Mengupas Lebih Jauh Sosok Varian Terendah Daihatsu Rocky, Apakah Layak Dipilih?

Dhoni · 23 Feb 2021 19:00

harga Daihatsu Rocky 1.0 L Rp200 jutaan (image)

Kehadiran Daihatsu Rocky 2021 memang masih dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Untuk versi Jepang, terdapat Daihatsu Rocky 1.0 L sebagai varian terendahnya, sedangkan unit yang akan dijual di Indonesia kemungkinan memakai mesin 1.2 liter dari LCGC. 

Memang, ada perbedaaan dari segi spesifikasi mesin untuk varian terbawah di Indonesia dengan versi Jepang. Namun demikian, kelengkapan fitur yang tersedia kami rasa akan mirip. Jadi, kalian bisa mempunyai gambaran seperti apa nantinya Daihatsu Rocky tipe terbawah ini nantinya.

Tampilan Daihatsu Rocky 2021

Oleh karena itu sebagai ilustrasi, kami menggunakan Daihatsu Rocky 2021 1.0 L yang hadir di Jepang dengan banderol dari 1,075 juta Yen atau mencapai Rp231,1 juta.

Daihatsu Rocky 1.0 L bukan berarti menunjukan kapasitas dari mesin yang akan digunakan. Namun huruf ‘L’ menjadi penanda pada varian terendah dari Daihatsu Rocky. Sedangkan dua tipe lainnya pada Daihatsu Rocky adalah Premium dan ‘X’.

Daihatsu Rocky 1.0 L 2021

Lantas, seperti apa sih kelengkapan Daihatsu Rocky 1.0 L sebagai tipe terendah?

Eksterior Daihatsu Rocky 1.0 L 2021 yang Bersahaja

Walau sebagai varian paling rendah, Daihatsu Rocky 1.0 L dipastikan tetap menggunakan platform DNGA atau Daihatsu New Global Architecture. Sehingga secara tampilan pun tidak jauh berbeda dibanding dua saudaranya.

Daihatsu Rocky 1.0 L menggunakan velg kaleng

Namun hal yang paling terlihat berbeda di bagian roda yang digunakan Daihatsu Rocky 1.0 L. Bila tipe lainnya telah menggunakan velg berbahan alloy, sebagai tipe rendah hanya dibekali velg ‘kaleng’ atau besi dan diberikan penutup atau dop.

Interior Daihatsu Rocky 1.0 L 2021, Fiturnya Tidak Istimewa

 

Interior Daihatsu Rocky 1.0 L 2021

Memasuki kabin Daihatsu Rocky 1.0 L 2021, rasanya sangat jauh berbeda dengan versi diatasnya. Seperti berada di dalam mobil low end dengan beberapa bagian yang finishingnya tidak istimewa. Kabinnya cuma memperilhatkan panel-panel plastik tanpa adanya garnish dan fiturnya juga pas-pasan.

Jelas berbeda bila kita melihat perbandingannya dengan varian di atas Daihatsu Rocky 1.0 L 2021. Sebagai varian teratas, kabin berwarna hitam dengan aksen krom dan orange memberikan tampilan yang segar.

Di Bagian pelapis jok, tipe tertinggi dihiasi  dengan motif oranye yang membuatnya lebih fashionable. Jelas beda sekali dibandingkan Daihatsu Rocky 1.0 L 2021 yang polosan tanpa adanya aksen jahitan berwarna kontras untuk mempercantik.

Interior Daihatsu Rocky varian premium

Pada bagian dashboard sisi pengemudi Daihatsu Rocky 1.0 L 2021 hanya tersedia tombol start saja. Sementara untuk setirnya polosan cuma ada tombol klakson di tengah, tidak ada tombol-tombol pengaturan head unit. 

Sedangkan tipe lainnya telah tersedia cluster pengaturan untuk menerima panggilan maupun mengakhiri telepon dan pengaturan entertainment. Begitu pula dengan knop model putar untuk pengaturan AC, pada Daihatsu Rocky 1.0 L 2021 masih model knob putar manual, sedangkan tipe tertinggi sudah pakai pengaturan digital.

Kemudi Daihatsu Rocky 1.0 L tanpa cluster control

Minim Fitur, Daihatsu Rocky Varian Terendah Layak Dibeli?

Bila ingin upgrade secara tampilan, Daihatsu Rocky varian terbawah masih dapat dilakukan penggantian pada bagian velgnya. Namun yang akan sulit ialah untuk menyamai fitur pada varian tertinggi. Daihatsu Rocky 1.0 L dikabarkan hadir tanpa fitur ADAS (Advance Drivinng Assist System) sebagai teknologi yang mendukung keamanan hingga kenyamanan saat berkendara.

Daihatsu Rocky 1.0 varian Premium

Kami rasa, bukan pilihan yang tepat membeli Daihatsu Rocky 1.0 L 2021. Akan lebih baik memilih varian yaang lebih tinggi karena fitur dan kelengkapannya lebih baik.

Bila memilih tipe terbawah, jelas unsur kenyamanan dan penampilannya kurang proporsional dengan harga yang ditawarkan nantinya. Kecuali, kalian memang ingin beli Rocky untuk bahan modifikasi.


Sumber image: abekatu.co.jp

 

 

Komentar