window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas?

Adji · 24 Apr, 2021 12:00

Halo pembaca Autofun.

Salam dari Penulis.

Tahun 2021 mungkin saja tahun baik bagi segmen mobil hatchback. Pola dan gaya hidup masa pandemik sejak 2020 silam setidaknya mempengaruhi konsumen dalam memilih jenis kendaraan. Hatchback bisa saja menjadi alternatif pilihan dalam gaya hidup social distancing.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ide Ilustrasi

Lahirnya Toyota GR Yaris yang merupakan mobil sport kecil berperforma tinggi, menjadikan inspirasi saya untuk membuat convert facelift Toyota Yaris versi standar menjadi bertampang ala Toyota GR Yaris. Dengan mengubah bumper set depan, penambahan side skirt serta penggantian jenis velg ke ring 18 dengan warna Black Glossy serta cover rem cakram berwarna merah ala Toyota GR Yaris.

Di sini saya akan mengajak pembaca untuk mengikuti proses pembuatan sketsa dari mulai kerangka awal sampai dengan hasil jadi sebuah tampilan gambar yang cukup presentative dan menarik.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 01

Gambar Toyota GR Yaris 2021 

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 02

Gambar Toyota Yaris standar yang dijual di Indonesia

Teknik Menggambar kendaraan berwarna putih dengan media utama pensil warna

Saya akan membuat ilustrasi modifikasi ringan dengan menggambar manual sebuah Toyota Yaris berwarna putih glossy dngan teknik pensil warna dipadukan dengan sedikit  teknik marker untuk membantu membuat efek bayangan glossy pada badan kendaraan dan mempertegas garis kontur. Teknik tersebut yang akan saya pakai sebagai teknik utama gambar yang akan saya terapkan disini.

Mempersiapkan Coretan Awal

Dimulai dengan membuat corat-coret siluet mobil dengan tipis dan tekanan pensil mengambang sampai proporsi bentuk dasar dan sudut pandangnya kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. Kemudian mempertegas secara bertahan garis-garis tersebut.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 03

Tahap lanjutan dengan memberikan efek warna secara bertahap dimulai dari pewarnaan tipis menuju kearah kontras. Kita mulai dari mewarnai obyek multi refleksi yaitu Lampu depan, foglamp dan facia depan.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 04

Memberikan efek gambar

Membuat seolah kendaraan sedang melaju dengan trik membuat velg dengan efek berputar.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 05

Selanjutnya memberi gradasi warna pada badan kendaraan, dalam baluran warna putih dengan teknik mencapur warna pensil dan sedikit bantuan marker yang kita blend (campurkan dengan teknik blender menggunakan pensil dan marker blender)  secara perlahan akan tampak efek 3D serta kontur badan kendaraan tersebut  dan memunculkan bentuk nyata kendaraan.

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 06

Menjadikan Toyota Yaris Layaknya Sang Monster GR Yaris, Apakah Bisa Tampil Sebagus di Atas Kertas? 07

Selanjutnya mewarnai bagian lain kendaraan, misal kaca, grill, material glass, mate glossy maupun efek pantulan pada material chrome. Dalam mewarnai badan kedaraan sangat penting menentukan tone dan penekanan gelap terang. Tak lupa t efek bayangan pada bagian bawah .

Nah selanjutnya silakan menikmati rentetan proses gambar sketsa. Gambar sketsa kali ini hanya ilustrasi dari ide personal, mungkin setidaknya dapat menjadi referensi modifikasi ringan atau hanya sekedar hiburan menikmati gambar.

Silakan memberikan komentar ataupun masukan ataupun ide pada kami di kolom yang telah disediakan.

Follow Instagram@sketcarsm untuk melihat sketsa-sketsa otomotif yang lain.

Semoga hari Anda menyenangkan. Salam.

 

 

Adji

Dia car enthusias dan otomotif sketcher dari Surabaya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Yaris G CVT 3 AB 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil