Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan

Bent Aulia · 6 Jun, 2020 11:00

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 01

Datsun memiliki beberapa tipe yang dipasarkan di Indonesia; Datsun Go, Datsun Go+, hingga Datsun Go Cross. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kendaraan perkotaan dengan harga terjangkau, Datsun Go patut Anda pertimbangkan.

Datsun Go merupakan hatchback yang bersaing di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang ditawarkan dengan harga mulai dari Rp112 jutaan. Dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan pesaingnya, berikut ulasan tentang performa dan rasa berkendara Datsun Go.

Mesin

Mesin yang digunakan masih sama selama beberapa tahun Datsun di Indonesia. Mengandalkan mesin 1.2L 3-silinder segaris DOHC, mobil ini memiliki dua pilihan transmisi; 5-percepatan manual dan transmisi CVT otomatis.

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 02

Transmisi manual hanya mampu memberikan tenaga maksimal 67 daya kuda pada putaran 5.000 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan transmisi CVT bertenaga lebih besar, yaitu 77 daya kuda pada 6.000 rpm. Meskipun torsi masih sama, 104 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Ubahan terbaru yang ditanamkan pada Datsun Go adalah transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) baru dengan Advance Automatic Transmission. Sistem CVT yang baru ditambahkan tahun 2018 lalu berdampak pada rasa berkendara yang lebih mulus dan nyaman.

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 03

Datsun menyebutkan bahwa sistem transmisi CVT akan memberikan perpindahan transmisi yang lebih responsif tanpa terbatas gir sehingga memberikan akselerasi yang lebih stabil. Pasalnya transmisi otomatif tanpa CVT dibatasi oleh fixed gear. 

Performa

Dari segi mesin, mobil ini juga tidak terlalu bertenaga dibandingkan model hatchback lainnya. Mengingat tenaga maksimal hanya 77 daya kuda dan torsi maksimal yang tak terlalu besar, Datsun Go mengalami kesulitan ketika harus membawa banyak penumpang dan barang bawaan.

Apalagi ketika dibandingkan dengan mesin bertransmisi manual yang hanya mengeluarkan tenaga ‘hanya’ 67 daya kuda. Bahkan Daihatsu Ayla yang memiliki mesin berkapasitas 1.2L yang sama mampu mengeluarkan tenaga hingga 87 daya kuda. 

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 04

Rasa berkendara paling baik yang diberikan oleh hatchback kebangaan Datsun ini adalah ketika dibawa ke jalanan dalam kota. Tenaga yang dihasilkan cukup baik untuk meliuk-liuk di jalan kota yang dipenuhi dengan kemacetan. 

Dimensinya yang kompak membuatnya nyaman dipakai berkendara di jalanan perkotaan yang dinamis. Belum lagi efisiensi bahan bakar mesin 3-silinder yang terbilang sangat baik sehinga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Rasa berkendara

Untuk memudahkan Anda berkendara, Datsun menyematkan fitur Electric Power Steering. Penggunaan fitur ini membuat parkir dan menikung menjadi lebih nyaman tanpa perlu bersusah payah memutar roda kemudi. 

Satu hal yang menarik dari kemudahan berkendara yang diberikan oleh Datsun Go adalah long range head lamps. Lampu depan Datsun Go memiliki reflektor heksagonal yang besar, sehingga bisa memberikan visibilitas yang lebih luas dan jauh untuk membantu Anda berkendara pada malam hari.

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 05

Tapi masalah yang sering dialami oleh pemilik Datsun Go adalah mesin 3-silinder dengan getaran yang lebih besar dibandingkan mesin 4-silinder. Hal ini juga dialami oleh mobil bermesin 3-silinder lainnya, seperti Toyota Agya atau Daihatsu Ayla

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan transmisi CVT berdampak besar pada rasa berkendara Datsun Go yang lebih mulus. Selain itu, komponen CVT yang lebih sedikit membuat perawatan Datsun CVT lebih ringan dan menjadi lebih murah.

Fitur berkendara

Namun yang membedakan mobil ini dengan MPV lainnya yang lebih mahal yang sistem bantuan berkendara yang masih sangat minim. Jangan harapkan Datsun Go mendapatkan fitur berkendara modern yang canggih, semisal kontrol traksi atau Hill Start Assist.

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 06

Meskipun begitu, Datsun tetap memberikan beberapa fitur terbaru untuk mobil ini. yaitu sistem pengereman ABS dan Vehicle Dynamic Control khusus mobil produksi 2019. Ada pula electric mirror dengan spion yang dilengkapi lampu sinyal belok serta power window yang ditanamkan pada semua pintu.

Datsun tak ketinggalan menyematkan kluster instrument digital dengan informasi seputar data berkendara. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar secara real-time hingga jarak yang bisa ditempuh sebelum bahan bakar habis.

Mengupas Performa dan Rasa Berkendara Datsun Go, Hatchback Murah Rp100 Jutaan 07

Datsun Go memang memiliki keterbatasan dalam hal fitur dan performa. Tetapi jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, mobil ini masih menjadi pilihan terbaik sebagai mobil perkotaan: dimensi yang kompak, kabin yang lapang, serta mesin yang irit.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Datsun GO D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru