Go+ Panca sebelumnya masuk sebagai lawan Toyota Calya terbaru. Tetapi dari segi ruang bagasi, mobil Calya terbaru dengan mudah mengalahkan bagasi Go+ yang terasa cukup kecil. Bagasi Calya terbaru cukup lega dan mampu menampung hingga 3 buah galon atau tas berukuran besar.

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya 02

Toyota mengklaim mobil Calya terbaru memiliki kapasitas bagasi 263 liter ketika kursi baris ketiga masih digunakan. Bahkan jika dibandingkan dengan Honda Mobilio yang diklaim memberikan kapasitas bagasi yang lega hanya tercatat 230 liter saja. Mobil Honda Mobilio memiliki total 5 tipe. Harga Honda Mobilio baru berkisar dari Rp 206 juta hingga Rp 261 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Mobilio di tahun 2020.

Jika Anda masih membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa melipat kursi baris ketiga. Sayangnya pelipatan harus dilakukan sekaligus. Mengingat kursi baris ketiga mobil Calya terbaru tidak memiliki konfigurasi 60:40.

Kenyamanan dalam kabin

Toyota masih menghadirkan tampilan kabin yang sama sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 silam. Meskipun Toyota sudah memperkenalkan versi facelift yang debut September 2019 lalu, tampilannya tetap menawarkan kesan LCGC khas Calya terbaru.

Perubahan terlihat pada tampilan warna hitam yang dikombinasikan dengan warna coklat gelap pada dashboard. Warna coklat hitam juga terlihat pada seluruh bangku jok yang memberikan kesan elegan bagi Calya.

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya 03

Untuk kenyamanan kabin, Toyota Calya terbaru hanya dibekali dengan fitur Air Circulator, bukannya fitur AC dengan Double Blower yang sudah banyak digunakan pada mobil modern lainnya. Fitur ini ‘hanya’ bertugas menghisap dan menghembuskan udara dari depan ke belakang.

Ternyata, fitur ini memiliki kegunaan tersendiri. Bukan hanya untuk mengalirkan udara kepada penumpang di belakang, ternyata Toyota masih menggunakan fitur ini untuk menghemat dan meringankan kerja ruang mesin. 

Untuk menambah kenyamanan di dalam mobil, Calya menawarkan pengisian smartphone pada jok baris kedua. Dan untuk keselamatan, penumpang dilindungi oleh sabuk keselamatan tiga titik pada seluruh jok mobil serta dudukan ISOFIX untuk kursi bayi di baris kedua.

Mengupas Kenyamanan dan Kapasitas Ruang Kabin Toyota Calya 04

Saat ini, Toyota Calya terbaru dipasarkan dengan dua pilihan varian dan dua pilihan transmisi. Jika kembarannya mobil Daihatsu Sigra dipasarkan dengan dua pilihan mesin, Calya hanya mendapatkan satu pilihan mesin, yaitu mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc berteknologi Dual VVT-i.

Mengandalkan konsumsi bahan bakar yang irit, daya maksimal yang dikeluarkan mencapai 87 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. Disalurkan dalam dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dibandingkan model LCGC lainnya, mobil Calya terbaru bisa dibilang salah satu yang memberikan ruang kabin yang lebih lega. Tidak terlalu mahal dengan fitur yang menawan, Toyota Calya terbaru merupakan MPV terbaik dalam hal harga dan kenyamanan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil